Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

5 Tips Belanja Baju Online, Biar Nggak Menyesal

by Lakuuu - 29 March 2022

5-tips-belanja-baju-online-biar-nggak-menyesal

Jangan asal beli, wajib tahu dulu beberapa tips belanja baju online agar tidak menyesal nantinya. Memang dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang, orang-orang lebih menyukai belanja di online shop dibandingkan harus datang ke toko fisik.

Apalagi sekarang sudah ada beberapa e-commerce populer yang memberikan kemudahan konsumen untuk berburu berbagai kategori produk, termasuk pakaian. Mulai dari gamis, kemeja, daster, pakaian anak, dan lain sebagainya bisa didapatkan dengan mudah melalui online shop.

Belanja online memang memiliki keunggulan dalam hal menghemat waktu dan tenaga. Pilihan produknya bahkan lebih lengkap dengan berbagai ukuran serta pilihan warna dan model.

Namun sayangnya, masih banyak konsumen yang dibuat kecewa karena baju yang dibeli tidak sesuai ekspektasi alias zonk. Seperti ukurannya tidak pas, warna cenderung berbeda dengan display picture, bahan berkualitas buruk dan lain sebagainya.

Maka dari itu, wajib ketahui terlebih dahulu beberapa tips belanja baju online agar tidak kecewa. Yuk, simak!

Tips Belanja Baju Online dengan Cerdas


Sobat Lakuuu, jangan asal beli pakaian lewat marketplace. Berikut beberapa tips dan trik online shopping agar tidak kecewa saat barang datang:

  1. Pastikan Ukuran Baju

Dikarenakan tidak bisa mencoba pakaian secara langsung, maka pastikan sudah mengecek ukuran baju pada deskripsi. Ukuran tersebut meliputi lingkar dada dan panjang baju agar sesuai dengan tubuh. Penjual yang profesional akan menampilkan ukuran pakaian secara detail agar memudahkan pembeli dalam memilih produk.

2. Cek Review Pembeli

Jangan langsung terpikat dengan harga murah dan display foto baju yang terlihat cantik. Sobat Lakuuu wajib cek dulu bagaimana review dari pembeli lain. Komentar dari pembeli lain bisa jadi pertimbangan untuk menilai produk dari online shop tersebut.

3. Ketahui Bahan Baju
 
Dari gambarnya mungkin terlihat menarik dan menggoda untuk dibeli, tapi jangan lupa untuk memastikan bahan pakaian tersebut. Ketahui jenis-jenis bahan baju yang adem, lentur, tipis atau tebal dan lain sebagainya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

4. Perhatikan Ketentuan Pembelian
Setiap online shop pasti mempunyai ketentuan terkait pembelian. Misalnya apakah barang yang tidak sesuai dapat dikembalikan atau tidak. Namun kebanyakan online shop saat ini memang tidak mau atau enggan memberikan garansi pengembalian karena sudah menjelaskan secara detail terkait produk pada bagian deskripsi.

5. Jangan Terlalu Berharap Lebih
Bagaimanapun juga, membeli produk secara online berbeda dengan seperti mengecek langsung layaknya di toko fisik. Sobat Lakuuu harus siap menerima kenyataan apabila memang produknya kurang sesuai ekspektasi, terlebih jika harganya murah meriah.
 
Perbedaan paling sering dialami pembeli seperti warna tidak sesuai dengan foto, ukuran agak kekecilan atau kebesaran, bahan tidak sesuai deskripsi dan lain sebagainya.

Memilih Toko Baju Online Terpercaya



Tips belanja baju online paling penting adalah memilih toko terpercaya dan memiliki banyak pelanggan. Begitu juga apabila belanja di salah satu e-commerce, maka pilihlah toko yang punya kredibilitas rating tinggi.

Sebaiknya hindari menjadi pembeli yang pertama jika tidak mau kecewa. Meskipun tidak semua toko bermasalah, tapi hal ini untuk meminimalisir resiko menjadi pembeli pertama yang belum ada review dari pembeli lain.

Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah saja, tapi pastikan bagaimana kualitasnya. Seringkali yang menjadi masalah adalah foto display baju tidak sesuai aslinya. Jadi jika ragu, cobalah meminta foto asli pakaian.

Selain itu, lebih disarankan untuk membeli melalui toko online official dari brand atau merek pakaian tersebut. Biasanya setiap merk punya toko online official yang tentunya kualitas bahannya tidak perlu diragukan lagi, terutama jika sudah pernah memiliki sebelumnya.

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Beli Baju Online


Selain beberapa tips belanja baju online seperti sudah kami sebutkan diatas, sebagai pembeli cerdas Sobat Lakuuu wajib menghindari kesalahan-kesalahan saat shopping pakaian via e-commerce. Apa saja kesalahan tersebut? Berikut diantaranya:

  1. Tidak mencoba mengukur badan sendiri. Jangan hanya mengira-ngira saja, usahakan untuk mengukur menggunakan meteran badan untuk mengetahui secara persis berapa ukuran pakaian yang pas.
  2. Cari harga paling murah. Memang sebagai konsumen pasti menginginkan produk yang dihargai murah meriah. Namun pada kebanyakan toko di marketplace yang memasang harga murah biasanya produknya juga tidak istimewa jadi sebaiknya hati-hati.
  3. Tidak membandingkan dengan toko lain. Dengan berbelanja online tentunya ada banyak pilihan toko yang bisa dipilih. Jadi jangan hanya fokus pada satu tokoh saja, bandingkan dengan lainnya terkait harga dan kualitas.
  4. Tidak mencantumkan alamat dengan jelas. Hal ini juga menjadi kesalahan paling umum dilakukan oleh para pembeli baju online. Pastikan untuk menulis alamat secara jelas dan detail agar tidak terjadi kendala pada proses pengiriman.

Jadi bagi para Sobat Lakuuu, yuk lebih cerdas dalam berbelanja online agar tidak kecewa dan menyesal. Pertimbangkan beberapa tips belanja baju online seperti sudah kami jelaskan di atas agar produk yang dibeli sesuai ekspektasi.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...