Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

5 Tips Membagi Waktu Antara Bisnis dan Bekerja Kantoran

by Lakuuu Team 21 October 2021

tips-membagi-waktu
Banyak orang termasuk pegawai kantoran yang kini mulai memanfaatkan waktu luang untuk mencari penghasilan tambahan, baik melalui media online, offline, atau kombinasi di antara keduanya.

Di masa pandemi, kita memang tidak hanya bisa mengandalkan satu sumber penghasilan saja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi Sobat Lakuuu yang sudah memiliki tanggungan.

Bagi Sobat Lakuuu yang bekerja kantoran dan juga mengurus bisnis, berikut tips yang bisa diterapkan untuk membagi waktu dengan efisien.

1. Manfaatkan Hari Libur Kantor


Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan hari libur kantor. Agar memudahkan pekerjaan, cobalah untuk menggunakan task list atau to-do-list yang berisikan apa-apa saja yang perlu dikerjakan.

Biasanya, pegawai kantoran akan libur di hari weekend, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Namun, tak jarang juga ada beberapa industri yang menerapkan kerja shift, sehingga jadwal libur pegawai tidak menentu, dan itu tidaklah masalah.

Intinya, bagaimana Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan hari libur kerja dengan baik, untuk mengurus bisnis sampingan, mulai dari menjawab chat dan email pembeli, menjalankan promosi, upload produk, dan lainnya. 

2. Gunakan Jam Istirahat Kantor


Umumnya, jam istirahat kantor berdurasi selama satu jam. Manfaatkan 20-30 menit pertama untuk makan siang dan menjalin komunikasi dengan rekan kerja se-divisi atau lain divisi.

Pada menit pertama di atas, cobalah untuk melakukan promosi kepada rekan-rekan kerja, sehingga dapat menambah lebih banyak jaringan penjualan.

Lalu, manfaatkan 30 menit terakhir untuk melakukan controlling, seperti membalas chat atau email pembeli yang tidak memerlukan waktu lama dalam membalasnya, atau sekedar memeriksa ketersediaan stok.

3. Coba Buat Monthly Content Calendar


Agar lebih menghemat waktu dalam meng-upload konten di media sosial, Sobat Lakuuu bisa menggunakan monthly content calendar, yang dibuat satu hari sebelum memasuki bulan baru.

Kalender ini sangat efektif digunakan, khususnya bagi Sobat Lakuuu yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan, membuat, atau melakukan riset konten.

Dengan merencanakan konten apa saja yang akan diunggah sebelumnya, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan proyek kantor, atau sekedar beristirahat.

4. Membayar Seseorang


Bisnis Sobat Lakuuu mulai berkembang pesat dan pesanan pun silih berganti berdatangan.

Sobat Lakuuu mulai kewalahan bekerja seorang diri, khususnya dalam mengurus konten, packaging, hingga pengiriman. Dan hal di atas menyebabkan performa kerja di kantor mengalami penurunan.

Nah, jika Sobat Lakuuu menghadapi situasi di atas, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mempekerjakan seseorang.

Selain turut dalam menambah lapangan pekerjaan, Sobat Lakuuu jadi bisa fokus menjalankan campaign bisnis, serta menyelesaikan rutinitas pekerjaan kantor.

5. Proses Sistem Bisnis Online Otomatis


Kini, sudah banyak tools yang bisa digunakan untuk mengotomatisasi setiap pekerjaan, khususnya di bidang jual bisnis online.

Ada Facebook Suite yang bisa meng-upload gambar ke media sosial secara otomatis yang bisa diatur sesuai dengan keinginan, marketplace yang siap menghitung ongkos kirim dengan akurat, hingga pengiriman yang siap di pick up oleh pihak kurir.

Semua hal di atas dapat menghemat waktu Sobat Lakuuu dan membuat pekerjaan menjadi jauh lebih mudah serta efisien.

Memanfaatkan waktu dengan baik adalah kunci menjalankan bisnis sampingan, saat memiliki pekerjaan utama yang juga memerlukan perhatian.

Konsisten menjalaninya dan istirahat yang cukup adalah dua hal yang perlu dilakukan, agar pekerjaan kantor dan bisnis sampingan dapat berjalan dengan baik.