Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Ini Dia Manfaat dan Perbedaan Teknik Cross Selling & Up Selling!

by Lakuuu Team - 9 August 2021

manfaat-cross-selling-up-selling
Cross selling dan up selling merupakan teknik yang sering digunakan dalam kegiatan marketing maupun penjualan. Sobat Lakuuu pasti tahu, saat ini bisnis online yang berkembang dengan pesat, strategi seperti ini banyak digunakan oleh berbagai restoran cepat saji.

Seiring berjalannya waktu, strategi seperti ini semakin digandrungi. Termasuk bisnis online, juga banyak yang menggunakan strategi seperti ini. Mengapa ada banyak yang menggunakan strategi ini? Jawabannya singkat, karena bisa meningkatkan omset penjualan dengan sangat mudah.

Nah, agar Sobat Lakuuu bisa memahami dengan baik tentang kedua teknik tersebut, kami akan memberikan pengetahuan mengenai manfaat dan perbedaan antara kedua teknik tersebut.

Berikut Perbedaan Antara Cross Selling dan Up Selling

Misal Sobat Lakuuu berbelanja di supermarket atau restoran cepat saji, pastinya sering melihat berbagai paket menarik yang mereka tawarkan. Nah, hal seperti itulah strategi yang nantinya kita akan bahas. Strategi ini sebenarnya memiliki tujuan untuk membangkitkan minat seseorang untuk membeli barang tersebut.

Jadi, jika tadinya hanya ingin membeli barang yang diperlukan saja, namun karena ada berbagai warna yang menarik, Sobat Lakuuu jadi juga membelinya. Itulah strategi penjualan yang bisa membuat ketertarikan terhadap sebuah barang.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kami akan memberikan perbedaan dan manfaat dari cross selling dan up selling. Dengan begitu, Sobat Lakuuu bisa memahaminya dan mempraktikkan wirausaha yang sedang dikerjakan.

Pengertian Cross Selling

Merupakan sebuah seni menjual sebuah produk dan jasa tertentu. Kemudian menawarkan berbagai produk yang berbeda. Penawaran tersebut bisa dikemas menggunakan sebuah paket siap jual atau menawarkan secara langsung dari tim penjualnya.

Pengertian Up Selling

Pada teknik ini, penjual menawarkan sebuah produk yang sama dengan harga berbeda. Meski sama, produk tersebut memiliki  beberapa perbedaan, seperti memiliki ukuran yang lebih besar, manfaat atau keunggulan lebih baik.

Perbedaan Cross Selling dan Up Selling

Nah, agar Sobat Lakuuu lebih mengerti tentang perbedaan kedua strategi tersebut, kami akan memberikan perbedaannya.

Harga Produk

Perbedaan pertamanya terletak pada harga produk yang mereka tawarkan. Setiap produk yang berasal dari strategi cross selling variatif, sehingga bisa lebih rendah atau malah lebih tinggi dari produk biasanya.

Sedangkan untuk teknik up biasanya memastikan pelanggan untuk memiliki produk yang harganya lebih mahal.

Produk

Strategi cross tidak membatasi semua jenis produk yang akan mereka promosikan. Sedangkan strategi up, berusaha menuntut penjual untuk menawarkan produk sejenis dengan produk yang pelanggan cari.

Besaran Profit

Perbedaan lainnya bisa terlihat dari berapa besar keuntungan yang pelanggan peroleh. Teknik cross memungkinkan pelanggan mendapatkan berbagai keuntungan dalam dua produk. Sementara itu, teknik up hanya memungkinkan pelanggan mendapatkan keuntungan dari satu produk saja.

Promosi Produk

Perbedaan yang terakhir bisa diketahui melalui teknik yang digunakan untuk mempromosikan produk. Teknik cross melakukan promosi dengan cara pendekatan yang membutuhkan identifikasi mengenai kebutuhan konsumen. Sehingga akan memberikan manfaat bagi yang membelinya.

Sedangkan untuk teknik up, tidak harus berfokus pada kebutuhan konsumen, namun lebih mendekatkan pada nilai unggul suatu barang yang mereka tawarkan.

Jadi, sekarang Sobat Lakuuu sudah mengerti tentang apa saja perbedaan dari kedua teknik penjualan tersebut. Teknik tersebut bisa Sobat Lakuuu terapkan dengan mudah. Gunakan agar usaha yang Sobat Lakuuu jalankan bisa semakin berkembang.

Manfaat Teknik Cross Selling dan Up Selling

Setelah mengetahuinya, kali ini kami juga akan memberitahu Sobat Lakuuu mengenai manfaat yang diberikan kedua teknik tersebut. Berikut manfaatnya:

Menawarkan Produk Baru

Inti dari kedua teknik ini adalah menawarkan produk baru. Menawarkan pada calon pembeli tenang produk baru yang merek miliki. Biasanya memberikan penawaran tersebut melalui info singkat, sehingga pembeli juga akan lebih tertarik dengan produk tersebut.

Mengenalkan Berbagai Variasi Produk

Dengan menggunakan teknik tersebut, memberikan berbagai edukasi kepada para pembeli. Mereka akan memberikan pemahaman mengenai berbagai variasi produk yang akan ditawarkan. Dengan mengetahui berbagai variasi produk, para pembelinya akan tertarik untuk mencoba sesuatu yang baru dari produk tersebut.

Mengoptimalkan Penjualan Produk yang Kurang Maksimal

Dalam proses penjualan, mungkin ada beberapa produk yang tingkat penjualannya kurang. Sehingga terlihat seperti tidak memiliki daya tarik. Nah, dengan menggunakan teknik ini, pelanggan bisa mengetahui apa saja kelebihan dari produk tersebut, sehingga produk tersebut bisa terjual dengan baik.

Meningkatkan Penjualan Secara Merata

Dengan menggunakan strategi bisnis seperti ini, jelas akan meningkatkan penjualan produk dalam keseluruhan. Dengan begitu, semua yang diperlukan dalam omset penjualan bisa meningkat sehingga pesat, sehingga mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Banyak manfaat dan perbedaan antara teknik cross selling dan up selling. Dengan menggunakan teknik ini, Sobat Lakuuu bisa meningkatkan pendapatan. Dengan begitu, usaha yang sedang berjalan juga dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

apa-itu-lakuuu
Lakuuu
Apa Itu Lakuuu ?
Pernahkah kamu mencoba membuat website untuk bisnismu, tapi ternyata susah? Perkara kamu tidak mengerti dan tidak bisa desain, membuatmu mengurungkan niat untuk membuat website...
merayakan-idul-adha-di-masa-pandemi
Lakuuu
Cara Merayakan Idul Adha di Masa Pandemi dengan Aman
Hingga saat ini seluruh dunia masih menghadapi masa pandemi akibat virus Corona yang belum juga berakhir. Namun bukan berarti ...
mengatur-tampilan-halaman-utama-website
Lakuuu
Tips Mengatur Tampilan Halaman Utama Website Toko Online
Sobat Lakuuu pasti mau dong kalau toko kalian bisa menarik pelanggan masuk ke dalam untuk lihat-lihat hingga ...
manfaat-qris-untuk-bisnis-online
Lakuuu
Pengertian dan Manfaat QRIS Untuk Bisnis Online
Manfaat QRIS dengan perkembangan ini akan dirasakan oleh para pengusaha online.