Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Berawal Dari Bisnis Sampingan, Kini Sudah Punya 230 Kios

by Lakuuu 3 February 2022

berawal-dari-bisnis-sampingan
Siapa yang menyangka ternyata bisnis sampingan dari sepasang suami istri Sylvia Surya dan Ferrianto Surya ini berhasil meraup omset yang sangat tinggi dan sudah memiliki lebih dari 230 kios yang tersebar di berbagai provinsi Indonesia?

Sobat Lakuuu pasti sudah pernah mendengar cerita tentang bagaimana perjuangan pasangan suami istri ini membangun brand Kopi Soe yang berdiri pada pada akhir tahun 2017, kan?

Cerita inspiratif mereka LAKUUU rangkum untuk mempermudah dan memotivasi Sobat Lakuuu yang kini mungkin sedang merintis bisnis. Simak perjalanan mereka berikut ini.

Serba-Serbi Kopi Soe

Sebenarnya, Kopi Soe ini didirikan oleh empat orang, dimana Sylvia beserta Ferrianto mengajak dua orang sahabat nya untuk bersama-sama mendirikan suatu bisnis kekinian, dengan konsep yang menarik. Berbekal dari keinginan dan ide tersebut, Kopi Soe pun lahir.

Kata “Soe” diambil dari bahasa jawa (dibaca “su”) yang memiliki arti besar atau bagus. Sylvia mengaku, pengambilan bahasa jawa itu juga sekaligus sebagai bentuk doa, agar nantonya Kopi Soe mampu berkembang dan mendominasi pasar di Indonesia. Dan tentu saja, mereka berhasil.

Kini, Kopi Soe setidaknya telah memiliki 230 kios yang tersebar di seluruh pelosok provinsi di Indonesia. Tidak hanya rasanya, bahan-bahan yang digunakan Kopi Soe pun terbilang berkualitas tinggi.

Di samping itu, pasangan suami istri tersebut juga menginginkan Kopi Soe dapat dinikmati oleh semua kalangan. Maka tak heran, Sobat Lakuuu Sudah bisa menikmati rasa variasi menu kopi dan non-kopi dengan harga yang sangat terjangkau.

Konsep Bisnis Kopi Soe

Adapun konsep dari kedai kopi ini adalah “tree to go” dan perlahan demi perlahan Kopi Soe mulai mengembangkan sayapnya dengan menerapkan konsep kemitraan waralaba alias franchise.

Mereka memutuskan untuk menerapkan konsep waralaba ini dikarenakan jumlah pelanggan yang setiap hari semakin banyak, serta peminat kopi mereka yang tidak sedikit.

Tidak hanya itu, Kopi Soe juga sadar betul Bahwa ada beberapa orang yang tidak bisa menikmati kopi, baik karena tidak suka maupun alasan kesehatan.

Maka dari itu, Kopi Soe juga menghadirkan varian menu non-kopi dengan tetap mempertahankan cita rasa Kopi Soe yang unik. Hal Ini membawa angin segar bagi mereka yang tidak bisa minum kopi, namun tetap ingin merasakan cita rasa dari Kopi Soe yang terkenal.

Tanpa sadar, bisnis Sylvia dan suaminya ini semakin berkembang. Hal Ini di latar belakangi dengan mulai munculnya tren minum kopi yang sudah menjadi salah satu lifestyle atau gaya hidup perkotaan.

Tentu saja, mereka melihat peluang ini dan mulai berkolaborasi dengan banyak brand, serta semakin menggenjot personal branding dengan memanfaatkan media sosial dan iklan digital.

Kenapa Kopi Soe Diterima oleh Masyarakat?

Sedari awal, Sylvia dan suaminya memiliki visi misi untuk menjual kopi yang tidak hanya memiliki rasa cita rasa yang enak dan menarik, tetapi juga dapat dibeli oleh banyak orang. Hal Ini dapat dilihat dari harga menu Kopi Soe dengan rentang harga Rp 18 ribu - Rp 25 ribu per cup.

Di samping karena harga nya yang sangat terjangkau, Kopi Soe kerap menghadirkan beberapa varian menu baru yang sukses diterima oleh para pecintanya. Salah satu varian menu kopinya yang sangat terkenal adalah kopi gula merah dan kopi rum regal nya.

Saking viralnya minuman kopi regal nya, banyak pebisnis yang datang dari industri yang sama untuk mencoba me-remake menu tersebut. Namun, lagi dan lagi, Kopi Soe memiliki cita rasa yang unik, sehingga tidak gampang untuk di “duplikat”.

Apa yang membuat Kopi Soe Sukses?

Ini yang menjadi pertanyaan banyak orang. Kenapa Kopi Soe bisa mendulang kesuksesan? Jawabannya adalah karena Sylvia dan suaminya mengembangkan Kopi Soe dengan sistem waralaba, serta memiliki sistem manajemen yang tidak hanya baik, tetapi juga tertata rapi.

Kesuksesan Kopi Soe juga didukung dengan banyaknya promo yang diberikan, kolaborasi yang menarik, inovasi menu, serta pemanfaatan media sosial yang baik untuk lebih memperkenalkan brand ke banyak orang.

Kopi Soe juga sangat memperhatikan para pelanggannya. Hal Ini bisa dilihat dari terdapatnya pilihan susu kedelai yang dicampur dengan susu sapi, kalau-kalau ada pelanggannya yang tidak dapat minum susu sapi karena aromanya.

Selain itu, Kopi Soe juga menyediakan kopi original, yaitu kopi hitam bagi para pecinta kopi hitam. Kopi Soe memang sangat peduli dengan pelanggannya. Maka tak heran, pelanggan mereka semakin hari semakin banyak.

Kunci utama lain kenapa kopi Soe bisa sesukses sekarang adalah pemilihan biji kopi yang benar-benar diseleksi dengan baik, sehingga Kopi Soe hanya mendapatkan biji kopi berkualitas.

Hubungan yang dijaga dengan baik oleh Ferrianto terhadap para vendor-nya juga menjadi salah satu kunci sukses dari Kopi Soe.