Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Pentingkah Analytics di Website Anda?

by Lakuuu Team 12 September 2021

analytics-di-website
Salah satu fitur yang akan membantu Sobat Lakuuu dalam mengembangkan website yang dimiliki adalah Google analytics. Fungsinya adalah untuk menghitung, menganalisis, dan juga mengukur tingkat traffic statistik atau keluar-masuknya para pelanggan ke dalam website yang dimiliki.

Tak hanya sekadar mengetahui lalu lintas atau traffic dari suatu website, fitur analytics juga bermanfaat untuk melakukan analisa peluang usaha. Jika sudah diketahui tingkat traffic, keyword yang sering dicari, asal traffic, dan karakteristik pengunjung website secara spesifik, nantinya Sobat Lakuuu bisa lebih mengoptimalkan teknik untuk menggaet pengunjung yang sejenis. 

Selain beberapa kegunaan di atas, masih banyak lagi manfaat dari web analytics yang bisa Sobat Lakuuu rasakan. Jika Sobat Lakuuu penasaran, silakan untuk menyimak beberapa ulasan dari beragam manfaat dari alat analytics dalam suatu website. 

Manfaat Google Analytics untuk Website

Salah satu yang banyak digunakan sebagai alat analytics, adalah yang disediakan oleh Google, biasanya dikenal dengan Google analytics. Saat menggunakannya, ada beberapa manfaat yang bisa Sobat Lakuuu dapatkan. Berikut ini uraiannya.

  • Untuk menganalisis pengguna dan juga pengunjung website
Fungsi pertama yang bisa Sobat Lakuuu dapatkan saat menggunakan fitur analytics dalam website adalah untuk menganalisis kunjungan dari pengguna website. Dengan analytics, Sobat Lakuuu bisa mengetahui seberapa lama pengunjung menghabiskan waktu dalam website Sobat Lakuuu. 

Bisa juga mengetahui letak geografis dari para pengunjung, juga merupakan manfaat lain dari fitur analytics. Selain itu, Sobat Lakuuu juga bisa tahu keyword apa yang biasa digunakan dan langsung ter-bait untuk masuk ke dalam website, dan seberapa besar intensitas mereka keluar-masuk atau melakukan kunjungan ulang terhadap websitemu. 

  • Optimalitas website
Fungsi kedua dari analytics untuk website Sobat Lakuuu adalah bisa menjadikannya sebagai alat analisa peluang usaha. Setelah Sobat Lakuuu mengetahui apa saja keyword, asal, minat, dan informasi pelanggan atau pengunjung website secara spesifik, Sobat Lakuuu bisa lebih mengerucutkan strategi yang dilakukan. 

Misalnya, dengan mengoptimalkan keyword yang banyak dicari, menyasar pengunjung dengan minat tertentu, dan memberikan konten yang sangat menarik dan bermanfaat untuk pengunjung. Dengan itu, Sobat Lakuuu bisa mengoptimalkan website menjadi lebih baik lagi. 

Jika website Sobat Lakuuu digunakan untuk berjualan produk maupun layanan jasa, maka selanjutnya hanya tinggal memperbanyak dan mengoptimalkan sasaran pasar agar mereka lebih tertarik membeli produk dari website Sobat Lakuuu. 

  • Memberikan bahan dasar pemasaran yang efektif
Salah satu cara agar penjualan maupun traffic dari suatu website bisa tinggi dan juga efektif adalah dengan mendasarkan strategi pada data yang sebelumnya telah diperoleh. 

Saat Sobat Lakuuu sudah merasakan kedua manfaat di atas, maka yang Sobat Lakuuu dapatkan adalah data riil tentang pelanggan dan pengguna yang mengunjungi website Sobat Lakuuu. Di sana, Sobat Lakuuu akan mendapatkan data spesifik seperti umur, minat, kegemaran, ketertarikan, letak geografis, asal, dan apa saja yang memancing mereka datang ke website. 

Untuk memaksimalkan pemasaran, maka strategi yang digunakan adalah mendasarkan strategi marketing terhadap beberapa data tersebut. Apalagi jika Sobat Lakuuu menambahkan kuesioner sekaligus kolom untuk saran maupun keluhan, strategi pemasaran Sobat Lakuuu akan semakin efektif. 

Sobat Lakuuu bisa menggunakan data tersebut untuk mengetahui permintaan pasar, kebutuhan banyak orang, dan apa saja yang mereka inginkan. Langkah selanjutnya, Sobat Lakuuu hanya tinggal mengembangkan produk, membuat produk, dan juga memberikan pelayanan sesuai data permintaan, kebutuhan, dan juga keinginan konsumen tersebut. 

Dengan demikian, Sobat Lakuuu bisa memperoleh lebih banyak pelanggan dengan ketertarikan dan minat yang sejenis. Lama-kelamaan, produk atau layanan yang Sobat Lakuuu berikan bisa semakin terkenal di khalayak. Apalagi jika sampai banyak yang mereview dan merekomendasikan pengunjung lain untuk datang ke website Sobat Lakuuu. 

Dari sana, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan sangat banyak keuntungan, padahal hanya bermodalkan website analytics. Dengannya, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan analisa peluang usaha untuk memaksimalkan penjualan dari produk dan layanan. Bisa juga jika Sobat Lakuuu hanya membutuhkan traffic. 

Seluruh kebutuhan Sobat Lakuuu akan website, akan bisa dipenuhi jika maksimal dalam membaca, mengolah, dan juga memahami website analytics.