Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Mengapa Buku Berisikan Puisi Begitu Menarik Pembaca?

by Lakuuu Team 13 September 2021

buku-berisikan-puisi
Seorang pembaca buku, tentunya tak hanya membaca satu genre atau satu jenis buku saja. Jika Sobat Lakuuu juga seorang pecandu buku, pasti akan mengiyakan hal tersebut. Pasalnya, ada berbagai genre dan jenis buku yang menarik untuk dibaca. Salah satunya adalah buku puisi

Apalagi jika penulisnya memang sudah sangat terkenal mampu menyusun kata demi kata dengan sangat apik, tentunya buku puisi tersebut akan digemari oleh banyak orang. 

Di toko-toko buku, tak jarang genre puisi menjadi salah satu best-seller yang sangat diminati oleh pelanggan. Biasanya, buku tersebut akan diletakkan pada etalase khusus yang hanya ditempati oleh buku-buku berkualitas dan memiliki sangat banyak pembaca dan juga penggemarnya. 

Salah satu yang menyebabkan buku bergenre puisi sangat diminati oleh masyarakat, adalah penulisnya sendiri. Terkadang, banyak yang membeli dan membaca puisi hanya karena mengenal kepribadian dari tokoh tersebut, mengenal tindak-tanduknya, dan mengenal banyak kutipan dari penulis puisinya. 

Tapi jangan salah, yang menyebabkan buku puisi sangat digemari, itu masih banyak faktor loh. Berikut ini beberapa alasan lain mengapa puisi sangat digemari oleh para pembacanya. 


Alasan Buku Puisi Sangat Menarik bagi Pembaca
Seperti yang dikatakan. Puisi tak hanya menarik hanya gara-gara penulisnya. Apalagi hanya karena desain covernya. Itu belum menyentuh ke kedalaman alasan mengapa puisi sangat disukai. Jika ingin tahu, yuk langsung saja simak beberapa alasan lain yang akan diulas berikut ini. 

  • Menggambarkan realitas

Salah satu alasan puisi menarik bagi pembacanya adalah puisi-puisi yang ada di dalamnya sangat menggambarkan realitas yang sedang terjadi. Katakanlah, puisi dari Khalil Gibran yang seringkali bertemakan cinta. 

Dalam puisi-puisi Gibran, ia sangat banyak mendefinisikan bagaimana itu cinta, pengalaman cinta apa saja yang pernah ia temui, melihat bagaimana orang lain saling jatuh cinta, dan mendalami apa yang merupakan inti dari cinta. 

Tentu, puisi-puisinya sangat menggambarkan realitas karena cinta adalah satu hal yang tak bisa terelakkan oleh seluruh umat manusia. Bahkan ada yang berkata, bahwa manusia takkan bisa hidup jika tanpa cinta. 

Dengan nilai realitas inilah, buku puisi banyak digemari oleh para pembaca. 

  • Memiliki padanan bahasa yang indah

Tentu saja, karena ini adalah urusan tulis-menulis, alasan puisi begitu menarik karena padanan bahasa yang disusun dengan sangat indah. Misalkan saja, Rupi Kaur. Ia merupakan penulis puisi asal Kanada yang bukunya seringkali jadi best-seller. 

Buku Milk & Honey sangat banyak digemari dan dijadikan pajangan di bookshelf pribadi, terkadang juga ada yang memposting bagian buku tersebut di media sosial pribadi, dan sangat banyak ditemukan pembaca buku tersebut membagikan quotes atau kutipan yang dituliskan dalam buku tersebut. 

Bagaimana tidak akan digemari, begini salah satu contoh puisi Rupi Kaur yang sangat indah dalam Milk & Honey.

What is stronger

Than human heart

Which shatters over and over

And still lives.”

Puisi yang sangat menarik karena susunan kata yang sangat indah. Menjelaskan tentang adanya hal apapun yang sekuat hati manusia yang walaupun sudah dihancurkan berkali-kali, hati manusia tetap bisa hidup. 

Maka dari itu, tak heran lagi jika puisi sangat banyak digemari. 

  • Mewakili perasaan dan makna mendalam 

Apalagi alasan lain yang sangat masuk akal selain puisi-puisi sangat mewakili perasaan dan memiliki makna yang mendalam? Agar lebih mudah memahaminya, kita ambil contoh saja puisi Rupi Kaur yang sangat terkenal itu. Begini bunyinya. 

the way they

leave

tells you

everything.”

Silakan disimak puisi tersebut. Bukankah itu sangat mewakili perasaan dari seseorang yang ditinggalkan kekasihnya? Apalagi ia memiliki makna, bahwa seorang yang meninggalkan kekasihnya, sudah menjelaskan segalanya. Bahwa ia sudah tak cinta, bahwa ia memang tak peduli, bahwa kekasihnya memang hanya sekadar bercanda. 

Itulah beberapa alasan mengapa buku puisi disukai oleh para pembacanya. Masih banyak alasan lainnya, namun ketiga alasan tersebut, sudah cukup untuk mewakili beribu alasan mengapa puisi sangat menarik dan sangat dicintai pembacanya.