Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

8 Tips Meningkatkan Peringkat Websitemu di Search Engine

by Lakuuu Team 6 August 2021

tips-meningkatkan-peringkat-websitemu
Mendapatkan peringkat website teratas dalam hasil pencarian search engine merupakan tujuan dan keinginan bagi semua pemilik website. Apabila semakin tinggi peringkatnya, maka akan semakin banyak pula traffic website yang bisa diperoleh.

Misalnya bagi pemilik website toko online, arti dari trafik tinggi adalah banyaknya pengunjung yang dapat dikonversi untuk menjadi konsumen. Sedangkan untuk para blogger, trafik tinggi artinya mereka dapat mendaftar menjadi endorser atau Google AdSense.

Tujuannya itu tidak bisa tercapai jika hanya dengan menulis konten banyak tanpa optimasi. Karena halaman website Sobat Lakuuu tidak dapat naik ke peringkat teratas dengan sendiri. Oleh karena itu diperlukan teknik SEO yang lebih efektif agar website bisa naik peringkat.

Begini Cara Menaikkan Peringkat Website Agar Bisa Menjadi Peringkat Teratas

Apa yang Sobat Lakuuu pikirkan saat mendengar istilah SEO? Keyword kemungkinan besar merupakan kata pertama yang dipikirkan saat membicarakan SEO.

Bahkan kebanyakan pemilik bisnis juga selalu berfokus pada keyword saja untuk melakukan strategi SEO mereka. Apabila Sobat Lakuuu melakukan hal yang serupa, maka harus mencari faktor signifikan yang lain.

Algoritma dari hasil pencarian memang tidak hanya bisa dipengaruhi oleh keyword saja. Sebab, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pada peringkat sebuah website.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan peringkat dalam sebuah website? Cukup mudah dilakukan, nah Sobat Lakuuu bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

Tingkatkan Desain Web dengan User Experience

Cara untuk meningkatkan peringkat website adalah dengan menggunakan User Experience atau sering dikenal dengan istilah UX. Ini merupakan pengalaman yang bisa Sobat Lakuuu rasakan saat tiba di sebuah website.

Intinya adalah dengan membuat para pengunjung lain senyaman mungkin ketika sedang berada di dalam website Sobat Lakuuu. Karena hal ini dapat dicapai dengan cara menghasilkan desain yang penuh warna dan menarik.

Menulis Konten

Membuat sebuah konten yang berkualitas tinggi untuk semua pengunjung merupakan hal yang wajib bangi semua pemilik website. Akan tetapi Sobat Lakuuu juga jangan sampai abai dengan elemen SEO di dalam konten tersebut.

Maka dari itu, untuk bisa meningkatkan peringkat website Sobat Lakuuu, maka tulislah sebuah konten yang teroptimasi terutama untuk SEO. Karena SEO sendiri uga meliputi proses dari optimasi elemen supaya sesuai dengan kata kunci yang para pengguna sedang mencari.

Dapatkan Backlink

Blacklink merupakan sebuah tautan yang berasal dari website yang lain untuk menuju ke website Sobat Lakuuu. Ini merupakan faktor sangat penting karena bisa mempengaruhi peringkat di search engine.

Cara mendapatkannya adalah dengan membuat sebuah konten yang akan mengupas masalah secara lebih informatif dan mendalam. Dengan seiring berjalannya waktu, maka Sobat Lakuuu bisa memperoleh backlink yang berkualitas.

Tingkatkan Kecepatan dalam Memuat Website

Untuk bisa mendapatkan peringkat website teratas, maka Sobat Lakuuu jangan lupa untuk meningkatkan kecepatan untuk memuat website. Sebab, memuat website tidak bisa diragukan lagi karena mampu menentukan peringkat sebuah website.

Selain itu dengannya juga dapat meningkatkan kenyamanan para pengunjung yang akan menggunakannya. Untuk mengecek kecepatan loading-nya, maka Sobat Lakuuu dapat menggunakan tools gratis dari Google.

Perbaiki Broken Link

Mempunyai link yang berkualitas adalah hal yang baik, tetapi hanya terjadi apabila link masih berfungsi dan tidak error. Karena link yang telah rusak, biasanya dikarenakan oleh laman sudah tidak ada lagi.

Sehingga untuk bisa menepis insiden tersebut, Sobat Lakuuu dapat menggunakan tools seperti BrokenLinkCheck. Tujuannya adalah guna memeriksa ada atau tidak broken link di dalam konten website Sobat Lakuuu.

Optimasi Gambar

Untuk bisa meningkatkan peringkat website Sobat Lakuuu, maka jangan lupa untuk optimasi gambar. Dengan menggunakan ilustrasi gambar, maka ribuan jumlah kata dapat menjadi lebih singkat dan mudah untuk di mengerti.

Selain itu juga sangat berfungsi ketika proses loading website. Sebab, gambar yang berkualitas tinggi juga membutuhkan waktu load yang lebih lama lagi.

Menggunakan H1 dan H2 di Bagian Tag Header

Headline atau header (judul) tidak hanya bisa membuat konten Sobat Lakuuu mudah terbaca dan dipahami. Selain itu juga memiliki peranan penting terhadap mesin search engine.

Bahkan juga bisa dijadikan untuk kunci dari apa yang Sobat Lakuuu bahas di konten. Dengan header pula merupakan cara terbaik guna menunjukkan struktur dari sebuah kontan yang Sobat Lakuuu sajikan.

Optimasi Website

Dengan Google maka akan menerapkan indeks Mobile-First dan hal yang harus Sobat Lakuuu kerjakan adalah dengan melakukan Mobile-Friendly Test. Sobat Lakuuu hanya perlu menaruh perhatian yang besar pada website mobile friendly dan menghindari turunnya ranking.

Cara meningkatkan peringkat website seperti langkah-langkah diatas bisa langsung Sobat Lakuuu coba mulai dari sekarang, Tujuannya supaya website Sobat Lakuuu bisa menjadi peringkat yang pertama.