Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Wajib Tau, 5 Hal Ini Dapat Mempengaruhi Customer Satisfaction

by Lakuuu 1 December 2021

customer-satisfaction
Setiap bisnis pasti ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya, termasuk mempengaruhi customer satisfaction terhadap peningkatan bisnis. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan wajib diketahui oleh Sobat Lakuuu.

Jika faktor dapat dipenuhi, maka terciptalah loyalitas pelanggan sehingga pendapatan usaha meningkat. Meski di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, bisnis Sobat Lakuuu tetap mampu bertahan dan unggul karena pelanggan merasa mendapatkan layanan yang mereka inginkan.

Memahami Apa Itu Customer Satisfaction

Kepuasan pelanggan memiliki arti yang sama dengan kepuasan pelanggan, istilah ini juga dapat menggambarkan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Tingkat kepuasan ini tentunya diukur atas dasar kepuasan yang dirasakan pelanggan.

Terutama ketika menggunakan produk atau jasa yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Kepuasan konsumen jelas merupakan tujuan utama dari perusahaan yang mengeluarkan produk.

Adanya kepuasan konsumen ini menandakan bahwa produk tersebut telah diterima dengan baik oleh konsumen. Mempengaruhi customer satisfaction pada dasarnya hal ini hanya dapat terjadi jika konsumen dapat menerima produk dengan baik.

Sebenarnya kepuasan konsumen ini dapat dicapai melalui berbagai upaya yang dilakukan perusahaan. Namun, hal dasar yang dilakukan pelaku bisnis adalah memahami apa itu permintaan pasar.

Membuat produk sesuai dengan permintaan pasar tentu akan memungkinkan produk terjual lebih baik. Bukan hanya itu saja, produk akan membuat konsumen senang dengan kehadiran produk tersebut.

5 Hal yang Bisa Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi customer satisfaction dalam berwirausaha agar menarik minat pelanggan lebih baik, diantaranya:

1.  Mutu Produk

Hal penting pertama yang bisa Sobat Lakuuu perhatikan yaitu menciptakan kepuasan pelanggan terhadap mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. Untuk itu pastikan untuk selalu memilih dan menggunakan produk yang berkualitas.

Agar pelanggan merasa puas dan tidak ragu untuk kembali membeli produk yang ditawarkan. Mempengaruhi kualitas produk juga dapat menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik, karena pelanggan sering merekomendasikan produk tersebut kepada keluarga atau teman.

2.  Kualitas Layanan

Faktor yang mempengaruhi customer satisfaction juga bisa berasal dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh Sobat Lakuuu dan seluruh karyawan yang ada, yang sangat penting terutama bagi Sobat Lakuuu yang bergerak di bidang industri jasa.

Memang, persepsi aktivitas oleh pelanggan sedikit banyak akan dipengaruhi oleh kualitas layanan itu sendiri. Maka dari itu, pastikan untuk senantiasa memberi kualitas pelayanan terbaik untuk para konsumen bahkan setelah melakukan transaksi ataupun proses jual beli berakhir.

3.  Ketentuan Harga

Sebelum menentukan keputusan untuk membeli suatu produk, pelanggan tentunya akan membandingkan harga produk yang sama dari merek yang berbeda, artinya harga juga mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, melakukan riset menjadi ide yang baik sebelum menetapkan harga untuk produk atau layanan yang akan Sobat Lakuuu jual. Jika memungkinkan, tawarkan harga yang relatif terjangkau, dengan kualitas yang baik agar pelanggan tidak kecewa.

4.  Customer Experience

Pengalaman belanja atau lebih dikenal dengan customer experience juga mempengaruhi kepuasannya, sebuah pengalaman yang selaras dengan adanya kemudahan dalam melakukan pembelian.

Ini diartikan sebagai suatu proses yang sangat fleksibel dan banyak yang berminat akan hal ini. Gratis pemasangan, pengiriman gratis, dan berbagai pilihan metode pembayaran juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

5.  Testimoni

Adapun pengalaman orang lain cenderung dapat mempengaruhi minat dan persepsi pelanggan baru Sobat Lakuuu dan faktor ini yang nantinya akan menjadikan pengalaman yang didapatkan para pelanggan dalam berbelanja.

Memang, pelanggan nantinya akan merasakan perbedaannya dan otomatis akan langsung berpendapat tentang testimoni orang lain dan pengalamannya.

Jika konsumen juga mendapatkan experience yang menyenangkan seperti orang lain, maka konsumen tersebut tentu akan merasa senang dan puas, serta senantiasa memilih produk Sobat Lakuuu ketimbang para pesaing lainnya.

Cara Mempengaruhi Customer Satisfaction

Kepuasan pelanggan saat ini sudah menjadi fokus bagi sejumlah perusahaan. Adapun kepuasan pelanggan terhadap semua jenis produk yang dibeli dapat dikatakan sebagai wujud kesuksesan bagi sebuah perusahaan.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Maka dari itu, sebagai pelaku usaha sudah sepantasnya Sobat Lakuuu memberi yang terbaik untuk para konsumen.

Hal ini dilakukan agar mereka merasa puas dan senang dengan layanan yang diberikan. Salah satunya adalah memahami keinginan pasar, misalnya dengan melakukan survei keinginan konsumen.

Melalui survei ini, pelaku bisnis dapat memahami apa itu permintaan konsumen. Selain itu, perusahaan juga harus fokus pada kualitas produk, semakin baik kualitas produk yang dijual, semakin besar peluang konsumen untuk puas dengan produk yang mereka beli.

Sebagaimana kepuasan pelanggan biasanya bergantung pada produk yang dihasilkan. Selain meningkatkan kualitas, tentunya perusahaan juga harus meningkatkan dalam hal pelayanan.

Pelayanan yang baik akan memuaskan konsumen juga jika semua keluhan yang dapat dilakukan konsumen diterima dengan baik. Lantas, bagaimana dengan upaya Sobat Lakuuu dalam mempengaruhi customer satisfaction pada bisnis?