Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

8 Kiat Mudah Belajar Bahasa Asing secara Otodidak

by Lakuuu 1 November 2021

belajar-bahasa-asing-otodidak
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan, belajar bahasa asing mampu meningkatkan fungsi otak, serta menambah kreativitas seseorang.

Di samping itu, belajar bahasa selain bahasa ibu juga akan memperbesar peluang agar bisa mendapatkan pekerjaan, serta membangun relasi lintas negara.

Tidak hanya bisa belajar melalui tempat les, belajar bahasa asing juga bisa dilakukan secara mandiri alias otodidak. Bagaimana caranya belajar bahasa asing secara otodidak? Simak informasinya berikut ini.

8 Tips Belajar Bahasa Asing secara Otodidak


Belajar bahasa asing secara mandiri memiliki tantangannya tersendiri, mengingat tidak ada guru pembimbing dari lembaga resmi atau native speaker yang membantu.

Walau demikian, bukan berarti belajar bahasa asing secara mandiri adalah  hal yang mustahil untuk dilakukan. Berikut, 8 tips belajar bahasa asing yang bisa dipraktekkan mulai sekarang.

1. Tentukan Motivasi Belajar Bahasa Asing

Motivasi merupakan hal dasar yang menjadi latar belakang atau tujuan utama Sobat Lakuuu dalam mengerjakan sesuatu, termasuk mempelajari bahasa asing.

Menentukan motivasi kenapa ingin belajar bahasa asing harus ditentukan, agar tetap fokus dan berhasil menguasainya. Berikut 8 tips mudah belajar bahasa asing secara otodidak.

2. Pelajari Kosakata Sederhana dan Dasar

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari dan menghafalkan kosakata dasar yang sederhana. Hal ini bertujuan untuk terhindar dari  stres dan overwhelming.

Jangan langsung menghafalkan banyak kosakata dalam satu hari. Mulailah mencicil kosakata maksimal 5 kata per harinya.

Jika dirasa sudah hafal, Sobat Lakuuu bisa menambah 5 kata lagi dan begitu seterusnya.

Menghafalkan percakapan sehari-hari yang sederhana juga bisa dilakukan untuk meningkatkan skill dalam berkomunikasi.

3. Perbanyak Menonton Acara

Tips belajar bahasa asing selanjutnya adalah dengan menonton berbagai macam acara atau serial untuk memperkaya gudang kosakata.

Saat menonton acara, pasti akan ada beberapa kosakata yang mudah diingat dari acara tersebut. Hal ini membuat Sobat Lakuuu semakin fasih, baik dari segi pengucapan dan cara penggunaanya.

4. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik tidak hanya menambah kosakata saja, tetapi juga melatih pendengaran. Saat Sobat Lakuuu mendengar kosakata baru yang tidak tahu makna, arti, dan cara penggunaanya, catatlah dan cari tahu artinya nanti. 

Jangan lupa untuk dipraktekkan dan masukkan ke dalam susunan kalimat agar tidak lupa.  

5. Cobalah untuk Menulis

Tips belajar bahasa asing secara otodidak yang efektif adalah dengan menulis.

Menulis tidak hanya meningkatkan sensor motorik, tetapi juga mampu membangun serta mengasah kreativitas.

Menulis sangat ampuh untuk mempertajam daya ingat, khususnya bahasa asing yang tidak menggunakan huruf abjad, melainkan memiliki aksara nya sendiri.

Journaling adalah kegiatan yang bisa Sobat Lakuuu coba. Tuliskan keseharian, rasa syukur, dan hal lain yang ada di dalam pikiran dengan menggunakan bahasa yang sedang dipelajari.

5. Berbicara Seorang Diri

Belum ada teman untuk diajak berbicara? Tidak masalah! Cobalah untuk melatih bicara sendiri.

Berbicara sendiri dengan bahasa yang sedang dipelajari nyatanya sangat efektif untuk melancarkan pelafalan, membentuk keberanian serta meningkatkan rasa percaya diri.

Hampir mirip dengan journaling, cobalah untuk menceritakan sedikit tentang topik tertentu, bagaimana kondisi cuaca dan hari tersebut, keluh kesah, bahkan melemparkan pertanyaan ke diri sendiri.

6. Menjaring Pertemanan

Tidak hanya sekedar berbicara, namun menjaring pertemanan dengan native speaker dari suatu negara adalah salah satu cara agar cepat lancar bahasa asing.

Selain menjalin hubungan dengan native speaker, mencari komunitas belajar bahasa asing juga bisa dilakukan untuk membangun networking.

Biasanya, di dalam komunitas akan ada beberapa orang yang menjadi relawan sebagai guru untuk mengajar kepada anggota komunitas lainnya, agar bisa lancar dalam menulis dan berbicara bahasa tertentu.

7. Jangan Takut Salah! Semakin Banyak Salah Semakin Baik

Sangat wajar jika Sobat Lakuuu melakukan kesalahan saat baru pertama kali belajar bahasa asing.

Jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan. Kesalahan adalah hal yang sangat wajar. Catat segala kesalahan tersebut ke dalam catatan kecil dan cari tahu yang benarnya.

Intinya adalah praktek praktek dan praktek. Salah? Tidak masalah! Justru itu adalah hal yang baik.

8. Komitmen dan Jangan Pantang Menyerah

Belajar bahasa yang bukan bahasa ibu memang melelahkan. Terkadang, walau sudah memiliki motivasi, tapi tetap saja ada saat di mana Sobat Lakuuu merasa down dan ingin menyerah.

Cobalah untuk mengingat kembali belajar Sobat Lakuu. Ingat, bahwa ada beasiswa yang ingin dicapai di negeri orang. Ingat juga, ada peluang kerja yang lebih baik di negara tetangga. 

Tidak perlu menguasai semua nya sekaligus. Yang penting adalah komitmen dan konsisten dalam menjalaninya.