Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik

by Lakuuu Team - 25 July 2021

membuat-copywriting-terlihat-menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk iklan produk atau jasa, tokoh, ide, atau pendapat. Untuk menjadi seorang copywriter tentunya tidak mudah. 

Copywriter juga perlu memiliki keahlian khusus dalam menulis. Selain itu keahlian memilih kata, merangkai tata bahasa, dan mengeditnya.

Inilah Beberapa Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik


Membuat copywriting yang lebih menarik tentunya penting. Untuk dapat menarik perhatian audience. Berikut ini beberapa cara yang perlu Sobat Lakuuu  lakukan.

Mengerti Karakteristik Audience

Sobat Lakuuu  juga perlu memahami karakteristik setiap audience. Memilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan. Tentunya perlu menyesuaikan dengan siapa pesan tersebut ditujukan. Memahami audiens dengan baik, maka akan memudahkan Sobat Lakuuu. Untuk menyusun copywriting yang menarik dan dapat dipahami oleh audience secara efektif.

Sobat Lakuuu dapat mencoba melakukan analisis dengan memperhatikan beberapa hal. Seperti halnya usia, pekerjaan, status ekonomi, dan demografis audience. Hal itu agar penggunaan copywriting yang Sobat Lakuuu  gunakan sesuai dengan karakteristik audiens. Apabila audiens lebih menyukai bahasa yang formal.

Sobat Lakuuu  dapat menggunakan bahasa yang lebih formal dan sebaliknya. Apabila bahasa dan copywriting yang Sobat Lakuuu  buat sesuai. Maka iklan tersebut mudah tersampaikan kepada audience.

Gunakan Kata-Kata yang Lebih Personal

Membuat copywriting terlihat menarik, perlu menuliskan kalimat atau kata-kata. Namun yang ditujukkan untuk audience secara luas atau umum. Pesan tersebut sebaiknya menjadi pesan yang personal. Hal itu agar dapat memberikan dampak yang lebih efektif.

Menggunakan kata-kata personal nantinya menciptakan komunikasi langsung. Tanpa menghadirkan adanya kesan orang ke-3. Menciptakan jarak seminimal mungkin melalui copywriting. Sehingga Sobat Lakuuu  dapat menjangkau audience secara lebih mudah.

Sertakan Fakta

Banyak iklan dan konten yang dikonsumsi audience setiap harinya. Tidak terhitung jumlah kontennya yang sudah dibuat. Perlunya memastikan bahwa yang Sobat Lakuuu  buat dapat menarik perhatian audience.

Sobat Lakuuu  perlu menyertakan fakta dan data dalam copywriting. Sebagian orang menyadari apabila iklan yang diterima hanyalah tipuan. Namun apabila Sobat Lakuuu  menyampaikan sesuatu yang jelas sesuai fakta dan data. Nantinya akan lebih mudah memperoleh perhatian dan kepercayaan audience.

Kalimat Efektif

Penting memilih informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan copywriting terlihat menarik. Audience umumnya tidak memiliki banyak waktu saat melihat tulisan Sobat Lakuuu . Maka pastikan untuk menggunakan kalimat yang efektif dan menarik.

Sebaiknya tidak terlalu bertele-tele dan panjang. Hal ini dapat membuat audience kehilangan minat membacanya. Gunakan kata-kata yang relevan dengan inti pesan yang mudah tersampaikan ke audience. Perlunya mengetahui gaya bahasa yang dapat diterima dan cocok dengan audience.

Memaksimalkan SEO

Saat sedang membuat copywriting, terutama untuk platform digital. Penting untuk memasukkan keyword yang paling banyak dicari di mesin pencarinya. Cara ini agar sasaran Sobat Lakuuu   dapat menerima pesan. Pesan yang disampaikan secara efektif sesuai dengan keyword.

Membuat kalimat yang menarik, dapat memulainya dari judul. Pastikan judul yang Sobat Lakuuu  pilih dapat merefleksikan yang paling banyak dicari oleh audience. Untuk memperluas perspektif, sebaiknya melakukan riset. Riset terhadap media dan platform yang digunakan oleh kompetitor.

Saat membuat copywriting pastikan dapat menyampaikan informasi dan pesan secara jelas. Jangan sampai audience malah menjadi bingung saat membaca copywriting yang Sobat Lakuuu  buat.

Kini Sobat Lakuuu dapat mengetahui cara membuat copywriting terlihat menarik. Sehingga pesan dan informasi dapat diterima oleh audience dengan baik.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
tips-produktif-selama-wfh
Tips & Trik
Tips Agar Tetap Produktif Selama WFH
WFH atau disebut juga dengan Work From Home merupakan salah satu aktivitas yang belakangan ini paling banyak ...