Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Kamu Suka Nonton? Yuk Belajar Bisnis dari 6 Drama Korea ini

by Lakuuu 26 October 2021

belajar-bisnis-dari-drama-korea
Belajar bisnis dari drama Korea merupakan salah satu alternatif bagi Sobat Lakuuu untuk mengembangkan passion dalam business world. Drama Korea atau biasa disingkat drakor memang tidak hanya menyajikan keromantisan.

Ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil ketika menonton film-film asal negara Korea Selatan tersebut. Mulai dari percintaan, budaya, hingga berbagai bidang ilmu, seperti psikologi, entertain, dan bisnis.

Hal tersebut lantas bukan menjadikan tontonan sebagai hiburan semata, melainkan juga membuka peluang bagi Sobat Lakuuu agar dapat memetik pelajaran, terlebih jika sesuai dengan bidang yang diminati.

Inilah sisi positif dari menonton tayangan berkualitas, karena proses produksinya melewati berbagai tahapan. Bukan hanya untuk menggugah ketertarikan penonton, melainkan juga dilengkapi berbagai unsur edukasi.

Belajar Bisnis dari Drama Korea Pilihan

Terdapat banyak sekali tontonan yang disajikan oleh negara asal Asia Timur tersebut. Hal ini menjadikan Sobat Lakuuu menjadi lebih semangat dalam belajar bisnis dari drama Korea.

Berikut enam drakor pilihan seputar dunia business :

1.      Itaewoon Class

Latar belakang kehidupan yang kelam, membuat Park Saeroyi dipandang sebelah mata oleh lingkungan sekitar. Namun, pandangan tersebut lantas membangkitkan sang tokoh untuk membangun franchise restoran.

2.      Best Chicken

Terdiri dari 12 episode, Best Chicken sangat cocok ditonton bagi Sobat Lakuuu yang berminat membuka usaha di bidang kuliner, yaitu ayam. Sang tokoh memutuskan resign untuk membangun usahanya sendiri.

3.      Strongest Deliveryman

Korsel adalah negara yang terkenal menciptakan pekerjaan paruh waktu. Dalam Strongest Deliveryman, Choi Gang Soo merupakan tokoh utama, mengawali karir sebagai pekerja paruh waktu pengantar makanan.

Pengalaman tersebut menjadikannya untuk membangun usaha di bidang kurir. Setelah bertemu dengan Lee Dan A, tokoh lawan mainnya, impian tersebut akhirnya terwujud. Tentu dengan melewati perjuangan keras.

4.      The Heirs

Drama yang dimainkan oleh aktor terkenal, Lee Min Ho ini menceritakan tentang kehidupan para pebisnis dalam mempertahankan kerajaannya. The Heirs juga menunjukkan adanya strategi dengan melibatkan pernikahan demi berjalannya bisnis.

5.      The Golden Empire

Jang Tae Joo di The Golden Empire mengalami kemiskinan, namun memiliki karakter cerdas dan pekerja keras. Jang Tae Joo terlibat perebutan kekuasaan dengan putra perusahaan keluarga Chaebol.

6.      Coffee Prince

Usaha kopi shop saat ini cukup diminati oleh banyak orang, Coffee Prince adalah salah satu tontonan yang relate dengan hal tersebut. Membangun kedai kopi kecil-kecilan tentu bukanlah hal mudah.

Pelajaran Membangun Bisnis dari Drama Korea Start-Up

Selain 6 tontonan pilihan, ada satu judul lagi yang membuat Sobat Lakuuu tertarik belajar bisnis dari drama Korea. Judul ini populer di kalangan penggemar drakor, karena dimainkan oleh aktor-aktor hebat.

Judul tersebut tidak lain adalah Start-up. Bukan hanya menyajikan cerita romantis mengharukan, namun pelajaran terbesar dari film ini adalah perjuangan membangun bisnis rintisan. Ada beberapa pelajaran penting untuk Sobat Lakuuu.

Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, serta Kim Seon Ho memerankan tokohnya dengan sangat baik. Mereka sangat mendalami peran, hingga sukses menyajikan berbagai pesan dalam membangun usaha rintisan.

Pesan utama yang wajib diperhatikan oleh penonton adalah harus memikirkan secara matang ketika memilih usaha. Mulai dari kemungkinan-kemungkinan positif untuk meraih keuntungan dan mempertahankannya di hadapan konsumen.

Selain itu, perlu diperhatikan juga kemungkinan-kemungkinan negatif serta solusi apa yang bisa dilakukan bagi para pelaku usaha agar tetap berjalan dan terhindar dari kerugian besar.

Bukan hanya itu, Start-Up juga mengajarkan bahwa uang bukanlah fokus utama meskipun salah satu tujuannya adalah untuk menghasilkan uang. Pelaku usaha harus memperhatikan pelayanan terbaik untuk konsumen dari berbagai kalangan.

Dengan begitu, usaha akan terus berkembang dan pengalaman juga peluang semakin besar. Membangun usaha harus dimulai secara bertahap, jadikan semua pengalaman sebagai pelajaran untuk menghadapi situasi di masa yang akan datang.

Nilai-nilai Penting dalam Berbisnis Drakor Favorit

Belajar bisnis dari drama Korea tentu membuat Sobat Lakuuu mendapatkan nilai-nilai penting. Salah satunya adalah jangan pernah menyerah dalam membangun business, meskipun berkali-kali mengalami kegagalan.

Berikut beberapa nilai-nilai penting lainnya yang bisa Sobat Lakuuu terapkan dalam kehidupan nyata :

1.  Berani mencoba
2.  Hadapi Setiap Kegagalan
3.  Memberikan yang Terbaik
4.  Bijak Mengelola Finansial
5.  Menyusun Strategi Pemasaran dengan Taktis
6.  Menghargai Partner

Poin penting berkaitan dengan “menghargai” adalah tidak mencampakkan orang-orang yang terlibat di dalamnya, sekalipun Sobat Lakuuu merupakan sang leader. Tanpa partner, usaha tidak akan berjalan sukses.

Drakor mengajarkan bahwa solid juga kunci utama dan harus dipegang teguh ketika membangun usaha. Tidak ada bisnis yang sanggup dijalankan hanya oleh satu orang, kemungkinan gagalnya jauh lebih besar.

Dijalankan bersama-sama tentu membuatnya lebih ringan, saling membuang ego, menerima masukan dan pendapat, kemudian menentukan keputusan secara musyawarah. Itulah mengapa dalam berbisnis dibutuhkan leader terhebat.

Meskipun hanya sekedar tontonan, jika bisa diperdalam lagi, maka ada banyak sekali nilai-nilai pentingnya. Belajar bisnis dari drama Korea juga bisa membangkitkan semangat Sobat Lakuuu yang ingin mulai merintis.