Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Contoh Layout Landing Page yang Bisa Diterapkan pada Website!

by Lakuuu 15 September 2021

contoh-layout-landing-page
Sudah banyak sekali contoh layout landing page yang tersebar di internet dapat diterapkan pada website atau toko online. Tetapi, sudah familiar kah Sobat Lakuuu dengan istilah ini.

Landing page ini berbeda dengan homepage, halaman ini berfungsi menambah pundi-pundi cuan dari website atau toko online. Karena dalam halaman ini dilengkapi dengan mindset marketing.

Landing page biasanya memiliki fungsi khusus dalam sebuah website. Dan memiliki fungsi mendorong pengguna untuk segera bertransaksi di website tersebut.

Apa itu Layout Landing Page

Landing page adalah halaman didesain secara khususnya guna menarik pelanggan agar segera bertransaksi di website atau toko online Sobat Lakuuu. Laman ini yang akan muncul pada hasil pencarian berbayar.

Setiap toko online direkomendasikan mempunyai halaman ini dan mendongkrak penjualan dalam situs. Sekilas landing page akan terlihat mirip dengan homepage, tetapi kenyataannya keduanya memiliki fungsi berbeda.

Pengunjung akan melihat-lihat apa saja yang terlihat diluarnya, jika teras rumah tersebut menarik pengunjung akan datang. Sehingga pada teras rumah tersebut akan ditempatkan berbagai macam dekorasi.

Berbeda dengan landing page dapat dianalogikan sebagai ruang-ruang khusus yang berada di dalam rumah. Pengunjung akan datang ke ruangan itu sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sehingga dapat disimpulkan homepage memiliki fungsi umum membuat pelanggan tinggal dalam waktu lama di website tersebut. Sedangkan halaman ini memiliki satu fungsi khusus yang spesifik untuk setiap halamannya.

Lebih jelasnya landing page memiliki karakteristik dapat mendorong pengguna fokus pada satu produk. Sehingga membuatnya bertransaksi langsung lewat toko online atau laman tersebut.

Karakteristik selanjutnya adalah mengajak user atau pengguna melakukan action. Action tersebut antara lain membeli produk, mengisi form, serta memberikan informasi yang diberikan ke orang lain agar website mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Wajib Tahu, Fungsi dari Layout Landing Page

Seperti yang sudah diketahui halaman ini memiliki banyak sekali manfaat bagi pemilik situs. Fungsi pertama adalah dapat mempercepat transaksi pengunjung. Hal ini dikarenakan pada halaman ini calon pelanggan akan difokuskan pada satu produk tertentu.

Pelanggan akan fokus pada satu produk karena landing page sengaja dibuat guna meminimalisir distraksi dari menu tombol navigasi. Untuk membuatnya Sobat Lakuuu dapat melihat contoh layout landing page banyak tersebar di internet.

Fungsi lainnya dapat bermanfaat situs Sobat Lakuuu adalah berfungsi mengumpulkan data pengunjung potensial. Pengunjung potensial atau leads adalah calon pelanggan yang diharapkan akan melakukan transaksi di kemudian hari.

Mengetahui leads juga akan membuat Sobat Lakuuu sebagai pemilik situs menjadi tahu pasar dituju salah satu produk atau konten yang dibuat.

Contoh Layout Landing Page untuk Website

Membuat layout landing page baik dan menarik merupakan salah satu cara lain guna membuat pelanggan sampai bertransaksi. Untuk membuatnya, Sobat Lakuuu bisa melihat contoh-contoh layout landing page yang dapat diterapkan pada website dengan mudah.

1. Airbnb

Contoh layout landing page Airbnb adalah salah satu platform penyewaan properti bekerja seperti broker menjadi penghubung antara ingin menyewakan properti dengan calon penyewanya. Tips yang diberikan membuat halaman ini seperti Airbnb sebagai berikut.

a. Tampilkan foto interaksi antar manusia. Hal ini dimaksudkan untuk membuat pengguna bergabung dengan program yang ditawarkan.

b. Terdapat objek ditampilkan pada sebelah kiri. Objek tersebut akan menjadi fokus dan yang ditonjolkan.

c. Membuat kolom untuk bisa diisi oleh user. Kolom ini akan membuat pengunjung tertarik mengisinya dan melakukan transaksi.

2. Neil Patel

Perusahaan Neil Patel adalah salah satu perusahaan yang pernah masuk daftar 100 perusahaan brilian pada Entrepreneur Magazine. Perusahaan ini dimiliki oleh Neil Patel yang merupakan influencer dalam bidang marketing paling terkenal di dunia.

Sangat expert dalam bidang marketing, membuat website dimiliki Neil Patel dapat dijadikan salah satu contoh layout landing page yang dapat diterapkan pada website. Inilah tips membuat halaman ini sejenis ala Neil Patel.

a. Menggunakan ilustrasi simpel tetapi unik. Sehingga dapat meningkatkan rasa pengunjung untuk berpartisipasi.

b. Contoh ilustrasi digunakan adalah game lucky wheel, menerapkan game ini dapat membuat pengunjung berpartisipasi dengan tawaran yang diberikan.

c. Buat headline tidak bertele-tele, dan menjanjikan. Jangan lupa untuk menyertakan keterangan tambahan sehingga dapat terhindar dari tuduhan penipuan.

d. Terakhir, lampirkan link untuk menuju privacy policy dan term of service. Hal ini sangat penting apalagi pasar dituju termasuk segmen internasional.

3. Uniqlo

Uniqlo merupakan salah satu brand busana terkenal terutama pada kalangan anak muda. Uniqlo terkenal karena menawarkan desain pakaian yang simpel dan cocok perempuan dan laki-laki.

Untuk landing page miliki Uniqlo menggunakan desain simpel, cocok dengan desain-desain pakaiannya. Dipenuhi dengan latar belakang putih, hanya dihiasi dengan logo disimpan pada bagian atas dan juga terdapat kalimat mengajak mengisi email pada kolom telah disediakan.

Setiap website direkomendasikan untuk membuat landing pagenya sendiri guna mendapatkan pundi-pundi rupiah lebih banyak. Cara membuatnya dapat melihat contoh layout landing page yang dimiliki website-website ternama sebagai inspirasi untuk diterapkan pada website Sobat Lakuuu sendiri.