Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Pentingnya Fast Respon Dalam Melayani Konsumen Online dan Caranya

by Lakuuu Editorial 14 December 2022

fast-respon

Mengapa fast respon sangat penting untuk dilakukan oleh customer service toko online Anda? Jawaban singkatnya adalah karena dengan memberikan layanan fast respon, ini akan memuaskan konsumen Anda.

 

Bisa jadi Anda sudah tahu hal itu, tapi sebenarnya ada hal-hal yang lebih dalam tentang betapa pentingnya fast respon bagi konsumen toko online Anda itu.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda akan tahu harus melakukan apa untuk membuat layanan toko online Anda menjadi semakin fast respon jika selama ini memang sudah cepat, dan khususnya bagi Anda yang belum menerapkan hal ini, artikel ini akan membantu Anda melihat betapa pentingnya fast respon bagi konsumen sehingga Anda akan tergerak untuk mulai menerapkannya.

 

Fast Respon Memisahkan Anda Dari Kompetitor

 

Jika produk yang Anda jual di toko online Anda adalah tipe produk yang umum, yang juga sangat banyak dijual di toko-toko online lainnya, maka memberi layanan fast respon terhadap pertanyaan konsumen akan benar-benar membantu Anda lebih maju daripada kompetitor Anda.

 

Seperti yang pernah Anda alami sendiri mungkin, sebagai seorang konsumen online, Anda menemukan sebuah toko online yang menjual produk yang sedang Anda cari, namun sewaktu Anda mencoba menghubungi mereka, Anda tidak mendapatkan jawaban cepat, dan bisa jadi mungkin Anda malah juga pernah mengalami pertanyaan Anda tidak pernah dijawab sama sekali.

 

Dalam keadaan seperti itu, konsumen online akan segera beranjak untuk menemukan toko lain yang serupa, yang menjual juga produk yang sedang Anda cari. Jika kebetulan mereka sampai ditoko Anda, mungkin dari iklan yang Anda pasang secara online atau dari promosi Anda lainnya, dan kemudian konsumen tersebut mendapatkan layanan yang fast respon dari CS toko online Anda, maka besar kemungkinan calon konsumen tersebut akan senang dengan layanan Anda.

 

Calon konsumen tersebut mungkin tidak jadi membeli apa-apa di toko online Anda, tapi satu hal yang pasti, mereka sekarang tahu bahwa toko online Anda memiliki layanan yang fast respon, sehingga jika dikemudian hari mereka mencari lagi produk yang sama, maka mereka akan ingat toko online Anda dan mungkin pada saat itu juga mereka memutuskan untuk membeli.

 

Jadi jelaslah, fast respon bagi calon konsumen akan memisahkan Anda dari kompetitor-kompetitor Anda. Ini suatu keuntungan tersendiri bagi Anda.

 

Jadi dari sini, Anda bisa segera membantu CS Anda untuk selalu fast respon sewaktu ada pertanyaan masuk dari calon konsumen yang mampir ke toko online Anda.


fast respon

 

Fast Respon Membangun Dedikasi Kerja Yang Bagus Bagi Staff Anda

 

Jika seluruh staff Anda yang ada dibalik toko online Anda dilatih untuk selalu fast respon baik dalam melayani konsumen atau dalam berinteraksi satu sama lain dalam bekerja sama mengelola toko online Anda, maka kebiasan fast respon yang baik ini akan membangun etos kerja yang baik bagi perusahaan Anda.

 

Tidak akan ada lagi staff yang malas-malasan, yang lambat bekerja dan yang lebih banyak ngobrol dibandingkan bekerja. Semua akan bergerak seirama dalam menuntaskan pekerjaan mereka.

 

Jadi secara intern-pun, bisnis Anda akan mendapat keuntungan jika semua staff Anda dilatih untuk bisa fast respon terhadap semua hal yang muncul dalam pelayanan konsumen dan pengelolaan toko online Anda.

 

Cara Agar CS Bisa Fast Respon Terhadap Calon Konsumen

 

Tentu saja CS Anda tidak otomatis paham bahwa mereka harus fast respon. Jadi Anda-lah yang harus melatih mereka, tapi juga Anda harus menyediakan sarana yang bisa membuat mereka fast respon.

 

Misalnya, di toko online Anda, Anda bisa menyediakan fitur chat bagi para pengunjung toko online Anda, dan setiap kali ada yang mau chat, fitur chat tersebut harus bisa membagikan chat yang masuk tersebut kepada CS Anda secara merata.

 

Dengan demikian, tidak akan ada CS yang akan merasa terlalu terbenani karena banyak chat yang masuk kepadanya sedangkan hanya sedikit untuk CS yang lain.

 

Kalau setiap CS merasa diperlakukan dengan adil demikian, ini akan membuat mereka bisa terus bekerja dengan baik dan mempertahankan cara fast respon mereka terhadap konsumen.

 

Jika Anda menyediakan layanan lewat telpon bagi konsumen Anda, dan Anda tahu bahwa pengunjung toko online Anda sangat banyak, maka agar menghindarkan konsumen yang menelpon menunggu terlalu lama, Anda bisa mengatur agar setiap telpon yang masuk bisa disampaikan kepada CS Anda yang bisa mengangkat telpon untuk melayani konsumen.

 

Memang ini tidak mudah karena Anda harus menyediakan solusi-solusi demikian dan tentu juga Anda harus keluar biaya-biaya tambahan untuk mewujudkan sarana-sarana ini. Tapi yakinlah, ini tidak akan sia-sia. Jika pengunjung toko online Anda puas, maka mereka bisa menjadi konsumen permanen bagi bisnis Anda.


fast respons

 

Buat Toko Online Yang Bisa Dipercaya Pengunjung

 

Perlu diingat juga bahwa pengunjung toko online akan melihat toko Anda sebagai tempat yang bisa dipercaya untuk berbelanja atau tidak. Jika mereka merasa tidak, maka tidak soal Anda sudah menyediakan sarana-sarana untuk membantu mereka mendapatkan layanan yang fast respon, mereka tidak akan menghubungi CS Anda.

 

Karena itu, buatlah toko online dengan desain yang bagus, yang sedap dipandang mata, yang mudah digunakan oleh para pengunjung Anda.

 

Anda bisa nikmati layanan toko online kami untuk segera mendapatkan toko online dengan banyak fitur premium dan dengan desain terbaik sehingga memberikan kesan yang bagus bagi konsumen Anda. Silakan chat kami di Whatsapp untuk menanyakan hal-hal seputar layanan toko online kami.