Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Mau Promosiin Bisnis Kamu Lewat Tik Tok? Simak 5 Tips Berikut!

by Lakuuu Team 6 August 2021

promosi-bisnis-lewat-tik-tok
Tik Tok merupakan salah satu aplikasi video singkat yang memiliki nama Musical.ly sebelumnya. Platform sharing video singkat satu ini sering digunakan untuk mengunggah konten kreatif dan menghibur. Seperti menari, akting, mengikuti challenge, bernyanyi, tutorial make up, lipsync lagu, bahkan promosi bisnis.

Pengguna Tik Tok bahkan bisa menghabiskan waktu selama berjam-jam setiap harinya. Entah untuk membuat konten maupun sekedar memutar video saja. Karena tingginya minat dan persebaran konten yang sangat cepat inilah akhirnya menjadi daya tarik untuk dunia marketing online.

Bahkan banyak juga selebritis yang memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan produk mereka. Hal ini menjadi bukti bahwasannya Tik Tok memang cukup berpengaruh terhadap perkembangan bisnis seseorang. Dalam hal ini ketika orang tersebut menggunakan Tik Tok untuk promosi sebuah usaha.

Tips Promosi Bisnis Melalui Media Platform Tik Tok

Strategi marketing melalui aplikasi Tik Tok memang terbilang masih baru, namun memiliki potensi yang cukup besar. Bagaimana tidak, penggunanya sendiri kini menyentuh angka 500 juta orang yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menariknya lagi, Indonesia menjadi negara dengan pengunduh aplikasi Tik Tok terbanyak.

Dengan kata lain, menjajal peruntungan melalui promosi bisnis di Tik Tok merupakan pilihan yang menarik. Namun, promosi di platform sharing video dengan sosial media lain tentunya memiliki perbedaan. Jika pada sosial media bisa dengan mengunggah foto saja, lain halnya ketika menawarkan produk melalui aplikasi Tik Tok.

Sobat Lakuuu harus memiliki konten yang menarik dengan berisi tutorial maupun sebuah penjelasan mengenai produk tersebut. Jadi promosi ini membutuhkan beberapa strategi agar bisa menyita perhatian para konsumen. Berikut tips cara promosi di Tik Tok untuk meningkatkan penjualan.

Menggunakan Hashtag

Cara pertama untuk promosi bisnis online di Tik Tok adalah dengan menambahkan hashtag pada konten video. Pada menu Discover, konten akan muncul sesuai dengan urutan hashtag yang tengah trending. Dengan adanya hashtag akan membantu penyebaran konten sehingga memiliki jangkauan yang luas di pasaran.

Nah, jika konten sudah bisa tersebar maka bisa meningkatkan penambahan followers pada akun Tik Tok. Selain itu, hashtag juga bisa menentukan serta melihat seperti apa kompetitor Sobat Lakuuu. Akan tetapi, hindari penggunaan hashtag yang terlalu populer dan umum karena bisa menjadikan konten terkubur.

Mengikuti Trend di Tik Tok

Sama seperti tren lainnya, tren hashtag pun sangat mudah berubah, untuk itu pantau selalu trend apa yang tengah viral. Jadikan konten yang tengah viral itu menjadi sebuah karya yang lebih kreatif lagi. Buatlah ciri khas sendiri dalam melakukan promosi bisnis online, hindari membuat konten dengan menjiplak. Buatlah konten dengan versi baru yang unik agar bisa menarik perhatian calon pelanggan.

Mengajak Influencer

Cara ini bukan sesuatu yang berlebihan, karena dengan menggandeng influencer memang bisa memikat calon pelanggan. Jalin hubungan yang baik dengan influencer yang memiliki audience sesuai dengan target market. Hal ini bisa menjadi cara promosi bisnis yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

Ajaklah influencer untuk berbagi dan menceritakan mengenai sebuah produk yang Sobat Lakuuu tawarkan. Namun akan lebih baik lagi jika influencer tersebut merupakan orang yang telah lama menggunakan produk tersebut. Dengan begitu reviewnya akan lebih original.

Karena tanpa di sadari, review yang jujur dan apa adanya mampu memikat perhatian banyak orang. Hal ini bila dibandingkan dengan review yang terkesan dibuat-buat untuk memberikan kesan yang baik.

Manfaatkan Efek dalam Aplikasi

Banyaknya pengguna Tik Tok, menjadikan Sobat Lakuuu harus menampilkan konten yang lebih kreatif. Nah, agar tidak ketinggalan dengan pengguna lain, manfaatkan fitur efek yang sudah tersedia dalam aplikasi. Terdapat berbagai macam efek di dalam Tik Tok dengan berbagai macam kategori. Seperti new, beauty, world, trending, interactive, editing, funny, animal dan masih banyak lagi.

Dari berbagai macam efek tersebut ada yang menjadi trending sehingga banyak diikuti oleh pengguna lain. Sobat Lakuuu bisa menggunakan efek yang tengah trending sebagai strategi promosi bisnis agar lebih sering muncul di beranda pengguna lain. Dengan begitu konten menjadi tersebar luas dan bisa meningkatkan penjualan sebuah produk.

Memasang Iklan

Salah satu cara promosi bisnis agar lebih maksimal yaitu dengan memanfaatkan Tik Tok Ads. Ya, saat ini Tik Tok juga menyediakan layanan iklan berbayar, sama halnya dengan beberapa platform sosial media lain. Langkah ini bisa menjadikan bisnis lebih mudah berkembang dan memiliki jangkauan yang luas.

Berikut beberapa jenis produk iklan yang Tik Tok tawarkan :

1) In-Feed Video. Iklan ini akan muncul ketika pengguna melakukan scroll feed

2) Branded Effect. Merupakan iklan dengan stiker maupun filter 2D/3D/AR menggunakan brand pelaku bisnis

3) Brand Takeover. Biasanya iklan ini muncul ketika pengguna baru saja membuka aplikasi. Tampilan iklan ini memenuhi layar ponsel.

4) Hashtag Challenge. Sebuah iklan yang muncul pada halaman Discovery. Harapannya agar pengguna Tik Tok turut berpartisipasi dalam challenge untuk promosi bisnis tersebut.