Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

12 hal yang bisa kamu lakukan melalui Dashboard Admin Lakuuu

by Patricia 14 August 2021

dashboard-admin-lakuuu
Jika kalian membuat website toko online di Lakuuu Indonesia, pasti hal pertama yang dilakukan adalah mengulik Dashboard Admin untuk menjawab bagaimana cara kerjanya, apa saja yang bisa dilakukan, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Yuk intip hal-hal apa saja yang bisa dilakukan melalui Dashboard Admin!

1. Menambahkan produk dalam jumlah banyak sekaligus
Sobat Lakuuu memiliki banyak produk untuk dijual, tapi lelah menambahkan produk satu persatu? Tenang, Lakuuu memberikan solusi bagi Sobat Lakuuu yang ingin melakukan bulk upload dengan file CSV. Sobat Lakuuu dapat melakukannya melalui Dashboard Admin>Tools>Importer. Jika bingung dengan format filenya, Sobat Lakuuu bisa mengunduh file CSV terlebih dahulu dengan memilih tombol Download CSV di kanan atas. Jika file sudah siap, klik Choose File untuk mengunggah file, lalu klik Run.
2. Membuat akses login untuk job description tertentu
Sobat Lakuuu punya admin yang khusus mengelola orderan saja? Atau tim desain yang hanya perlu akses untuk mengatur tampilan website? Nah, Sobat Lakuuu tidak perlu memberikan email dan password utama, Sobat Lakuuu bisa menambahkan user dan mengatur permissions yang didapatkan oleh user tersebut. Cara menambahkan user adalah melalui Dashboard Admin>Users. Pilih menu Users untuk menambahkan akun, atau pilih menu Roles untuk menambahkan peran.
3. Menambahkan foto dalam jumlah banyak sekaligus
Sobat Lakuuu bisa mengupload foto dari menu Media. Sobat Lakuuu bisa drag and drop file langsung ke browser atau klik kolom di atas untuk memilih file yang ingin diunggah.
4. Melihat seluruh laporan
Sobat Lakuuu tidak hanya bisa melihat laporan penjualan, tapi semua laporan yang berhubungan dengan toko online juga loh! Mau tau laporan penggunaan kupon hingga berapa kali produk Sobat Lakuuu dilihat pengunjung? Bisa banget! Tinggal ke menu Reports, lalu pilih deh jenis laporan apa yang ingin dilihat.
5. Mengubah bahasa pada tampilan website
Tampilan website Sobat Lakuuu secara default menggunakan Bahasa Inggris. Untuk mengubah bahasa pada website bisa dilakukan melalui menu Localization>Translations, lalu klik tulisan di kolom sebelah kanan untuk mengubah. 
6. Menambahkan tombol WhatsApp
Sobat Lakuuu bisa mengaktifkan floating button WhatsApp pada website loh! Sobat Lakuuu bisa mengaktifkannya melalui menu Settings>General Settings>Whatsapp, lalu centang Turn the visibility whatsapp button, masukkan nomor telepon yang terhubung dengan WhatsApp. Sobat Lakuuu juga bisa menambahkan pesan awal yang pelanggan sampaikan melalui WhatsApp. Pilih tampilan Whatsapp Button, lalu klik Save.
7. Mengaktifkan newsletter
Sobat Lakuuu bisa mengaktifkan fitur newsletter untuk mengumumkan promo-promo menarik melalui email loh! Sobat Lakuuu hanya perlu memiliki akun Mailchimp dan mengaktifkan Newsletter melalui menu Settings>General Settings>Newsletter, lalu centang bagian Allow customers to subscribe to your newsletter, dan masukan API Key dan List ID akun Mailchimp Sobat Lakuuu.
8. Menambahkan favicon
Favicon atau Tab Icon bisa diatur melalui menu Appearance>Storefront>General Settings>Logo. Tambahkan gambar pada kolom favicon, disarankan gambar berukuran 1:1 atau berbentuk lingkaran supaya terlihat aesthetic!
9. Menambahkan tautan media sosial
Pada bagian footer, Sobat Lakuuu bisa menambahkan button media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube toko online Sobat Lakuuu. Cara menambahkan button melalui Appearance>Storefront>General Settings>Social Links. Masukan URL lengkap media sosial toko online Sobat Lakuuu pada kolom, lalu klik Save.
10. Mengelola review
Sobat Lakuuu bisa mengatur review yang muncul di website. Hal ini dapat membantu Sobat Lakuuu dalam menghapus review-review yang tidak relevan atau tidak diinginkan. Pengaturan ini dapat dilakukan melalui menu Products>Reviews.
11. Menambahkan varian produk
Sobat Lakuuu menjual produk dengan berbagai macam varian dan SKU yang berbeda? Jangan khawatir, Lakuuu sudah menyediakan fitur varian yang memungkinkan Sobat Lakuuu untuk membuat 1 jenis produk dengan varian yang berbeda-beda. Menambahkan varian dapat dilakukan melalui menu Products>Catalog, pilih produk yang ingin ditambahkan varian atau buat produk baru dengan klik tombol Create Product. Lalu pada bagian Basic Information>Price & Stock, pilih Stock Type: Multiple SKU. Pilih Variant Control Type, klik Add New Variant. Sobat Lakuuu bisa menambahkan harga produk apabila varian tertentu memiliki harga yang berbeda, kuantitas, dan gambar per varian.
12. Menambahkan atribut produk
Produk yang Sobat Lakuuu jual memiliki berbagai atribut, seperti tekstur, bahan, ukuran sampai brand? Buat atribut produk untuk memudahkan pelanggan menyaring produk-produk yang mereka inginkan! Sobat Lakuuu bisa menambahkannya melalui menu Products, lalu pilih menu Attribute Sets untuk menambahkan kelompok atribut, atau klik menu Attributes untuk menambahkan item dari kelompok atribut. Sobat Lakuuu bisa menambahkan kategori dan harga atribut juga loh! Jangan lupa untuk mencentang Use this attribute for filtering products, lalu klik Save.
Nah itu dia beberapa hal yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk meningkatkan performa website toko online melalui Dashboard Admin. Ini belum semuanya loh! Masih banyak banget hal-hal menarik lainnya yang bisa Sobat Lakuuu atur. Kita akan bahas di artikel berikutnya ya, stay tune dan selamat mengeksplor Dashboard Admin Lakuuu!