Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Cara Meningkatkan Kredibilitas Toko Online Anda

by Lakuuu Editorial Updated at 9 December 2022

cara-meningkatkan-kredibilitas-toko-online

Jika produk dan toko online Anda baru saja dibuat, itu berarti Anda sudah siap untuk jualan online, maka kini saatnya menunjukkan toko Anda kepada sebanyak mungkin orang. Memang ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mencapai atau menjangkau calon konsumen Anda jika kita berbicara tentang promosi secara online.

 

Namun demikian, agar pengunjung yang datang ke toko online Anda bisa menjadi yakin untuk membeli produk Anda, toko online Anda harus benar-benar terlihat berkredibilitas sehingga orang akan percaya bahwa Anda adalah perusahaan yang bukan abal-abal.

 

Jadi Anda harus memastikan agar toko online Anda benar-benar bisa dipercaya. Maka, silakan simak 5 hal dibawah ini yang bisa membantu toko online Anda menjadi toko yang bisa dipercaya oleh calon konsumen.

 

1. Toko Online Anda Harus Menggunakan SSL

 

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Seperti namanya, SSL akan mengamankan toko online Anda dari pihak-pihak tidak bertanggun jawab yang punya niat untuk mencuri data Anda maupun data konsumen Anda.

 

Jangan anggap remeh hal ini mengingat saat ini semakin banyak orang yang paham akan kegunaan SSL. Maka jika pengunjung toko online Anda paham hal ini dan melihat bahwa toko online Anda tidak ada SSL-nya, maka otomatis ia akan mengganggap toko Anda adalah toko abal yang harus dihindari.

 

Ada tidaknya SSL di sebuah website bisa dilihat dari alamat websitenya yang ada di browser. Misalnya:

 

  • Website dengan awalan http://  -  ini tidak ada SSL-nya
  • Website dengan awalan https:// - ini ada SSL-nya

 

Jadi ada tidaknya SSL di sebuat toko online dapat langsung terlihat jelas oleh pengunjung yang datang. Jadi pastikan toko Anda ada SSL-nya.

 

Jika toko online Anda dibuat di Lakuuu ID, maka SSL sudah termasuk, Anda bisa tenang karena toko online Anda akan aman.

 

2. Toko Online Anda Perlu Punya Blog

 

Perhatikan saja contoh-contoh toko online ternama, pasti ada blog-nya. Misalnya Nike, mereka menamakan blog mereka sebagai News

 

Jadi kenapa harus ada blog-nya? Blog digunakan untuk memposting artikel atau update-update yang ada yang berkaitan dengan produk-produk Anda.

 

Jika toko online Anda ada blog-nya, maka orang bisa lihat bahwa toko online Anda itu aktif dan hidup. Jika orang lihat bahwa selalu ada postingan terbaru, mereka jadi bisa lihat bahwa toko online Anda benar-benar ada yang mengelolanya, dan mereka yakin pengelolanya juga aktif.

 

Blog juga bisa mendatangkan pengunjung ke toko online Anda. Jadi selain menambah kredibilitas toko online Anda, blog juga bisa menjadi sarana marketing bagi toko online Anda. Jika toko online Anda dibuat di Lakuuu ID, layanan blog juga sudah termasuk.

 

3. Menyediakan Mailing List

 

Jangan anggap remeh ini juga. Dengan menyediakan ajakan untuk bergabung dengan mailing list di toko online Anda, orang juga akan melihat bahwa toko online Anda dikelola dengan baik. 

 

Dan bagi orang-orang yang pada akhirnya join, mereka akhirnya akan melihat juga bahwa lewat mailing list tersebut Anda mengirimakan email secara berkala berisi berbagai update tentang blog post terbaru, diskon terbaru dan informasi lainnya.

 

Jelaslah hal ini akan membuat mereka paham bahwa toko online Anda benar-benar kredibel, sebuah toko yang memang memiliki manajeman yang baik. Jika toko online Anda dibuat di Lakuuu, Anda bisa dengan mudah membuat mailing list.


cara meningkatkan kredibilitas toko online anda

 

4. Sertakan Konten Dari Sosial Media Aktif Anda 

 

Penting bagi sebuah toko online untuk juga menampilkan produk mereka di sosial media. Ada beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan untuk berpromosi. Namun tidak soal sosial media yang mana, Anda jangan lupa untuk membuat konten sosial media Anda juga muncul di toko online Anda.

 

Misalnya Anda memposting video di Instagram, maka publikasikan juga video tersebut di toko online Anda. Jika toko online Anda ada di Lakuuu ID, hal ini bisa dilakukan secara mudah.

 

Demikian pula jika Anda memposting konten lainnya di sosial media lainnya, upayakan agar konten-konten tersebut juga muncul di toko online Anda.

 

Hal ini akan jauh lebih bermanfaat daripada Anda sekedar memampang logo-logo ke sosial media Anda dengan harapan orang akan mengunjungi sosial media Anda.

                                                                                                

Mengapa? Karena dengan menampilkan konten sosial media Anda di toko online Anda, pengunjung akan langsung melihat bahwa memang Anda juga aktif di sosial media. Ini jelas akan meningkatkan kredibilitas toko online Anda.

 

Anda juga akan membuat mereka lebih penasaran dengan produk-produk Anda terlebih lagi jika memang konten sosial media Anda terlihat diminati banyak orang.


Anda bisa memposting konten sosial media antara lain di blog toko online Anda atau pun Anda bisa buat halaman lain yang khusus hanya menampilkan semua konten dari sosial media Anda. Jika Anda membuat toko Anda di Lakuuu ID, hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

 

5. Buat Halaman Tutorial

 

Jika produk Anda membutuhkan edukasi agar bisa digunakan dengan benar, maka buatlah halaman tutorial dimana didalamnya Anda akan menyajikan berbagai artikel atau pun video tentang cara penggunaan produk Anda.

 

Selain akan terbantu, orang yang datang ke toko online Anda juga akan merasa bahwa Anda peduli. Hal ini tentu akan menambah kredibilitas toko online Anda.

 

Pastikan Toko Online Anda Berkredibilitas


 

5 hal diatas bisa segera Anda terapkan agar toko online Anda punya reputasi yang bagus dimata pengunjung.

 

Lakuu ID menyediakan layanan ecommerce bagi Anda yang ingin memiliki website toko online yang berkredibilitas. Selain itu, Lakuuu ID juga menyediakan layanan untuk melakukan promosi digital marketing.

 

Anda bisa chat kami di WhatsApp untuk mendapatkan keterangan tentang layanan Lakuuu ID.