Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Cara Bijak Menggunakan HP agar Hidup Lebih Berkualitas

by Lakuuu - 15 April 2022

cara-bijak-menggunakan-hp-agar-hidup-lebih-berkualitas

Bijak menggunakan HP tampaknya menjadi salah satu kewajiban di tengah era digital seperti sekarang. Berdasarkan sebuah riset, rata-rata manusia usia 20-35 tahun menggunakan handphone hingga 7 jam per hari.

Sedangkan 79 persen dari kelompok usia tersebut mengecek smartphone satu menit setelah bangun dari tidur. Coba berkaca pada diri sendiri, apakah Sobat Lakuuu termasuk yang menyia-nyakan waktu dengan bermain gadget seharian?

Sebenarnya tidak salah menggunakan ponsel selama berjam-jam untuk kegiatan penting misalnya pekerjaan. Namun seseorang perlu mengetahui batasan maksimal sesuai anjuran, sehingga tidak meninggalkan efek buruk jangka panjang.

Tanpa disadari, banyak orang menghabiskan waktu untuk sesuatu kurang penting, hal ini tidak bijaksana. Dari segi produktivitas, hal ini akan sangat merugikan, tidak menghasilkan apapun dari aktivitas bermain gadget.

Bijak Menggunakan HP, Begini Tipsnya


Menggunakan smartphone secara terus menerus membuat mata lelah, selain itu juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Cobalah untuk lebih bijak dan bertanggung jawab dengan cara-cara berikut ini.

1.  Menggunakan Aplikasi Pengontrol atau Pengingat

Gunakan aplikasi untuk manajemen waktu, baik Android maupun iOS, untuk membantu mengontrol penggunaan ponsel setiap hari. Cara mengunduh dan menginstall sudah sangat mudah asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Contohnya adalah aplikasi tracking jumlah langkah per hari, sangat membantu mengatur penggunaan handphone. Software seperti ini akan memberikan warning ketika mendekati batas maksimal penggunaan serta berbagai manfaat lain.

2.  Tidak Menggunakan Smartphone saat Sedang Makan

Jika Sobat Lakuuu berencana ingin mengajak orang lain makan bersama atau bertemu di suatu tempat, usahakan tidak usah menggunakan handphone. Terkadang hal ini membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman.

Selain tidak sopan, biasa makan sambil melihat handphone akan meningkatkan resiko obesitas hingga 43 persen. Sehingga tidak mengherankan apabila pakaian favorit tiba-tiba menjadi tidak muat lagi.

3.  Satu Hari Tanpa Handphone

Ketika mulai merasa takut, waspada, hingga perasaan tidak enak lain ketika tidak mengecek smartphone, berhentilah melakukannya. Buatlah satu hari khusus sebagai hari tanpa menggunakan ponsel atau media sosial.

Menggunakan handphone bisa digantikan dengan aktivitas lain yang lebih sederhana, misalnya menonton televisi, membaca buku, atau kegiatan positif lain. Lakukan secara yakin dan konsisten bahwa hari tersebut dilarang menggunakan HP.

4.  Mematikan Notifikasi Kecuali Urgent

Jika Sobat Lakuuu mempunyai kebiasaan harus cepat-cepat membalas segala pesan masuk, baik email, DM, atau personal chat lain, maka kurangi hal tersebut. Caranya adalah dengan mematikan notifikasi yang kurang penting.

Bijak Menggunakan HP dengan Mengurangi Penggunaannya


Tujuan pembuatan smartphone pada awalnya adalah membuat manusia supaya lebih produktif dan terbantu dalam kehidupan sehari-hari. Ponsel merupakan sebuah alat berisi berbagai paduan teknologi bermanfaat.

Tentu semua orang pasti akan terbantu dengan macam-macam fitur di dalamnya, meskipun tidak semua fitur tersebut dimengerti. Ada manfaat apabila Sobat Lakuuu berhasil mengurangi ketergantungan penggunaan handphone.

Seharian memandangi ponsel akan membaw efek buruk untuk kesehatan, terutama bagian mata. Dengan membatasi penggunaan gadget secara otomatis juga mengurangi efek buruk ini sehingga tidak akan mengalami gangguan kesehatan.

Tanpa sadar, kebanyakan orang menggunakan ponsel sambil berbaring hingga berjam-jam, tubuh menjadi kurang bergerak. Sehingga resiko obesitas dan terserang berbagai penyakit berbahaya juga akan meningkat.

Bijak menggunakan HP juga bermanfaat bagi penurunan kadar stres manusia, meskipun ponsel digunakan untuk menghilangkan rasa bosan. Melihat berbagai berita dan kabar buruk akan membuat stres meningkat serta mudah tersinggung.

Membuka handphone tidak lepas dari menyelami media sosial, dimana setiap orang bebas mengekspresikan sikap serta kata-kata tanpa filter. Dari sini, perasaan atau mood seseorang bisa mudah berubah bahkan memburuk.

Lebih produktif, karena bisa mengalihkan tenaga dan perhatian ke kegiatan lain yang lebih positif dan menghasilkan. Berbeda jika terbiasa dengan penggunaan gadget, akan terasa kurang jika tidak memegang atau mengeceknya.

Mengurangi frekuensi penggunaan handphone perlu dilakukan untuk mengurangi kebiasaan buruk. Terutama jika sedang melakukan kewajiban, jauhkan ponsel agar tidak terus menerus merasa khawatir serta lebih produktif.

Menjadi lebih peka akan kondisi sekitar, menggunakan handphone secara berlebihan membuat seseorang menjadi terasing. Jika sudah berlebihan, tingkat kepekaan terhadap lingkungan sekitar bisa berkurang bahkan hilang.

Bijak Menggunakan HP dengan Aktivitas Produktif


Ada banyak aktivitas lain yang dapat menghibur, mengurangi stres, hingga meningkatkan produktivitas selain bermain handphone. Tidak perlu merasa khawatir dengan perkembangan dunia media sosial terus menerus.

Salah satunya adalah berkebun, ketika menghadapi masa-masa sulit, berkebun adalah self healing bagi manusia. Berkebun juga memperbaiki kepercayaan diri, mengurangi rasa lelah, depresi, hingga mempraktekkan mindfulness.

Selain itu, memasak makanan sendiri juga dapat dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari ponsel. Memasak makanan sendiri akan menjaga kadar nutrisi dan kebersihan, sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia.

Aktivitas lainnya adalah berolahraga, meditasi, atau memperkaya pengetahuan melalui membaca buku apapun. Bijak menggunakan HP ternyata mendatangkan banyak sekali manfaat untuk semua orang, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...