Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Pebisnis Indonesia yang Sukses dari Dropship

by Lakuuu Team 6 September 2021

dropship
Bisnis dropship digadang-gadang menjadi salah satu model bisnis yang dianggap bisa memakmurkan dropshipper atau pelaku bisnis dropship. Tak heran, ada tokoh di Indonesia yang bisa cuan terus hanya dengan melakukan dropship. Apalagi, bisnis dropship juga tidak membutuhkan modal sama sekali.

Hanya dengan bermodalkan perangkat laptop/PC atau bahkan hanya bermodalkan smartphone dengan koneksi internet, Sobat Lakuuu sudah bisa mendulang pundi-pundi rupiah dari model bisnis yang satu ini. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengerti tentang seluk-beluk dari dropship dan bagaimana memaksimalkan potensi keuntungannya. 

Bagi sebagian orang yang sudah paham, tentu bisnis dropship akan membawa keuntungan tersendiri baginya. Siapa yang tidak mau, tanpa modal sepeserpun, hanya bermodalkan perangkat komunikasi yang bisa tersambung ke internet, Sobat Lakuuu sudah bisa mendapatkan uang dengan mudahnya. 

Bagi yang masih belum paham mengenai bisnis dropship, berikut ini akan diberi ulasannya. 

Bisnis Dropship Itu Apa Sih?

Dropship merupakan suatu model bisnis untuk berjualan suatu barang tanpa harus memiliki stok barang. Proses packing, pengiriman, dan seluruhnya sudah dilakukan dan disiapkan oleh toko online yang memang menyediakan barang tersebut. 

Seseorang yang melakukan dropship, adalah dropshipper. Seorang dropshipper, hanya bertugas untuk memasarkan dan mengenalkan produk milik kemitraan agar lebih dikenal dan laku dari masyarakat. Bisa dianggap, bahwa dropshipper juga merupakan seorang agen pemasar dari produk suatu mitra. 

Dalam menjalankan bisnis dropship, tentu ada beberapa cara dan trik agar Sobat Lakuuu bisa mendapatkan kesuksesan dari sini. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sobat Lakuuu lakukan. 

Tips Sukses Menjadi Dropshipper 

  • Memilih Supplier Terpercaya

Tips pertama yang bisa Sobat Lakuuu lakukan agar berjaya dalam bisnis dropship adalah dengan memilih supplier yang tepat. Kalau bisa sebelum memilih supplier, pastikan dulu toko tersebut membuka metode dropshipping atau tidak. Setelah itu cek juga tingkat penjualan produknya.

Makin tinggi tingkat penjualannya, maka semakin baik untuk Sobat Lakuuu jadikan supplier. Setelah itu, jangan lupa untuk memastikan dan melacak track record dari supplier yang akan Sobat Lakuuu pilih. 

Ini sangat berguna agar proses dropship yang akan dilakukan tidak akan terhambat dan memiliki tingkat sustainability dalam waktu yang lama. Jika track record supplier sering offline, sering lupa pesanan, dan beberapa masalah lain, lebih baik jangan dipilih karena Sobat Lakuuu akan kerepotan saat ditagih oleh pelanggan.

  • Memilih satu niche produk

Berhubung bisnis dropship sangat menggiurkan, terkadang para dropshipper jadi kalap dan memilih semua jenis produk yang bisa dijual. Padahal, kegiatan tersebut hanya akan menjadikan toko yang Sobat Lakuuu buat tidak memiliki spesialisasi dan tentu akan menurunkan kredibilitas toko dropship yang Sobat Lakuuu buka. 

Dengan memilih hanya satu niche produk, maka akan muncul anggapan bahwa toko sudah mengerti dan bisa menjelaskan satu niche produk secara jelas tentang kelebihan-kelemahan, harganya, serta tingkatan kualitas dari niche produk yang dijual. Dengan itu, tingkat kepercayaan pelanggan terhadapmu juga akan meningkat. 

Yang jelas, dengan ini Sobat Lakuuu bisa makin cuan hanya dengan bisnis dropship. 

Siapa Pebisnis Indonesia yang Sukses dari Dropship?

Jika Sobat Lakuuu belum yakin akan bisnis dropship ini akan menguntungkan, mungkin bisa diambil saja satu tokoh yang bisa dibilang sukses dalam bisnis dropship. Namanya Rico Huang

Pebisnis yang satu ini, terkenal dengan bisnis platform dropship yang lumayan terkemuka di Indonesia. Rico Huang sendiri, telah mengawali karirnya sebagai pebisnis dengan cara yang sangat tidak mudah. 

Ia mulai berjualan jam tangan, case HP, mie ayam, nasi uduk, sampai pada penawaran untuk menjadi MC di suatu acara ulang tahun. Akan tetapi, usaha kerasnya ini membuahkan hasil. Dalam beberapa referensi, Rico Huang sudah bisa membeli mobile Ferrari ketika menginjak usia 24 tahun. 

Berkat kegigihannya, sekarang ia bisa membeli mesin photobox yang harganya mencapai Rp 10 miliar. Dan sekarang ini, dia sudah membuka platform yang mengizinkan siapapun berbisnis tanpa modal sedikitpun selain perangkat PC/laptop atau minimal smartphone yang masih tersambung dengan koneksi internet.