Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Rekomendasi Bisnis Eco Friendly yang dapat Kamu Lakukan!

by Lakuuu Team - 18 August 2021

bisnis-eco-friendly
Bisnis eco friendly bisa kita jadikan ladang penghasilan namun tetap memperhatikan keberlangsungan bumi. Solusi ini akan menjadi jalan keluar cari uang namun tetap ramah lingkungan.

Seperti kembali ke alam, apapun yang kita ciptakan dari alam akan kembali. Maka sebaiknya selalu memperhatikan apa yang sedang kita coba kembangkan.

Dampak baik dan buruknya, sebaiknya memiliki jalan keluar untuk akibatnya. Jangan hanya mengambil namun tidak mau merawat bumi kembali.

Keberlangsungan lingkungan harus kita lestarikan agar tidak membuat hal yang tidak kita inginkan. Kemudian, yang lebih parah bahkan bisa menyebabkan sebuah bencana alam.

Rekomendasi Bisnis Eco Friendly

Beberapa perkembangan digital kini membuka pemikiran anak muda masa kini. Dengan melakukan perubahan beberapa karya atau produk ke arah ramah lingkungan.

Hal ini tentu akan berdampak baik untuk kedepannya. Maka dari itu jika Sobat Lakuuu sedang menjadi referensi untuk sebuah bisnis namun ramah lingkungan simak bahasan berikut ini.

Industri Pakaian

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah sandang yang artinya pakaian. Nah, kebutuhan ini merupakan salah satu penyumbang sampah tekstil yang lumayan bagi bumi.

Bayangkan saja dalam satu Indonesia saja ada berapa pabrik yang beroperasi setiap harinya. Maka bisa dipastikan ketika ada sebuah kegiatan pasti ada sampahnya.

Maka untuk menekan limbah dari pembuatan pakaian ini akan lebih baik kita mencoba beberapa bisnis eco friendly ini. Bisnis second cloth atau biasa disebut thrift.

Dengan menjual kembali baju yang masih layak pakai akan membuat perputaran pakaian. Selain itu hal ini akan menekan sampah dari pakaian yang sudah tidak digunakan.

Negara dengan beberapa musim menjadi salah satu negara penyumbang pakaian bekas yang paling banyak. Tidak heran jika hingga kini sikap konsumtif dari kebutuhan yang satu ini semakin banyak saja.

Toko Retail dan Isi Ulang

Apakah Sobat Lakuuu pernah membeli kebutuhan sehari-hari  dengan sistem isi ulang atau retail. Misalnya sabun dengan membeli langsung ke agennya namun membawa tempat sendiri.

Bumbu dapur yang kita beli namun membawa tempat sendiri. Nah, membuat bisnis seperti ini akan membantu untuk mengurangi konsumsi limbah plastik dari berbagai kemasan produk.

Menyediakan berbagai kebutuhan yang memiliki peraturan membawa kemasan atau wadah sendiri. Toko seperti ini membawa perubahan yang baik.

Bisnis eco friendly yang bisa Sobat Lakuuu coba di daerah sekitar rumah. Orang akan tertarik berkunjung pada mulanya, namun lama kelamaan akan tertarik berbelanja.

Kita juga bisa menyediakan kemasan ramah lingkungan berasal dari kertas. Langkan kecil yang dilakukan terus menerus akan menyalurkan energi baik dan membawa satu dua orang untuk bergabung.

Produk Daur Ulang

Berbagai produk bisa kita buat dengan memanfaatkan barang bekas. Tindakan ini akan membuat limbah teratasi dan tidak menambah sampah.

Misalnya limbah kertas yang bisa kita daur ulang menjadi sebuah kertas baru. Membuatnya menjadi berbagai kerajinan yang bisa kita jual.

Limbah kemasan plastik atau botol yang bisa kita buat sebuah kerajinan. Beberapa produk akan menarik dan memiliki harga yang tinggi.

Bisnis eco friendly memiliki peluang yang sangat baik di pasar tanah air. Tidak perlu khawatir lagi untuk tetap berkarya dan berkembang bersama.

Produk Makanan

Bisnis produk makanan akan lebih banyak lagi pilihannya. Kita bisa memberikan edukasi dari awal promosi, jika bahan dari makanan yang kita buat merupakan produk organik.

Sobat Lakuuu bisa mulai melakukan cocok tanam sendiri. Maka bisa juga menjualnya dalam bentuk sayuran atau produk mentah.

Hal ini bisa kita tawarkan dengan sayuran dan buah organik. Namun jika bisa mengolahnya akan lebih baik membuat Bisnis Eco Friendly dalam produk makanan.

Tinggal bagaimana kita berkreasi dan memanfaatkan momen sebaik mungkin. Bisnis ini akan menjadi peluang yang baik untuk solusi oleh para orang diet dan vegetarian.

Memulainya dengan menawarkan paket harian. Makanan dan minuman sehat seperti ini akan membuat orang tertarik dan lebih praktis.

Produk Pengganti Plastik

Bisnis yang satu ini juga bisa kita coba pada masa kini. Dengan menawarkan berbagai produk yang berasal dari bahan alam bukan plastik.

Misalnya toples dari bahan plastik kita ganti dengan kaca yang tahan lama dan mudah terurai. Bisa membuat produk kemasan yang berasal dari kertas atau kain yang bisa kuat.

Bisnis eco friendly seperti ini akan membantu pengusaha lain yang mencari produk ramah lingkungan. Maka kita akan saling membantu untuk menciptakan ekosistem bisnis yang ramah lingkungan.

Buat desain masa kini dan menarik untuk anak muda. Perkembangan outfit yang bisa ditunjang dengan menggunakan berbagai tote bag kala berbelanja.

Kita bisa menyuguhkan kampanye zero plastic ketika berbelanja. Setidaknya mulai  dari hal-hal kecil, ketika melakukan secara serentak maka akan  membawa perubahan yang baik.

Bisnis eco friendly yang sudah kita bahas ini akan lebih baik disesuaikan dengan target market sekitar. Maka manfaatkan sebaik mungkin berbagai peluang yang ada.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...