Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Pengertian dan Manfaat QRIS Untuk Bisnis Online

by Lakuuu Team 11 August 2021

manfaat-qris-untuk-bisnis-online
Membahas salah satu pembayaran dalam bentuk digital ini kini semakin beragam. Manfaat QRIS dengan perkembangan ini akan dirasakan oleh para pengusaha online.

Lalu apa sih yang sebenarnya QRIS lakukan? Salah satu teknologi ini akan membantu Sobat Lakuuu untuk memberlakukan pembayaran yang lebih simple.

Dengan berjualan menggunakan beberapa toko online yang menggunakan beberapa QR Code berbeda-beda. Maka dengan ini pemerintah secara bijak memberikan solusi yang meringkasnya.

Dengan menggunakan jenis pembayaran digital yang bisa dijangkau semua usaha. Mulai dari usaha rintisan, UMKM, toko menengah hingga ke atas.

Pengertian dan Manfaat QRIS

Dari perkembangan teknologi Sobat Lakuuu jadi sedikit banyak paham bahwa digitalisasi semakin maju dan memudahkan semua lapisan. Sobat Lakuuu bisa menggunakannya untuk membuat efektif dan meringkas pekerjaan.

Pengertian

Pengertian QRIS berarti Sobat Lakuuu akan membahas apa kepanjangannya. Jadi QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard.

Maka jika Sobat Lakuuu artikan ke dalam bahasa Indonesia, merupakan standar kode QR yang ada secara nasional. Untuk melakukan pembayaran digital melalui sebuah aplikasi uang elektronik.

Bisa melalui server based, dompet online, atau juga m banking. Beberapa pengertian secara sederhana ini bisa Sobat Lakuuu sendiri dengan membayar saat belanja online.

Manfaat

Dari yang sudah Sobat Lakuuu ketahui mengenai pengertiannya. Maka Sobat Lakuuu juga akan paham beberapa manfaat ketika menggunakannya, nah berikut ini bahasan manfaatnya.

Membayar menggunakan QRIS akan membuat transaksi lebih aman. Apalagi ketika ingin melakukan pembayaran nominal yang tidak sedikit.

Menggunakan uang cash atau tunai terkadang cukup berisiko. Oleh karena itu menggunakan QRIS lebih praktis dan aman karena tidak terlihat secara fisiknya.

Risiko terkena uang hilang atau kembalian yang tidak pas akan menurun. Pasalnya ketika menggunakan dompet digital Sobat Lakuuu akan membayar secara pas dan tentu risiko untuk kekurangan akan menurun.

Perputaran uang tunai akan lebih berkurang. Apalagi ketika uang tunai berpotensi menyebarkan kuman atau bahkan penyakit, maka membayar secara online jadi solusi menarik.

Manfaat QRIS  juga membuat Sobat Lakuuu mengikuti perkembangan jaman. Penjualan jarak jauh tidak akan terhambat oleh proses pembayaran.

Keunggulan Menggunakan QRIS

Setelah mengetahui sedikit banyak dari beberapa manfaat QRIS. Sobat Lakuuu juga jadi paham bagaimana menggunakan transaksi yang lebih aman ini. maka bahasan kali ini akan berputar sekitar keunggulannya menggunakan QRIS.

Memudahkan Transaksi

Keunggulan pertama yang Sobat Lakuuu dapatkan dari menggunakan QRIS adalah lebih mudah. Ketika menggunakan QR saat melakukan sebuah pembelian dimanapun pasti akan lebih mudah dengan memindai satu kode saja.

Jika menggunakan beberapa kode pasti juga memerlukan beberapa alat berjejer. Maka dengan adanya standar ini akan lebih mudah jika diringkas menjadi satu.

Selain itu, Sobat Lakuuu bisa membuat transaksi lebih cepat pasalnya tidak memerlukan waktu untuk mengambil kembalian uang. Sobat Lakuuu akan lebih cepat dan tidak membuat antrian semakin panjang.

Mencegah Perputaran Penyakit

Manfaat QRIS yang dibahas tadi juga berkaitan dengan keunggulannya. Salah satunya mencegah perputaran penyakit.  Ketika menyentuh uang tunai secara otomatis akan terdapat kontak satu orang dengan yang lainnya.

Sedangkan Sobat Lakuuu tidak pernah tahu apa yang orang lain derita. Maka dari itu, Sobat Lakuuu akan lebih baik jika perputaran penyakit dari uang tunai dikurangi.

Mencegah Uang Palsu

Selain dari perputaran penyakit, uang palsu akan lebih berkembang jika menggunakan pembayaran tunai. Maka dari itu untuk mencegah risiko tersebut akan lebih baik jika Sobat Lakuuu menggunakan pembayaran secara digital.

Perkembangan teknologi juga semakin canggih dan membuat uang palsu terlihat asli. Jika Sobat Lakuuu tidak teliti maka akan membuat Sobat Lakuuu tertipu.

source: bi.go.id
Mendaftar Merchant dan Praktis

Manfaat QRIS sendiri juga Sobat Lakuuu rasakan mudah untuk mendaftarnya. Sobat Lakuuu bisa melakukan registrasi secara mudah dimanapun dan kapanpun.

Selain itu, Sobat Lakuuu bisa mendaftarkan toko dan jenis usaha apapun. Sobat Lakuuu langsung bisa melakukan pembayaran secara praktis dan efektif.

Terdapat Riwayat

Jika menggunakan transaksi semacam ini Sobat Lakuuu mengatur lebih mudah. Bahkan terdapat fitur yang bisa dipantau dan terlacak secara sistematis.

Maka dari itu akan lebih baik jika Sobat Lakuuu mencobanya. Jadi coba terapkan pada bisnis rintisan maupun bisnis apapun.

Biaya Transaksi

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dan manfaatnya. Sebaiknya juga tahu bagaimana batasan untuk pembayaran kala melakukan transaksi.

Sobat Lakuuu akan memiliki maksimal transaksi sebesar dua juta rupiah. Namun batas kumulatif harian atau bulanan untuk transaksi pengguna.

Untuk biaya sebesar 0,7% biaya transaksi atau merchant discount rare biasa disebut MDR. Nah nanti mitra yang akan menanggung biayanya.

Biaya switching melalui Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN sebesar 1%. Oleh karena itu Sobat Lakuuu akan memiliki banyak keuntungan menggunakan dan mendaftarkan usaha dengan transaksi yang satu ini.

Manfaat QRIS bisa menjadi pertimbangan untuk transaksi bisnis masa kini. Lebih praktis, efisien dan modern bukan? Jadi, selamat mencoba!