Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Cara Merayakan Idul Adha di Masa Pandemi dengan Aman

by Lakuuu Team 19 July 2021

merayakan-idul-adha-di-masa-pandemi
Hingga saat ini seluruh dunia masih menghadapi masa pandemi akibat virus Corona yang belum juga berakhir. Namun bukan berarti hari raya Idul Adha menjadi terhenti dan masyarakat tidak bisa merayakannya. Semua masih sama seperti sebelumnya, hanya saja cara merayakan Idul Adha di masa pandemi ini yang sedikit berbeda.

Sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap protokol kesehatan, maka ada beberapa hal tidak boleh Sobat Lakuuu lakukan. Jika sebelumnya terbiasa berkumpul untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban, maka lain dengan tahun ini. Hanya ketua panitia dan orang-orang yang terlibat yang boleh berada di lokasi penyembelihan.

Cara Merayakan Idul Adha di Masa Pandemi Agar Tetap Aman

Esensinya, hari raya Idul Adha yaitu mengenai bagaimana umat muslim melaksanakan ibadah kurban dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Kegiatan lain seperti halnya memasak bersama-sama, saling berkunjung dengan tetangga, maupun menyaksikan proses penyembelihan. Hal itu bukanlah wajib, bahkan tanpa adanya tradisi seperti itu hari raya Idul Adha tetap bisa Sobat Lakuuu rasakan.

Untuk itu, agar bisa tetap merayakan Idul Adha di masa pandemi dengan cara yang menyenangkan dan aman. Simak beberapa tips berikut ini.

Melaksanakan Shalat Idul Adha di Rumah

Saat ini ada beberapa wilayah dengan zona merah yang melaksanakan PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat. Sesuai dengan edaran yang berlaku, shalat Idul Adha sebaiknya berlangsung di rumah masing-masing. Hal ini berlaku untuk wilayah dengan zona merah dan melaksanakan PPKM. Untuk itu sudah menjadi kewajiban semua warga untuk tidak melanggar aturan tersebut demi kebaikan bersama.

Meskipun aturan ini tidak berlaku untuk semua daerah. Namun saat melaksanakan shalat Idul Adha di masjid pada masa pandemi harus menerapkan protokol kesehatan. Kalaupun memilih untuk beribadah di rumah, maka bisa menghidupkan suasana hari raya dengan takbir dan berdzikir kepada Allah SWT.

Hindari Berkerumun dan Tetap Jaga Jarak Ketika Pemotongan Hewan Kurban Berlangsung

Cara merayakan Idul Adha dengan aman di masa pandemi seperti saat ini yaitu dengan menghindari kerumunan. Hindari mendatangi tempat yang terpantau ramai dan jangan enteng melakukan salaman ketika bertemu orang. Ketika masih belum bisa mengurangi kebiasaan seperti, maka penyebaran virus berbahaya lebih mudah menyebar.

Bahkan untuk panitia kurban, wajib membatasi kehadiran orang sekitar yang ingin menyaksikan proses penyembelihan. Karena kemunculan beberapa orang saja, bisa mengundang orang lain untuk melakukan hal yang sama. Bahkan dalam Islam sendiri tidak mewajibkan untuk menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban. Hal yang terpenting yaitu niat yang lurus dalam hati serta panitia yang secara transparan melaporkan hasil pemotongan.

Bagi Panitia Kurban, Sebaiknya Menggunakan Masker Double

Ketika Sobat Lakuuu berperan sebagai panitia, maka pastikan menggunakan masker double dan kesehatan tidak bermasalah. Bahkan untuk mendukung kelancaran proses pemotongan, ada baiknya jika panitia melakukan serangkaian tes untuk membuktikan bahwa terbebas dari Covid-19. Dengan begitu tidak menimbulkan rasa khawatir bagi warga. Ketika panitia ingin beristirahat pun, pastikan untuk menyediakan tempat khusus. Area istirahat ini pun harus terjaga kesterilannya dan terhindar dari kerumunan agar kegiatan Idul Adha di masa pandemi tetap aman.

Mengantar Daging Kurban Ke Rumah Warga

Agar merayakan Idul Adha di masa pandemi tetap aman dan nyaman, maka pembagian daging dengan cara mengantarkan ke rumah warga. Jika sebelumnya warga terbiasa menunggu di tempat penyembelihan, dan menunggu nomor antrian untuk mendapatkan daging kurban. Namun untuk saat ini akan lebih aman jika panitia yang melakukan pembagian secara langsung. Hal ini sangat efektif untuk meminimalisir kerumunan agar bisa mengurangi penyebaran virus berbahaya.

Manfaatkan Fasilitas Online untuk Memaksimalkan Aktivitas

Salah satu cara yang paling aman untuk merayakan Idul Adha di masa pandemi adalah dengan memanfaatkan fasilitas online. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, berbagai aktivitas bisa terjaga dan terselesaikan dengan baik melalui online. Bahkan ketika ingin menyambung silaturahmi Sobat Lakuuu bisa menggunakan video call maupun streaming bersama dengan keluarga.

Silaturahmi tidak harus selalu bertemu dengan fisik, namun mengenai sebuah hubungan agar bisa terus terjalin dengan baik. Tak terkecuali ketika ingin mengirim kudapan, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan jasa kurir untuk mengantarnya. Dengan mengurangi kegiatan di luar rumah, maka Sobat Lakuuu tetap bisa merayakan Idul Adha dengan aman di tengah masa pandemi.

Membuat Website

Sobat Lakuuu juga bisa memanfaatkan momen Idul Adha di masa pandemi ini dengan membuat website. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu saja banyak pelaku bisnis yang harus memutar ide agar bisnis tetap berjalan. Bagi para pebisnis, tentu saja tidak cukup hanya bergantung dengan toko fisik saja.

Untuk dapat bertahan di pasar, pebisnis juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki toko online. Sobat Lakuuu bisa memulainya dengan membuat website. Dengan begitu penjualan produk bisa lebih maksimal dan memiliki jangkauan yang luas.


Nah, berbicara mengenai website, kami memiliki promo menarik untuk Sobat Lakuuu yang ingin membuat website di periode Juli - Agustus 2021. Lakuuu bagi-bagi bonus spesial hingga mencapai Rp 2.750.000 bagi Sobat Lakuuu yang berlangganan paket Premium maupun Basic.

Keuntungan Paket Basic

Jika Sobat Lakuuu melakukan pembelian paket Basic, maka berkesempatan mendapat keuntungan senilai Rp 1.550.000. Dengan mendapatkan :

-          Voucher gratis ongkir senilai Rp 150.000

-          Instagram dan Facebook ads senilai Rp 500.000

-          Potongan Domain Custom senilai Rp 250.000

-          2 artikel blog untuk website senilai Rp 250.000

-          1x Instagram feed dan story banner senilai Rp 200.000

-          1x slide banner untuk website senilai Rp 200.000

-          Tim khusus untuk set up website

-          1x konsultasi digital marketing dan Instagram shopping


Keuntungan Paket Premium

Jika Sobat Lakuuu melakukan pembelian paket Premium, maka berkesempatan meraup keuntungan senilai Rp 2.750.000. Dengan mendapatkan :

-          Voucher gratis ongkir senilai Rp 200.000

-          Instagram dan Facebook ads senilai Rp 750.000

-          Potongan Domain Custom senilai Rp 500.000

-          4 artikel blog untuk website senilai Rp 500.000

-          1x Instagram feed dan story banner senilai Rp 300.000

-          1x slide banner untuk website senilai Rp 500.000

-          Tim khusus untuk set up website

-          1x konsultasi digital marketing dan Instagram shopping

Kesempatan menarik ini hanya berlaku untuk 2 bulan saja, Sobat Lakuuu, yaitu 1 Juli - 31 Agustus 2021. Nah, bagi Sobat Lakuuu yang ingin memiliki website dengan berbagai keuntungan yang menarik. Jangan ragu untuk menghubungi Lakuuu Indonesia melalui WhatsApp +628111758578. Dengan memiliki website, Sobat Lakuuu tetap bisa menjalankan bisnis dan merayakan Idul Adha dengan cara aman di masa pandemi ini.