Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Selain Jadi Atlet, Ternyata Mereka Mempunyai Bisnis Juga Loh

by Lakuuu Team 7 October 2021

bisnis-sampingan-atlet
Di tengah-tengah pandemic covid-19, usai sudah ajang bergengsi olahraga dunia Olimpiade 2020 yang diselenggarakan di Tokyo. Sejumlah atlet Indonesia ikut serta dalam ajang bergengsi tersebut. 

Dari sejumlah cabang olahraga yang diikuti, Indonesia berhasil meraih satu medali emas, kemudian satu perak dan juga tiga perunggu. Dari peroleh medali tersebut, Indonesia bangga karena lebih unggul dari sejumlah negara yang ada di Asia Tenggara.

Untuk perolehan satu medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis ganda putri, Greysia Polii dan Apriani Rahayu. Sementara untuk satu medali perak dari cabang angkat besi, Eko Yuli Irawan. 

Dan untuk tiga perunggu diperoleh dari cabang angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah dan Windy Cantika Aisah. Serta dari cabang bulu tangkis tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan perolehan satu medali emas tersebut dari cabang bulu tangkis ganda putri, sedianya menjadi pelipur lara bagi Indonesia. Dan merupakan sebuah rekor bagi Indonesia, dari cabang bulu tangkis di ajang bergengsi olahraga dunia ini. Semenjak tahun 1992 yang dilaksanakan di Barcelona, Indonesia berhasil menyabet medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis. Pada waktu itu bulu tangkis tunggal putra, Alan Budikusuma, dan bulu tangkis tunggal putri, Susi Susanti.

Bisnis Beberapa Atlet Indonesia yang Bermain Di Olimpiade

Semenjak itu, olahraga bulu tangkis sangat populer di Indonesia. Namun yang menjadi perhatian adalah selain menjadi atlet Indonesia, ada beberapa atlet yang juga pandai mengatur bisnis mereka. Salah satunya Greysia Polii, yang viral pada waktu penyerahan hadiah atau bonus Olimpiade Tokyo 2020 oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

Greysia Polii memberikan merchandise kepada Presiden RI, Joko Widodo, berupa produk sepatu milik usaha bisnisnya. Selain Greysia Polii masih ada beberapa atlet bulu tangkis yang menekuni usaha bisnis mereka. Seperti halnya:

  • Alan Budikusuma dan Susi Susanti

Kedua atlet bulu tangkis Indonesia ini terkenal dengan sebutan pengantin ajang bergengsi olahraga dunia di Barcelona 1992. Setelah berhasil menyabet medali emas di tahun tersebut, keduanya langsung menikah. 

Dan setelah mereka berdua pensiun dari dunia bulu tangkis, pasangan tersebut mendirikan usaha bisnisnya. Yang mana sudah mereka rancang dengan matang sebelum menyatakan pensiun.

Ya, mereka mendirikan salah satu PT yang bergerak di bidang alat-alat bulu tangkis. Perusahaan tersebut diberi nama PT Astindo Jaya Sport. Dan produk yang terkenal dari PT mereka adalah Astec (Alan Susi Technology). Yang mana sudah merambah pasar dunia. Meski pun produk lokal asli Indonesia, pada kenyataannya kualitasnya bisa menyamai produk luar negeri

  • Liliyana Natsir

Salah satu atlet pebulu tangkis Indonesia yang berhasil membawa harum bangsa Indonesia melalui ajang bergengsi olahraga dunia tahun 2016, di Rio de Janeiro. Pada waktu itu Liliyana Natsir berhasil mempersembahkan medali emas buat Indonesia melalui cabang olahraga bulu tangkis ganda campuran.

Ternyata ada kabar menarik dari sang atlet tersebut. Setelah menyatakan pensiun dari Pelatnas bulu tangkis, sedianya Liliyana Natsir menggeluti dunia usaha bisnis properti. Memang sebelum pensiun, Liliyana sudah masuk ke dunia properti. 

DIa sudah membangun komplek perumahan di Bekasi tepatnya di Kranggan pada tahun 2014. Selain bisnis properti, Liliyana juga membuka usaha bisnis dalam bidang pijat refleksi. Yang bertempat di Tangerang, Gading Serpong.

  • Greysia Polii

Ya, salah satu atlet bulu tangkis yang bersinar di ajang bergengsi olahraga dunia Tokyo 2020 ini. Ternyata pandai dalam hal mengatur usaha bisnisnya. Tidak hanya memiliki usaha bisnis sepatu, namun juga memiliki usaha bisnis properti. Yang mana sudah berkembang melalui bidang perumahan bersama sang suami. 

Sekiranya cukup sekian informasi mengenai atlet Indonesia yang memiliki usaha bisnis yang berkembang pesat. Selain mengharumkan Bangsa Indonesia melalui prestasi di ajang bergengsi olimpiade. Juga pandai dalam mengatur usaha bisnis mereka.