Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Kisah Inspiratif : Kiat Sukses Di Balik Kopi Janji Jiwa

by Lakuuu - 28 October 2021

cerita-sukses-kopi-janji-jiwa
Pasti Sobat Lakuuu sudah tak asing lagi dengan brand kopi terkenal yang akan kita bahas kali ini. Penasaran? Kali ini adalah tentang kisah sukses dibalik brand kopi Janji Jiwa. Yuk simak artikel berikut ini. 

Sobat Lakuuu, kopi Janji Jiwa ini pertama berdiri mulai tahun 2018. Namun hebatnya pada sekitar tahun 2019 mereka sudah berhasil mendapatkan dan memecah rekor MURI dengan membuka kurang lebih 700 gerai di 50 kota di seluruh indonesia loh. 

Billy kurniawan selaku pendiri kopi Janji Jiwa dihitung sangat berhasil karena penghargaannya itu. Di tengah persaingan brand kopi internasional yang banyak dan dengan konsep masing masing yang sangat unik. Pencapaian ini juga mengangkat namanya serta bisa dibilang hal ini sangat luar biasa. Kopi ini memiliki tagline yang sangat mengena. 

“Kopi dari Hati” yang juga menjadi misi mereka untuk memperkenalkan kopi asli Indonesia agar dikenal oleh masyarakat indonesia dan membuktikan bahwa tidak kalah dengan cita rasa kopi import. Dengan itu mereka berharap hadirnya kopi Janji Jiwa bisa memenuhi pangsa pasar kopi sekaligus memajukan petani asli Indonesia atau lokal melalui kopi yang disajikan oleh brand terkenal satu ini lho Sobat Lakuuu. Sangat kreatif bukan? 

Perjalanan bisnisnya dimulai dari setelah ia lulus dari Seattle University pada 2017, sebelumnya ia merintis bisnis minuman yang terbuat dari bubble tea dengan nama Calais. Sebenarnya waktu itu ia sudah terbilang cukup sukses dengan brand tersebut karena sudah berhasil membuka kurang lebih 40 cabang atau gerai. Namun ternyata perjalanan bisnis yang ia kembangkan tak cukup pada titik itu. Billy ternyata tertantang untuk mencoba serta mengembangkan bisnis kopi. 

Ternyata tidak instan ya Sobat Lakuuu. Lanjut nih, dia memulai nya dengan modal 70 juta yang ia dapat dari bisnis saham sebelumnya. Yang kemudian kedai tersebut dinamai Janji Jiwa. Sejarah nama Janji Jiwa itupun berasal dari kisah perjalanan pendiri kopi Janji Jiwa ini yang sejak dulu dia memang sudah memiliki passion serta tertarik pada dunia per kopi an. Brand terkenal dengan nama kopi Janji Jiwa ini diluncurkan sebagai bentuk suatu janji dari hati yang paling dalam untuk menyajikan kopi sebagai salah satu passion yang dimilikinya. 

Setelah berhasil membuka gerai pertamanya di tahun 2018. Awalnya bisnis barunya ini hanya mampu menjual sebanyak 10 gelas saja. Pasti kalau dibandingkan dengan sekarang Sobat Lakuuu antara percaya dan tidak karena saking terkenalnya brand ini. Sangat mustahil jika hanya bisa memecahkan rekor MURI. Dulu, bahkan kantornya (gerai) hanya terbuat dari kontainer bekas yang diisi oleh 5 orang saja Sobat Lakuuu. 

Tetapi, berkat kerja keras yang dilakukan Billy. Akhirnya bisa membuktikan bahwa semua akan berjalan lancar dan indah pada saat waktunya tiba. Dan seperti yang Sobat Lakuuu lihat Janji Jiwa sudah bisa mempekerjakan sebanyak 2.800 hingga 3.000 karyawan di seluruh gerai yang tersebar di Indonesia. Wah, memang semua hal yang besar berawal dari awal ya Sobat Lakuuu. 

Banyak sekali yang harus dilewati hanya menggunakan kantor dari kontainer bekas hingga menjadi cafe yang berkonsep elegan dan mewah. Tak hanya itu, Kini Janji Jiwa mampu menjual sekitar 5.000 gelas per outlet di setiap bulannya. 

Uniknya, kesuksesan brand terkenal satu ini dapat mengangkat perekonomian para buruh dan petani kopi di daerah sumatera yang memberikan pasokan sekitar 32 juta ton kopi per bulan nya. Meski sudah terhitung sangat sukses, tetapi  ia terus mengembangkan perjalanan bisnisnya agar tidak sia-sia dengan terus menerus melanjutkan promosi hingga saat ini. 

Banyak strategi marketing yang membekas di benak konsumen. Salah satunya dengan melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan brand brand yang bisa menunjang penjualannya. Seperti misal berkolaborasi dengan brand kosmetik benefit saat peringatan Hari Kartini. 

Tidak hanya itu, ia juga berkolaborasi dengan merk Santan untuk dikolaborasikan menjadi inovasi yang menarik dengan membuat menu Choco latte yang berbahan dasar santan. Bisa nih jika Sobat Lakuuu ingin mengembangkan bisnis dengan cara satu ini, bisa jadi referensi juga kan? Janji Jiwa berkolaborasi dengan brand terkenal, barista berprestasi hingga masuk ke dunia perfilman Sobat Lakuuu. 

Untuk mengembangkan bisnisnya sebenarnya owner Janji Jiwa tersebut mempunyai target di tahun 2020 untuk membuka 1.000 gerai pada kuartal pertama. Namun, rencana tersebut terpaksa harus ditunda terlebih dahulu akibat peraturan pandemi Covid 19 yang berlaku. Walaupun begitu terhitung sejak Mei 2020 gerai Janji Jiwa sudah bertambah 800 gerai yang tersebar di seluruh dunia. 

Jika Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis Janji Jiwa ini. Mereka juga membuka kesempatan franchise untuk menambah gerai. Sobat Lakuuu bisa mencoba kesempatan itu. Keuntungannya Sobat Lakuuu bisa menjadi salah satu pemilik saham Janji Jiwa serta bisa membuka gerai dan mendapat keuntungannya yang sudah menjanjikan. Apakah Sobat Lakuuu tertarik?
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...