Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Apa Saja Perbedaan Landing Page dan Website

by Lakuuu Editorial Updated at 8 November 2022

perbedaan-landing-page-dan-website

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya website, ya website atau situs merupakan salah satu hal yang akan Anda akses ketika berinternet. Namun, tahukah Anda apa itu landing page? Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu dengan istilah yang satu ini, hal tersebut karena jika dilihat sekilas saja keduanya memiliki tampilan yang hampir sama, padahal, membuat landing page adalah salah satu metode cara jualan online untuk pemula yang harus diketahui sejak awal bisnis dimulai.

Kenyataannya, keduanya memiliki perbedaan loh dari segi apapun. Untuk mengetahuinya Anda harus tahu dulu beda landing page dengan website. 

Perbedaan Landing Page dan Website

Jika Anda ingin tahu perbedaan keduanya dengan lebih jelas, silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian 

Beda landing page dengan website yang pertama bisa dilihat dari pengertiannya. Landing page adalah bagian dari website yang merupakan halaman khusus yang digunakan untuk kebutuhan marketing atau pemasaran digital. 

Landing page dirancang khusus untuk kebutuhan pemasaran jadi isi dari landing page ini berupa informasi produk yang sedang dijual, perkenalan brand maupun informasi promo. Jadi jika Anda akan melakukan penawaran khusus untuk bisa menarik minat para pelanggan disarankan untuk mendesain landing page dengan baik dan menarik ya. 

Contoh dari landing page itu sendiri agar bisa Anda bayangkan adalah sebuah laman yang berisi informasi diskon ketika harbolnas tiba. Nantinya pada landing page inilah terdapat tombol yang bisa Anda klik untuk mengarahkan ke toko online yang dimaksud. 

Sedangkan, website merupakan keseluruhan dari halaman-halaman yang berisi informasi termasuk landing page ini agar bisa diakses oleh pengguna internet. Jadi dapat diketahui bahwa website ini fungsinya secara garis besar lebih umum tentang branding atau promosi.

Tujuan

Keduanya sebenarnya memiliki tujuan yang sama secara garis besar yaitu meningkatkan traffic web dan tujuannya ke arah branding produk yang dimiliki. Namun, seperti yang disebutkan tadi mengenai beda landing page dengan website, web merujuk ke tujuan secara umum sedangkan landing page memiliki tujuan yang lebih khusus lagi. Adapun tujuan dari landing page itu sendiri terdiri dari dua yaitu:

  • Lead Generation Landing Page 

Jenis yang pertama pada lead generation ini pengunjung akan diminati mengisi data yang ditampilkan pada form digital. Contohnya seperti nama, email, no hp dan lainnya. Biasanya data ini bisa digunakan untuk mendaftar event tertentu atau jika berkaitan dengan penjualan produk berhubungan dengan penawaran terbatas.

  • Click Through Landing Page 

Sedangkan untuk jenis landing page yang kedua yaitu click through yang akan memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan dan diharapkan nantinya pengunjung akan mengklik CTA yang ada dan melanjutkan transaksi penjualan.

Berdasarkan tujuan dari keduanya ini bisa dibedakan bahwa landing page ini biasanya hanya fokus pada satu tujuan saja misalnya penawaran promo kah atau informasi tentang suatu event. Sedangkan website adalah kumpulan semua informasi dari suatu perusahaan secara digital termasuk ada landing page di dalamnya.

Ciri-ciri atau Karakteristik

Beda landing page dengan website selanjutnya dilihat dari ciri-ciri atau karakteristiknya. Ciri yang pertama adalah target audiens. Jadi, target dari landing page lebih khusus yaitu pengunjung yang tertarik terhadap info pada landing page. Sedangkan, target audiens dari web adalah semua pengunjung yang bisa meningkatkan traffic sekaligus berpotensi menjadi pelanggan tetap.

Selanjutnya ciri yang kedua yaitu konten. Konten yang dimiliki landing page hanya berupa satu informasi saja baik itu berupa ajakan atau informasi menarik yang akan menunjuk ke website. Jika dibandingkan dengan website, landing page tidak terlalu rumit. Sedangkan di website, konten yang tersedia cukup banyak, mulai dari jumlah halaman yang ada, navigasi, dan berbagai menu seperti home, about us, etalase, blog dan lain sebagainya. 

Jadi untuk memiliki website yang baik, Anda harus memperhatikan konten menarik apa yang bisa selalu menarik minat pengunjung. Jadi kontennya memang harus dipikirkan matang-matang. 

Desainnya sendiri juga memiliki perbedaan yang mencolok. Landing page memiliki desain yang lebih sederhana, yang terpenting mudah dipahami dan bisa menarik minat pengunjung mengklik CTA atau mengunjungi web. Lalu, desain web itu sendiri cukup kompleks karena memuat cukup banyak informasi baik itu informasi bisnis maupun informasi lainnya. 

Manfaat

Selanjutnya, manfaat keduanya juga cukup berbeda. Manfaat dari website diantaranya untuk branding, promosi, memperkenalkan bisnis dan juga menjaga hubungan baik dengan kepercayaan pelanggan. Website sebisa mungkin bisa bermanfaat untuk mengembangkan bisnis perusahaan Anda salah satunya menaikkan jumlah penjualan. 

Di era yang modern ini pasti ketika Anda ingin mengetahui profil suatu perusahaan, Anda akan melihatnya secara online baik itu melalui website atau media lainnya nah inilah salah satu kegunaan dari website. Lalu sedangkan landing page memiliki manfaat untuk memberi informasi atau edukasi pada pengunjung, mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. 

Jadi jika dibandingkan dengan web, promosi produk Anda akan lebih efektif jika menggunakan landing page. Nah jika landing page ini mencapai target maka diharapkan pengunjung akan melakukan CTA dengan mengklik tombol yang disediakan yang akhirnya akan meningkatkan konversi penjualan. 

Itulah beberapa beda landing page dengan website, ingin tahu lebih lanjut untuk pembuatan landing page yang menarik dan bisa membantu Anda dalam mengatur pemasaran digital? Tenang saja ada Lakuuu.id yang bisa membantu Anda mewujudkannya. Untuk pembuatan desain landing page dan website yang menarik, Anda bisa langsung kunjungi Lakuuu.id.