Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Apa Itu Domain Dan Kegunaannya?

by Lakuuu Team 18 August 2021

domain-dan-kegunaannya
Sebelum mengetahui domain dan kegunaannya, apakah Sobat Lakuuu sudah mengenal domain sebelumnya?

Domain sendiri merupakan nama unik yang berguna untuk mengidentifikasi nama sebuah server dari komputer. Nama unik ini, memiliki tujuan sebagai salah satu hal untuk mempermudah sobat laku dalam mengakses suatu situs. Dengan adanya domain, sobat laku tidak perlu lagi menggunakan alamat IP yang jauh lebih rumit untuk menuju ke halaman tertentu.

Domain diperlukan ketika sobat laku ingin membangun suatu website. Selain domain, sobat laku juga membutuhkan web hosting supaya domain tersebut dapat untuk digunakan untuk  akses di dunia internet.

Mengenal Jenis Domain Dan Kegunaannya

Domain tentunya memiliki beberapa jenis. Cara membedakan masing-masing jenisnya, adalah dengan mengetahui penggunaannya serta tujuan dan lokasi negara berasal. Berikut ini beberapa jenis domain dan kegunaannya

1. Top Level Domain

Top level domain atau yang biasa disingkat menjadi TLD. Jenis domain yang satu ini termasuk mudah untuk sobat laku ingat, serta bersifat umum. Hal tersebut akhirnya yang membuat domain jenis ini banyak digunakan untuk website seperti .com, .net, .org, edu. Domain ini juga bebas untuk sobat laku gunakan sebagai situs personal tanpa merujuk pada satu organisasi tertentu. Penggunaan top level domain ini bisa sobat laku perhatikan pada beberapa jenis berikut ini, seperti .com, .net, .org, dan lain-lain

2. Country Code Top Level Domain

Tipe domain dan kegunaannya yang kedua yaitu ccTLD. Kode yang satu ini merupakan kode yang menggambarkan asal negara. Jadi sobat laku dapat mengetahui asal negara dari domain tersebut hanya dengan mencermatinya. Cara pengaplikasiannya misalnya .id untuk negara dari Indonesia, maupun juga .us. untuk domain yang berasal dari negara Amerika.

3. Generic Top Level Domain

Berbeda dari jenis domain yang sebelumnya. Kode tipe ini memang sengaja dibuat khusus untuk sebuah organisasi ataupun bidang tertentu. Namun dewasa ini penggunaan domain jenis gTLD ini sudah berkembang untuk digunakan secara luas. Seperti penggunaanya pada .edu yang biasa digunakan sebagai domain dari bidang pendidikan.

4. Second Level Domain

Second level domain atau yang biasa kita singkat menjadi SLD merupakan sebuah kode domain yang menggambarkan sebuah alamat secara lebih rinci dan mendetail. Seperti penggunaan pada .co.od, atau .ac us.

5. Subdomain

Sub domain sendiri adalah sebuah kode domain yang biasanya dipakai untuk alamat unik bagi situs-situs yang sudah besar sehingga dapat membantu menyatakan kepemilikan sebuah divisi ataupun suatu cabang. Serta memberikan pengawasan serta halaman yang jauh lebih spesifik.

Cara Kerja Domain

Nah, setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian dari domain dan kegunaannya, dan tipe-tipe sebuah domain, berikut ini termasuk dalam definisi domain dan penggunaannya, yakni cara kerja sebuah domain.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa domain memiliki fungsi sebagai alamat untuk mengantarkan sobat laku menuju ke alamat website tertentu. Hal ini menyebabkan domain di dunia berjumlah banyak bahkan hingga jutaan.

Sehingga tetap saja harus memiliki daftar kontak untuk mengumpulkan alamat-alamat pada domain walaupun alamatnya sudah dirancang dengan sangat unik sekalipun. Buku telepon atau daftar kontak ini biasa disebut sebagai DNS server. DNS server ini nantinya akan dikelola oleh sebuah layanan bernama web hosting.

Apabila domain yang sobat laku cari telah ditemukan di dalam DNS server, maka browser akan menampilkan sebuah halaman yang kita inginkan. Akan tetapi, jika alamat yang bersangkutan tidak kunjung sobat laku temukan, maka haruslah cari DNS server yang lainnya.

Perbedaan Domain dengan Hosting

Domain dengan hosting merupakan dua jenis yang berbeda. Jika domain merupakan sebuah alamat untuk dapat membawa sobat laku ke suatu website, maka lain halnya dengan hosting.

Hosting sendiri merupakan sebuah tempat yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan semua file yang ada di sebuah website. Nah, sekarang sudah lebih mengerti kan perbedaan diantara keduanya?

Bagaimana cara memilih nama domain yang bagus dan unik?

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja sebuah domain dan kegunaannya, ada baiknya untuk selanjutnya sobat laku perhatikan bagaimana caranya memilih nama sebuah domain dan penggunaannya. Hal tersebut bertujuan supaya alamat dapat semakin mudah populer, serta dapat lebih mudah kita ingat.

- Perhatikan panjang pendeknya nama sebuah domain

Hal ini merupakan pokok paling penting untuk sobat laku perhatikan. Sebisa mungkin carilah sebuah nama domain yang simple serta memiliki ciri khas yang menggambarkan situs yang ingin sobat laku bangun. Selain itu, juga pastikan namanya mudah untuk diingat oleh siapapun. Kendati nama singkat sudah sangat sulit ditemukan, cobalah untuk dapat memvariasikan bagian domain yang ada.

- Pilihlah provider domain yang lebih terpercaya

Pastikan untuk memilih provider domain yang memang sudah memiliki track record yang baik. Sehingga dapat sobat laku simpulkan apakah jasa tersebut sudah berpengalaman atau belum.

- Pilihlah Provider yang Memiliki domain privacy protection

Hal ini dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat mendeteksi informasi pribadi pemilik nama domain seperti identitas, atau keterangan dan nama pemilik. Itulah penjelasan lengkap tentang domain dan kegunaannya.