Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Catat, 5 Film Tentang Bisnis yang Sangat Menginspirasi

by Lakuuu 26 December 2021

film-tentang-bisnis
Menjalani bisnis bisa dengan mempelajarinya lewat film tentang bisnis yang dapat memberikan inspirasi. Ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari film-film tersebut dan agar Sobat Lakuuu bisa mengetahui bagaimana caranya berbisnis.

Tidak ada salahnya belajar bisnis dari film karena ada juga film yang diangkat dari kisah nyata seorang pengusaha. Beberapa rekomendasi film bisnis seru ada di bawah ini.

Film Pertama The Social Network

Film pertama yang menceritakan tentang sebuah bisnis adalah The Social Network. Film yang satu ini tayang pada tahun 2010 dan menceritakan kisah tentang Mark Zuckerberg seorang pendiri Facebook. Filmnya sangat menginspirasi Sobat Lakuuu yang ingin memulai bisnis.

Cerita diawali dengan seorang mahasiswa Universitas Harvard yang bernama Mark dan diperankan oleh Jesse Eisenberg. Mark membuat sebuah situs karena dirinya diputuskan oleh kekasihnya yang bernama Erica Albright.

Situs tersebut diberi nama Facemash yang berisi tentang foto-foto perempuan di kampusnya dan membiarkan orang lain menilai kecantikan mereka. Karena telah meretas jaringan Harvard, Mark diberi hukuman selama 6 bulan.

Facemash adalah awal mula kisah Mark yang memulai bisnisnya bersama mahasiswa tingkat atas.  Film ini juga mengisahkan tentang bagaimana Mark dituduh mencuri ide dari rekan kerjanya yang berasal dari semester atas.

Itulah awal Mark menciptakan the Facebook bersama dengan sahabatnya, Eduardo Savarin. Selain itu The Social Network juga berkisah tentang Mark dan Savarin yang awalnya bersahabat akan tetapi Mark dituntut oleh Eduardo.

Film The Social Network disutradari oleh David Fincher dan tayang pada tanggal 24 September 2010 di Festival Film New York. Selain itu film yang satu ini mulai diluncurkan resmi di Amerika Serikat pada tanggal 1 Oktober 2010.

The Pursuit of Happiness

Film tentang bisnis yang berikutnya adalah The Pursuit of Happiness tayang pada tahun 2006. Film ini disutradarai oleh Gabriele Muccino dan dirilis pada tanggal 15 Desember 2006, adapun durasinya adalah 117 menit.

Berkisah tentang suami istri yang tinggal di San Fransisco bernama Chris Gardner dan Linda, mereka tinggal di sebuah apartemen kecil bersama dengan anaknya. Anaknya masih berusia 5 tahun dan bernama Christoper.

Chris adalah seorang salesman yang tidak pernah berputus asa untuk menjual alat scanner ke setiap rumah sakit. Linda sendiri merupakan seorang pekerja laundry dan keluarga mereka terpecah karena tuntutan ekonomi, Linda pergi meninggalkan keluarganya sendiri.

Semuanya berawal dari Chris yang bertemu dengan orang dengan mobil Ferrari, ia merupakan seorang pialang saham. Akhirnya Chris pun memutuskan untuk mengikuti jejak orang tersebut. Chris adalah seorang yang tidak mudah menyerah, ia terus bekerja dengan baik di perusahaan.

Walaupun dirinya tidak digaji tetapi pihak perusahaan menjanjikan bahwa akan ada peserta terbaik yang mendapatkan pekerjaan. Dari situ, Chris berusaha hidup dengan terus bersusah payah, walaupun ia harus menjadi seorang tuna wisma.

The Pursuit of Happiness menceritakan kepada Sobat Lakuuu bahwa teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Filmnya sangat menginspirasi sekali bukan?

Up In The Air yang Tayang pada Tahun 2009

Film tentang bisnis yang berikutnya adalah Up In The Air dan tayang pada tahun 2009. Film yang satu ini juga menceritakan tentang bisnis dan diperankan langsung oleh aktor terkenal bernama George Clooney. Film yang satu ini memiliki genre romansa dan drama.

Bercerita tentang seorang laki-laki yang bernama Ryan Bingham seorang konsultan SDM, ia juga turut berperan dalam hal penghentian pegawai. Diceritakan bahwa Ryan adalah orang yang sangat pekerja keras dan mencintai pekerjaannya.

Ryan juga hidup berjauhan dengan sanak saudaranya, dalam film ini tidak hanya berkisah tentang bekerja keras melainkan juga bisnis. Dalam hal ini bagian bisnisnya adalah proses pemecatan pegawai. Tidak hanya itu, didalamnya juga terdapat beberapa pelajaran penting.

Ryan adalah gambaran orang yang selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengeluarkan seorang pegawai. Ia juga menggambarkan sosok manusia yang selalu berpikir tenang dalam keadaan apapun.

Ryan juga mampu menghibur karyawan yang sudah dipecat. Selain itu, bercerita juga tentang kedua rekan kerjanya yang bernama Natalie dan Alex. Keduanya adalah orang yang bekerja di tempat sama. Natalie adalah pengganti Ryan, akan tetapi ia tidak bisa menghibur pegawai.

Jadi ketika pegawai tersebut sudah dipecat, Natalie tidak bisa menghiburnya. Oleh karena itu Ryan menunjukkan bagaimana cara memberikan motivasi kepada pegawai yang baru dipecat. Up In The Air adalah film yang digarap oleh sutradara Jason Reitman.

The Founder dan Joy

Film yang bercerita tentang bisnis berikutnya adalah The Founder dan tayang pada tahun 2016. Film yang satu ini mengisahkan tentang bagaimana perusahaan Mc Donalds bisa berdiri sampai sekarang. Adapun John Lee Hancock adalah sutradara di balik film The Founder.

Mengisahkan tentang seorang laki-laki bernama Ray Kroc mempromosikan produknya sampai akhirnya bertemu dengan Mac dan Dic Mc Donalds, mereka adalah orang yang mengelola sebuah restoran cepat saji. Ray Kroc adalah orang yang berhasil membeli perusahaan itu pada 1961.

Joy adalah salah satu film tentang bisnis yang juga sangat menginspirasi. Menceritakan kisah seorang wanita bernama Joy Mangano yang berhasil menemukan pel Miracle Pop. Temuannya itu akhirnya membawanya kepada kesuksesan besar.

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil salah satunya adalah kegigihan Joy. Joy sangat gigih berjuang mematenkan penemuannya itu dan menjadi salah satu pengusaha sukses di Amerika.

Ada banyak film tentang bisnis yang juga bisa Sobat Lakuuu tonton selama liburan akhir pekan. Jangan lupa untuk mengajak keluarga bersama menonton fim.

Semua film-film di atas memberikan pelajarannya masing-masing tentang bisnis. Jika Sobat Lakuuu baru mulai maka teruslah untuk mencoba.