Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Tips Mengatur Tampilan Halaman Utama Website Toko Online

by Lakuuu Team - 10 August 2021

mengatur-tampilan-halaman-utama-website
Sobat Lakuuu pasti mau dong kalau toko kalian bisa menarik pelanggan masuk ke dalam untuk lihat-lihat hingga melakukan pembelian? Sama halnya dengan website toko online nih, Sobat Lakuuu. Website toko online dengan tampilan yang menarik dan informasi yang lengkap dapat menarik pengunjung untuk menjelajahi website hingga checkout keranjang belanjaannya loh.

Berkembangnya teknologi membantu kita untuk melakukan hal yang dulunya dianggap sulit menjadi sangat mudah, salah satunya membangun dan mengatur website Sobat Lakuuu sendiri. Lakuuu menyediakan website dengan template responsif yang mudah dipersonalisasi dengan fitur Live Edit. 

Pengaturan ini dapat dilakukan melalui Dashboard Admin website Sobat Lakuuu (url/admin). Berikut merupakan tips-tips yang bisa kamu terapkan ketika hendak mengatur tampilan website toko online yang menarik para pengunjung.

Tips #1 Tentukan tujuan dan konsep halaman utama website
Ketika Sobat Lakuuu mempublikasikan URL utama website, pelanggan akan berhadapan dengan halaman utama atau homepage. Tampilan halaman utama tersebut harus bisa menarik pelanggan untuk terus menjelajahi website yang diharapkan dapat memicu konversi atau pembelian produk yang ada di website.

Penting bagi Sobat Lakuuu untuk menentukan bagaimana konsep atau layout halaman utama pada website. Apakah Sobat Lakuuu ingin menonjolkan produk terbaru? Atau Sobat Lakuuu ingin menonjolkan galeri produk? Semua elemen yang ada di halaman utama bisa mempengaruhi apa yang selanjutnya dilakukan oleh pengunjung website loh. Jadi, ada baiknya untuk menentukan prioritas utama yang Sobat Lakuuu inginkan, lalu terapkan konsep halaman utama yang paling cocok untuk tujuan tersebut.

Tips #2 Siapkan desain banner dengan palet warna sesuai dengan identitas brand
Agar tampilan website Sobat Lakuuu terlihat aesthetic, pastikan Sobat Lakuuu memiliki palet warna yang sesuai dengan identitas brand. Hal ini sebaiknya dilakukan agar website Sobat Lakuuu terlihat indah dan nyaman dipandang. 

Selain untuk kepentingan estetika, penggunaan palet warna yang konsisten dapat membuat brand Sobat Lakuuu dengan mudah melekat di benak konsumen.Jika Sobat Lakuuu bingung dalam menentukan palet warna yang cocok, Sobat Lakuuu bisa menyesuaikan warna tersebut dengan logo ataupun tema postingan bisnis Sobat Lakuuu di media sosial.

Tips #3 Pastikan bahwa gambar beresolusi tinggi dengan ukuran file rendah
Website yang baik dan engaging harus memiliki gambar/banner dengan kualitas tinggi. Kualitas gambar yang rendah atau bahkan pecah dapat mengurangi rasa ketertarikan pelanggan untuk terus menelusuri website. Jika Sobat Lakuuu mendesain menggunakan editor, jangan lupa untuk menyimpan gambar/banner tersebut dengan kualitas yang baik.

Namun, penting bagi Sobat Lakuuu sekalian untuk memperhatikan ukuran file yang hendak diunggah. Jangan sampai website Sobat Lakuuu jadi lama dibuka karena memiliki bandwith yang tinggi untuk dimuat. Sebaiknya ukuran file tidak lebih dari 1MB. Memperkecil ukuran file dapat dilakukan dengan file compressor. Sobat Lakuuu bisa mencari “compress png” atau “compress file” di mesin pencarian.

Tips #4 Eksplor page sections yang ada pada Dashboard Admin
Sobat Lakuuu bisa menjelajahi fitur page sections yang tersedia di pengaturan Dashboard Admin Lakuuu. Untuk melakukan pengaturan halaman utama, Sobat Lakuuu bisa memilih menu “Appearance”>”Homepage Sections”. Untuk melakukan pengaturan halaman lainnya, pilih menu “Pages”>lalu klik halaman yang ingin diedit>”Go to Live Edit”. Pada bagian sebelah kiri, klik tombol “Add Section” lalu pilih sections yang ingin ditambahkan ke tampilan website. 

Sobat Lakuuu bisa menambahkan banner, slider, hingga kategori produk pada halaman-halaman website. Tidak ada batasan dalam mengatur tampilan, Sobat Lakuuu bisa menambahkan dan mengedit tampilan sesuai keinginan. Namun, ketika Sobat Lakuuu menggunakan slider dan 2 atau 3 column banner, disarankan gambar slide 1,2 dan seterusnya atau banner 1,2 dan seterusnya berukuran sama. Sebagai contoh, gambar slider 1 berukuran 720x300, maka gambar slider 2 juga berukuran 720x300.

Nah, itu dia beberapa tips dalam mengatur tampilan website toko online. Selamat berkreasi Sobat Lakuuu!
Bagikan artikel

Artikel Terkait

merayakan-idul-adha-di-masa-pandemi
Lakuuu
Cara Merayakan Idul Adha di Masa Pandemi dengan Aman
Hingga saat ini seluruh dunia masih menghadapi masa pandemi akibat virus Corona yang belum juga berakhir. Namun bukan berarti ...
apa-itu-lakuuu
Lakuuu
Apa Itu Lakuuu ?
Pernahkah kamu mencoba membuat website untuk bisnismu, tapi ternyata susah? Perkara kamu tidak mengerti dan tidak bisa desain, membuatmu mengurungkan niat untuk membuat website...
manfaat-cross-selling-up-selling
Lakuuu
Ini Dia Manfaat dan Perbedaan Teknik Cross Selling & Up Selling!
Cross selling dan up selling merupakan teknik yang sering digunakan dalam kegiatan marketing maupun ...
manfaat-qris-untuk-bisnis-online
Lakuuu
Pengertian dan Manfaat QRIS Untuk Bisnis Online
Manfaat QRIS dengan perkembangan ini akan dirasakan oleh para pengusaha online.