Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Hal atau Kegiatan yang Dapat Dilakukan untuk Mengasah Kreatifitas

by Lakuuu Team 5 August 2021

kegiatan-mengasah-kreatifitas
Pernahkah Sobat Lakuuu beranggapan bahwa Anda belum cukup kreatif dan sering bertemu dengan situasi yang terasa sulit dalam menemukan ide segar? Tentu hal seperti ini sangat wajar, apalagi bila memang tingkat kreativitas setiap orang berbeda-beda. Cara mengasah kreatifitas memang sangat berbagai macam dan bisa melakukannya sejak kecil.

Banyak orang tua yang memberi pelatihan kepada anaknya sejak dini demi mengasah daya kreatif di proses tumbuh kembangnya. Sementara sebagian orang dewasa cenderung memilih kegiatan yang memang mendukung dalam meningkatkan kreativitas di tengah kesibukan.

Cara Mengasah Kreatifitas Agar Mudah Mencari Ide Hebat

Merasa diri kurang kreatif menjadi sesuatu rasa yang terkadang memberi efek negatif terhadap diri sendiri lho, maka dari itu paling mendasar Sobat Lakuuu bisa mengubah pemikiran lebih dulu, Berpikirlah bahwa Anda adalah orang yang kreatif dan membutuhkan rutinitas untuk lebih mengasah daya kreatif tersebut.

Terdapat banyak cara dalam mengasah kreativitas, di antaranya sebagai berikut.

Rutin Membaca Buku

Kegiatan pertama adalah dengan rutin membaca buku. Genre buku sendiri sangat beraneka ragam. Baik buku non-fiksi, atau fiksi sama-sama akan melatih kreatifitas. Jika Sobat Lakuuu lebih gemar membaca fiksi, bisa memilih berbagai macam novel dengan tema dan konflik sesuai selera. Setiap cerita tentu akan memberi nilai-nilai yang terkadang tidak Anda sadari.

Begitu juga dengan buku non-fiksi yang berisikan data-data valid, sesuai dengan fakta yang ada. Buku akan memberi banyak ilmu yang merangsang otak untuk berpikir lebih kreatif.

Ikuti Informasi Terkini

Memiliki rasa malas untuk menonton atau mengikuti berita terkini? Bila Sobat Lakuuu ingin melatih daya kreatif, coba jauhi rasa malas dalam mengikuti informasi terkini. Setiap berita akan memberi informasi yang juga mampu berkembang menjadi pengetahuan tambahan.

Anda pun jadi lebih mudah cari ide dan mengembangkannya. Nantinya bisa Sobat Laku manfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang bisnis dan usaha.

Menonton Berbagai Genre Film

Lebih menyukai dunia audio dan visual? Rutin menonton berbagai genre film. Daya kreatifitas bisa jadi lebih terasah dengan menyaksikan berbagai konflik yang disajikan dalam film tersebut. Ditambah tidak sedikit film dengan tema dan konflik yang mengangkat isu-isu menarik.

Dalam memproduksi film sendiri dibutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi agar ide cerita yang ingin dieksekusi bisa tereksekusi dengan optimal, sesuai dengan harapan, dan mampu menghibur para penontonnya.

Cari Hobi yang Kreatif

Untuk mengasah kreatifitas lainnya dengan coba cari hobi yang kreatif dan bisa membuat Sobat Lakuuu merasa tertantang. Misalnya yang berhubungan dengan barang-barang handmade, merancang sesuatu, meracik bahan makanan. Hobi-hobi tersebut nantinya bisa menjadi bidang untuk Anda mencari penghasilan juga lho. 

Jauhkan Rasa Malas

Dalam menjalani berbagai cara dalam mengasah daya kreatif dan kemampuan untuk melakukan berbagai kegiatan secara kreatif, satu halangan yang sering menjadi masalah besar, tapi diabaikan ialah memanjakan rasa malas. Sobat Lakuuu pun bisa melatih diri untuk jauhi diri dari rasa malas dengan mengubah mindset, maupun menerapkan rutinitas yang memang mendukung untuk hilangkan kebiasaan malas tersebut.

Gabung ke Komunitas

Supaya lebih terpacu dalam penerapan cara mengasah kreatifitas bisa dengan bergabung bersama komunitas-komunitas yang berhubungan pada kegiatan-kegiatan favorit Anda. Misalnya, Sobat Lakuuu tertarik dan menyukai dunia literasi, coba bergabung dengan komunitas penulis. Tidak hanya kreatif, Anda bisa menemukan lebih banyak ide menarik dan baru dari aktivitas bersama komunitas tersebut.