Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Belanja Online Jadi Lebih Hemat dengan 6 Tips Berikut!

by Lakuuu Team 16 October 2021

belanja-online-jadi-lebih-hemat
Kegiatan belanja online, khususnya selama masa pandemi covid-19 menjadi pilihan yang sangat tepat, untuk menghindari kerumunan ramai dan tidak perlu repot untuk keluar dari rumah. Cukup klik-klik dan transfer sejumlah uang, maka barang sudah di depan rumah.

Tapi, sayangnya, tidak jarang masyarakat justru mengeluhkan kegiatan belanja online ini yang merusak cash flow atau arus keuangan pribadi mereka. Membuat mereka sulit untuk membayar tagihan, atau sekedar berbelanja kebutuhan bulanan.

Sobat Lakuuu, belanja online sejatinya sangat menguntungkan, selama mengetahui trik dan tips belanja online yang benar. Berikut, ada 6 tips yang bisa Sobat Lakuuu terapkan saat berbelanja online agar lebih hemat.

1. Jangan Ambil dari Dana Rutin

Sobat Lakuuu, menggunakan dana rutin atau anggaran bulanan untuk belanja online merupakan suatu kesalahan yang sangat fatal.

Dana bulanan sebaiknya jangan diotak-atik, mengingat anggaran ini digunakan untuk membeli dan membayar tagihan bulanan, seperti belanja bahan makanan, kebutuhan rumah tangga, tagihan air dan listrik, bahkan cicilan barang.

Sebaiknya, siapkan dana yang dikhususkan untuk belanja online agar tidak merusak cash flow Sobat Lakuuu. Dengan ini, Sobat Lakuuu bisa belanja online dengan lebih hemat, tanpa khawatir tidak bisa bayar tagihan bulanan.

2. Manfaatkan Kode Voucher atau Potongan Harga

Banyak marketplace yang menyediakan kode voucher tertentu untuk mendapatkan penawaran menarik, mulai dari cashback, hingga potongan harga.

Manfaatkan kode voucher yang telah disediakan dengan sebaik mungkin. Kode voucher belanja ini akan sangat berguna untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan saat checkout barang nanti.

Selain kode voucher, Sobat Lakuuu juga bisa memanfaatkan promo yang sedang berlaku di marketplace maupun di online shop.

Biasanya, mereka akan mengadakan promo besar-besaran di hari tertentu, seperti Hari Idul Fitri, Hari Natal, dan perayaan besar lainnya.

3. Bandingkan Harga ke Tempat Lain

Sama seperti berbelanja di toko offline, cobalah untuk membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Jangan berpatokan hanya pada satu toko online saja.

Dengan Sobat Lakuuu rutin melakukan riset harga ini, belanja berbagai macam produk apapun akan jauh lebih hemat karena mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah.

4. Jangan Kalap! Coba Bikin Daftar Belanja

Kalau sudah melihat promo atau diskon besar-besaran, kita pasti ingin memborong semua produk yang sedang harga coret, betul? Ditambah jargon-jargonnya yang menciptakan urgency, seperti “khusus hari ini diskon” atau “promo tersedia sampai bulan sekian”.

Sobat Lakuuu, belanja online sama seperti belanja konvensional. Kita pasti akan kalap jika sudah memasuki satu toko yang menampilkan berbagai visual yang persuasif dan menarik.

Usahakan sebelum belanja online, tulislah daftar belanja yang diinginkan yang tentu disesuaikan dengan budget, agar tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

5. Gunakan COD Biar Lebih Hemat

Sistem COD sangat praktis, kenapa? Metode pengiriman Cash On Delivery ini tidak dipungut biaya pengiriman layaknya menggunakan jasa ekspedisi atau kurir pengiriman.

Tentu saja, COD menjadi pilihan yang tepat bagi Sobat Lakuuu yang ingin lebih menghemat pengeluaran belanja online.

6. Hindari Biaya Pengiriman

Tapi, bagi Sobat Lakuuu yang tidak ingin ambil pusing dengan sistem bayar di tempat, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan gratis ongkos kirim yang biaya pengirimannya akan ditanggung oleh pihak marketplace atau toko online itu sendiri.

Selain itu, ada juga marketplace yang membuat kode voucher untuk memberikan potongan biaya kirim ke alamat tujuan dari total ongkos kirim.