Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Fakta Menarik yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Kemerdekaan Indonesia

by Lakuuu Team 17 August 2021

fakta-kemerdekaan-indonesia
Fakta menarik kemerdekaan Indonesia yang akan menjadi bahasan menarik jelang hari H. Sebuah momentum yang menjadi berharga untuk warga tanah air.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia akhirnya bisa mendeklarasikan kemerdekaannya. Setelah berjuang dan akhirnya terbebas dari penjajah negara lain.

Tidak sebentar Indonesia berjuang untuk melepaskan diri. Menggunakan perjuangan segala yang rakyat miliki baik harta, keluarga semua ikut berjuang.

Hal ini akhirnya berhasil bersatu dan memperjuangkannya. Hingga mereka bisa lepas dan mendapatkan hak dan kebebasannya.

Untuk itu, ada baiknya Sobat Lakuuu simak pembahasannya berikut ini!

Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia

Beberapa fakta yang akan kita bahas ini jarang untuk dibahas dan diketahui. Keterkaitan kemerdekaan dengan beberapa aspek kehidupan masyarakat yang masih kental hingga kini. Nah untuk mengetahuinya, maka coba simak ulasan berikut ini.

Jumat, 17 Agustus 1945

Pada pembacaan deklarasi kemerdekaan yang ditAndai dengan naskah proklamasi pada tanggal sakral. Pada saat keputusan tanggal ini ternyata tidak acak dan sembrono.

Bahkan sebelumnya merupakan perundingan dan saran dari K.H Abdoel Moekti dan K.H Hasyim Asy'ari. Beliau merupakan salah satu ulama Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Berasal dari tanggal 17 yang merupakan turunnya Al-Quran, dan jumlah dari rakaat shalat wajib dalam satu hari. Berhubungan erat dengan Islam yang menjalankan jamaah shalat Jumat, karena merupakan hari yang baik dan suci.

Maka pemilihan tanggal 17 Agustus hari Jumat ini memiliki arti yang baik. Dengan artian berdoa yang baik pula untuk negara Republik Indonesia, apalagi pada Bulan Ramadhan

Penyusunan Naskah Proklamasi Jelang Sahur

Ketika menjelang kemerdekaan Indonesia, para tokoh yang ikut mempersiapkannya bertempat di rumah Laksamana Maeda. Pada saat itu waktu menjelang sahur, yang dihadiri oleh Sayuti Melik, Soekarni, Achmad Soebardjo, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

Mereka ikut menyusun naskah Proklamasi yang akan dibacakan esok hari. Hingga ketika akan menandatangani mereka sempat berbeda pendapat.

Mohammad Hatta mengusulkan bahwa semua yang hadir ikut bertanda tangan. Namun pada akhirnya hanya Soekarno dan Hatta saja, dengan tulisan atas nama bangsa Indonesia.

Teks Proklamasi

Fakta menarik kemerdekaan Indonesia mengenai salah satu dokumen berharga. Teks Proklamasi yang dibacakan pada saat itu ternyata memiliki salinan asli.

Pertama merupakan tulisan tangan asli dari Ir. Soekarno. Sedangkan salinannya merupakan ketikan dari Sayuti Melik yang merupakan salah satu PPKI.

Salah satu kaum muda dengan rasa nasionalisme tinggi dan gigih. Ia mendapatkan kesempatan untuk menyalinkan tulisan asli tersebut ke dalam ketikan secara otentik dan masih tersimpan hingga kini.

Dalam isi teks tersebut terdapat tulisan tahun yang unik “05”. Merupakan arti dari tahun yang menggunakan kependekan dari kalender Gregorian yang berarti 2605.

Pada saat itu Indonesia masih terikat kuat dalam kungkungan Jepang yang terbiasa menggunakan kalender tersebut. Mereka menambahkan 660 tahun sebagai tambahan.

Maka dalam teks proklamasi tertulis “05”. Bukti ini menjadi menarik dan jarang orang ketahui hingga saat ini.

Teks Asli di Temukan di Tempat Sampah

Hal yang jadi menarik ketika teks asli yang merupakan tulisan tangan dari Ir. Soekarno sempat dibuang. Hingga ditemukan oleh BM Diah yang merupakan salah satu wartawan.

Tidak langsung menyerahkan pada Ir. Soekarno. Setelah 46 tahun Kemudian baru ia menyerahkan naskah asli yang tersimpan hingga kini.

Bendera Merah Putih

Fakta menarik kemerdekaan Indonesia ini juga berkaitan dengan Bendera Merah Putih pertama. Sebagai salah satu simbol pusaka yang hingga kini masih tersimpan baik.

Bendera tersebut berasal dari seorang perwira Jepang bernama Chairul Basri. Berasal dari sebuah gudang Jepang yang bertempat di Pintu ir Jakarta Pusat, Depan Bioskop Capitol.

Setelah mengambilnya Chairul memberikannya kepada Ibu Fatmawati yang akan menjahitnya menjadi bendera. Hal ini ternyata menjadi kenangan bersejarah, ketika bendera asli ternyata dijahit langsung oleh sang Ibu Negara.

Ibu Fatmawati bahkan mengungkapkan betapa terharunya ketika menjahitnya. Dalam posisi hamil tua bertempat di ruang makan.

Dengan bahan kain dari sprei dan tukang soto. Jadi fakta yang sangat menarik bukan?

Rekaman Proklamasi

Fakta menarik kemerdekaan Indonesia ini juga jarang diketahui. Ketika proses pembacaan teks proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 ternyata hanya diabadikan dengan foto saja.

Pada saat itu teknologi belum secanggih sekarang. Maka foto yang tersebar dengan Ir. Soekarno membaca teks tersebut merupakan tangkapan secara diam-diam.

Dokumentasi sangat terbatas kala momentum berharga tersebut. Bahkan rekaman proklamasi yang sering diperdengarkan hingga saat ini tersebut merupakan pengambilan pada tahun setelahnya.

Pada tahun 1951 bertempat di Studio Radio Republik Indonesia atau RRI. Beralamat di Jalan Merdeka Barat 4-5, Jakarta Pusat.

Suara asli Ir. Soekarno tersebut merupakan saran dari Jusuf Ronodipuro. Merupakan pendiri dari RRI yang berharga hingga saat ini.

Fakta menarik kemerdekaan Indonesia yang kita bahas tersebut bisa jadi belum pernah dibahas. Bahkan dalam bangku sekolah sekalipun, semoga jadi pengetahuan baru yang menarik.