Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Bagus Mana Apple Macbook Pro atau Macbook Air? Lihat Perbandingannya

by Lakuuu Team 30 August 2021

apple-macbook-pro-vs-macbook-air
MacBook menjadi produk laptop paling keren keluaran dari Apple. Karena tidak hanya menghadirkan inovasi mengikuti perkembangan teknologi, MacBook juga dianggap ingin memberikan kenyamanan kepada para pemakainya. Saat ini dua seri MacBook Pro dan MacBook Air paling banyak dipilih konsumen laptop.

Meski sudah terkenal di kalangan pemakai laptop di seluruh dunia, kedua jenis laptop Macbook ini masih memiliki penggemar sendiri-sendiri. Jika Sobat Lakuuu ingin membelinya dan ingin mengerti apa saja keunggulan masing-masing, berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaan keduanya.

Perbandingan Apple Macbook Pro dengan MacBook Air

Jika ingin membeli laptop Apple, jangan melihat tampilan dan harganya saja. Pastikan jika laptop yang akan dibeli nanti bisa membantu Sobat Lakuuu bekerja dan menyesuaikan kebutuhan. Apalagi MacBook sendiri dikenal sebagai laptop keren yang maksimal digunakan untuk mengedit video dan foto. Jika ingin memilih diantara keduanya, berikut ini perbedaannya.

  • Performa

Jika dilihat dari segi performa, MacBook Air memakai prosesor Intel Core i3 dengan kecepatan 3,5 GHz. Sedangkan MacBook Pro memakai prosesor Intel Core i5 dengan Turbo Boost 3,9 GHz. Dari sinilah sudah bisa ditentukan perangkat mana yang lebih unggul. 

Perbedaan prosesor dan Turbo Boost yang berselisih inilah membuat MacBook Pro lebih cepat dan kuat ketika membuka aplikasi atau software besar. Daya pacu MacBook Pro sangat bisa diandalkan bagi Sobat Lakuu yang menyukai desain grafis.

  • Desain dan Body

Saat dilihat dari segi body, kedua laptop ini memang begitu mirip jika sekilas diamati. Jadi perbedaan dari segi desain memang mirip dengan ketebalan yang hampir sama. Apple sengaja membuat desain elegan dengan bahan yang sama yakni masih mengutamakan produk dari lapisan aluminium.

Bahan aluminium bukan hanya terlihat elegan dan mewah, namun ringan dan kokoh ketika dipakai. Jadi dari segi desain dan body keduanya hanya berbeda sedikit saja.

  • Daya Tahan Baterai

Selama ini MacBook dikenal sebagai laptop yang memiliki ketahanan baterai teruji maksimal. Namun dalam ulasan pengguna yang sudah membuktikannya, MacBook Air lebih handal karena bisa bertahan sampai 12 jam pemakaian secara normal.

Sedangkan seri MacBook Pro bertahan sampai 10 jam pemakaian biasa. Jika digunakan untuk menonton film, mengakses internet dan memutar musik tentu daya tahan baterai akan lebih cepat habis. Jadi durasi ketahanan baterai memang hanya berselisih sedikit saja.

  • Ruang Penyimpanan

Jika ingin memiliki ruang penyimpanan dengan kapasitas besar, dua laptop ini bisa menjadi pilihan. Karena serian MacBook selalu dibekali ruang penyimpanan besar khusus. Pada seri MacBook Pro 16 inci, sudah disematkan SSD berkapasitas 512 GB sampai 1 TB.

Sedang pada seri MacBook Air ruang penyimpanan yang tersedia hanya berkapasitas 256 GB sampai 512 GB. Tinggal menyesuaikan tipe MacBook mana yang bisa Sobat Lakuuu pilih menyesuaikan keinginan. Semakin besar tentunya akan semakin nyaman memakainya.

  • Tampilan Grafis

Dilihat dari sisi grafis, pihak Apple memang sudah melakukan modifikasi dan pembaruan. MacBook Air yang dirilis pada tahun 2020 lalu saat ini sudah ditambahkan Retina Display di sisi layar serta True Tone. Fitur tambahan ini akan semakin memberikan segi kenyamanan kepada pengguna yang sering berada lama didepan layar laptop.

Sedangkan pada seri MacBook Pro sudah dilengkapi Intel Iris Graphics 645. Dukungan grafis terbaru ini lebih handal dibandingkan yang dimiliki MacBook Air dengan tampilan Intel UHD Graphics 617. Tentu jika dibandingkan, memilih MacBook Pro memang lebih bagus dari kualitas grafisnya.

  • Harga Beli

Perbandingan terakhir yang sering kali dijadikan pilihan pemakai MacBook tentu saja soal harga belinya. Kedua laptop canggih ini ada di kisaran harga puluhan juta rupiah. Jika Sobat Lakuuu ingin membeli di marketplace, MacBook Pro dibanderol 21-40 juta rupiah. Sedangkan MacBook Air dibanderol 17 juta rupiah.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan jika kedua produk dari Apple ini memang menawan. Meski ada sedikit perbedaan namun kualitas performa yang tersedia memang begitu canggih dan bagus. Jika Sobat Lakuuu ingin memilih MacBook seri mana, silahkan menentukan sendiri berdasarkan kebutuhan.