Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

8+ Tips Meningkatkan Engagement TikTok Agar Menguntungkan

by Lakuuu 20 December 2021

tips-meningkatkan-engagement-tik-tok
Bagi Sobat Lakuuu yang sedang mencari tips meningkatkan engagement TikTok, kami memiliki banyak sekali untuk Sobat Lakuuu. Tips ini sangat berguna bagi Sobat Lakuuu yang ingin terkenal di platform media sosial tersebut.

Memang tidak dapat dipungkiri saat ini TikTok menjadi media sosial dengan popularitas sangat tinggi di berbagai negara. Ciri khas dari media sosial ini adalah bisa mengasah kreativitas penggunanya.

Hal ini dikarenakan penggunanya dapat mengkreasikan berbagai video kreatif menggunakan toolsnya. Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini ternyata juga dapat menghasilkan banyak uang.

Oleh sebab itu, banyak pengguna TikTok yang ingin engagementnya naik agar dapat menghasilkan banyak uang. Untuk mengetahui cara meningkatkannya, simak penjelasannya berikut ini.

8+ Tips Meningkatkan Engagement TikTok

Mungkin sebagai Sobat Lakuuu belum mengetahui apa yang dimaksud dengan engagement, pastinya bukan tunangan seperti arti terjemahannya. Social Media Engagement (SME) merupakan value dari akun sosial media.

Semakin tinggi nilai engagement media sosial, maka pengikut akan semakin memiliki kepercayaan tinggi. Dengan demikian, semakin mudah juga brand atau pihak lain mengajak Sobat Lakuuu bekerja sama.

Salah satu parameter TikTok Sobat Lakuuu memiliki engagement yang tinggi dalam aktifnya interaksi akun dengan follower. Artinya adalah saat pemilik akun memposting sesuatu, akan banyak pengguna lain yang menanggapi.

Selain itu, jumlah follower Sobat Lakuuu juga cukup banyak. Cara meningkatkan engagement di TikTok memang tidak mudah. Tapi, ada beberapa tips yang bisa dicoba seperti berikut:

1. Mengenali Sasaran Audiens

Tips meningkatkan engagement TikTok yang pertama adalah mengenali sasaran audiens sasarannya dulu. Langkah ini sangat penting untuk mengetahui konten seperti apa yang nantinya akan dibuat.

Dengan demikian, Sobat Lakuuu dapat menentukan jenis bahasa yang digunakan, isi kontennya, gaya mengedit video, dan lain sebagainya. Sehingga, konten tersebut sesuai dengan selera audiens.

Ketika konten TikTok yang Sobat Lakuuu buat sesuai dengan audiens, maka pengguna lain akan lebih tertarik. Bahkan banyak yang akan membagikan dan merekomendasikannya.

2. Membuat Konten yang Interaktif

Konten interaktif merupakan konten yang bisa memicu komunikasi dua arah antara audiens dan Sobat Lakuuu. Misalnya dengan membuat konten yang membuat banyak pertanyaan atau penasaran audiens.

Dengan banyaknya interaksi yang terjadi pada konten tersebut, maka konten akan semakin populer. Bahkan, akan sering muncul di FYP pengguna TikTok lainnya.

Audiens yang menyukai konten Sobat Lakuuu tidak jarang mulai memfollow dan melihat konten lainnya. Oleh sebab itu, tips meningkatkan engagement TikTok satu ini sangat efektif.

3. Membuat Konten Kreatif dan Berkualitas

Tidak hanya membuat konten yang interaktif saja, tapi Sobat Lakuuu juga harus membuat konten kreatif dan berkualitas. Pastikan konten tersebut seru untuk dilihat dan usahakan beda dari konten kreator lain.

Selain itu, pastikan isi kontennya berkualitas dan berbobot. Jangan sampai berisi ujaran kebencian atau merendahkan orang lain. Jika belum bisa membuat konten edukatif, setidaknya yang menghibur tanpa unsur negatif.

Sehingga, audiens yang melihat konten Sobat Lakuuu juga akan memberikan tanggapan positif. Baik kepada konten, maupun kepada Sobat Lakuuu sebagai kreator konten TikTok tersebut.

4. Membuat Konten Secara Rutin

Agar engagement meningkat, usahakan Sobat Lakuuu membuat konten secara rutin. Tidak perlu setiap hari, paling tidak ada jadwal khusus setiap minggunya. Hal ini agar audiens tetap menganggap Sobat Lakuuu aktif.

Sebab jika akun tidak terlihat aktif, kemungkinan follower adan interaksi menurun akan tinggi. Sehingga engagement TikTok Sobat Lakuuu juga ikut menurun.

5. Memberi Feedback Kepada Audiens

Tips meningkatkan engagement TikTok berikutnya adalah dengan memberi feedback kepada audiens. Tidak hanya audiens saja yang harus aktif memberikan feedback kepada Sobat Lakuuu.

Tapi, Sobat Lakuuu juga harus memberikan feedback kepada audien. Misalnya adalah dengan membalas atau menyukai komentarnya . Dengan begitu, audien akan merasa Sobat Lakuuu bersahabat.

Dampaknya cukup positif, yaitu banyak audiens yang menjadi semakin semangat berkomentar pada konten Sobat Lakuuu. Secara otomatis, engagement juga semakin naik.

6. Menggunakan Tagar Trend

Penggunaan tagar efektif membuat konten Sobat Lakuuu dapat mencangkup audiens lebih banyak lagi. Maka, tidak heran konten yang ada di fyp TikTok memiliki banyak sekali tagar di akhir caption postingannya.

Gunakan tagar yang saat ini sedang populer dan pastinya relevan dengan konten. Semakin populer tagar yang digunakan, maka kemungkinan muncul di fyp semakin tinggi.

7. Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Tips meningkatkan engagement TikTok berikutnya adalah Sobat Lakuuu harus banyak berkolaborasi dengan kreator lain. Sehingga, pengikut kreator tersebut bisa mengenal Sobat Lakuuu.

Semakin banyak berkolaborasi, maka semakin banyak juga yang akan mengenal Sobat Lakuuu. Sehingga, akan semakin populer.

8. Melakukan Live

Melakukan live juga dapat meningkatkan engagement TikTok. Sebab, pada live tersebut Sobat Lakuuu dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens. Sehingga audiens dapat mengenal Sobat Lakuuu lebih dekat.

9. Memberikan Giveaway Kepada Pengikut

Tips ini bisa dibilang cukup instan untuk meningkatkan engagement. Sebab, audiens akan tertarik saat ada iming-iming hadiah yang akan diberikan. Audiens juga akan membagikannya kepada pengguna lain.

Menjadi kreator TikTok hingga memperoleh keuntungan memang tidak mudah. Tapi, Sobat Lakuuu dapat mencoba tips meningkatkan engagement TikTok di atas.