Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Naikkan Omzet dengan Memanfaatkan Fitur Live Streaming

by Lakuuu 4 December 2021

fitur-live-streaming
Fitur live streaming semakin banyak digunakan oleh pengusaha untuk menyapa audience dan konsumen. Melalui fitur ini pengusaha dapat melakukan review produk baru, promosi atau informasi up to date kepada pelanggan.

Live streaming banyak diminati karena memberikan tontonan atau informasi yang baru dan tanpa editan. Ini memberikan kesan fresh dan tidak manipulatif sehingga meningkatkan hubungan dengan konsumen.

Live streaming adalah penyiaran video yang dilakukan secara langsung. Sobat Lakuuu hanya perlu menyalakan kamera dan melakukan video liputan. Audience dapat melakukan interaksi dengan like atau komen pada saat live berlangsung.

Fungsi Fitur Live Streaming yang Perlu Diketahui

Ada beberapa fungsi live streaming, diantaranya adalah sebagai bagian dari pemasaran untuk menjangkau audience yang lebih luas. Serta meningkatkan hubungan dengan pelanggan, diantara fungsi live streaming adalah:

1. Meningkatkan Citra Brand di Muka Umum

Ketika siaran Live dilakukan ada banyak topik yang dibicarakan, mulai dari sejarah perusahaan, produk, visi misi perusahaan. Topik – topik tersebut membuat audience semakin mengenal brand Sobat Lakuuu.

Semakin sering audience mendengar brand Sobat Lakuuu, maka akan semakin teringat di kepala. Konsumen yang masih awam pasti membeli produk karena kedekatannya dengan brand produk tersebut.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Audiens

Konten yang baik dan penjelasan yang bermanfaat akan meningkatkan hubungan perusahaan dengan audience. Adanya sesi tanya jawab membuat audience merasa diperhatikan.

Terlebih lagi bila Sobat Lakuuu memberikan hadiah giveaway, pasti akan meningkatkan antusias audience.

3. Memberikan Konten yang Fresh Kepada Audiens

Siaran video secara langsung ini tidak bisa diedit. Sehingga menimbulkan kesan baru dan spontan, jauh dari manipulatif. Kesalahan kecil yang dapat ditolerir dianggap sebagai sisi humanis yang membuat audience semakin dekat.

Fitur live streaming biasanya digunakan untuk menyiarkan informasi up to date seperti review produk baru. Ini membuat audience mendapatkan informasi yang segar terkait produk Sobat Lakuuu.

4. Mengetahui yang Diinginkan Konsumen

Ketika acara live streaming berlangsung, audience dapat memberikan feedback berupa komentar di kolom chat. Sehingga Sobat Lakuuu mendapatkan saran dan masukan terkait konten video dan tampilan video.

Masukan dan saran dari audience dapat menjadi perbaikan, bahkan menjadi dasar inovasi di masa yang akan datang.

5. Menjangkau Pelanggan Baru

Bila audience menilai konten live streaming Sobat Lakuuu berkualitas. Konsumen tidak akan segan untuk memberikan informasi tersebut.

Sehingga menjangkau audience baru yang lebih luas. Semakin berkualitas konten yang dibuat, semakin luas audience yang bersedia melihatnya.

6. Hemat Biaya

Live streaming adalah salah satu media promosi perusahaan. Dibandingkan dengan budget iklan, pembuatan konten memiliki biaya lebih rendah. Karena mayoritas sumber daya sudah dimiliki.

Kreativitas dan keunikan konten yang harus digali lebih dalam untuk menarik audience. Sisanya Sobat Lakuuu hanya perlu peralatan yang mumpuni dan platform media sosial.

Cara Membuat Live Streaming yang Menarik untuk Menaikkan Omzet

Setelah mengetahui fitur yang ada, perlu diketahui bagaimana caranya membuat live streaming yang menarik perhatian pelanggan guna meningkatkan omzet. Berikut cara yang dapat diterapkan:

1. Pilih Platform untuk Live Streaming

Ada berbagai platform yang bisa menyiarkan fitur live streaming, diantaranya adalah Youtube, Instagram dan Facebook. Ini adalah media sosial yang juga sering dipakai untuk live streaming.

Platform Youtube Live tidak ada batas waktu, sehingga Sobat Lakuuu memiliki waktu yang bebas untuk melakukan siaran. Selain itu, Youtube Live juga dapat di monetize dengan menyisipkan iklan.

Instagram Live adalah salah satu platform yang banyak digunakan. Terdapat notifikasi ketika siaran berlangsung. Durasi maksimal yang dapat dilakukan adalah 1 jam.

Facebook Live hampir mirip dengan Instagram Live, dimana ada notifikasi ketika siaran berlangsung. Durasi waktu yang disediakan adalah 4 jam dan Sobat Lakuuu dapat memilih hanya orang tertentu yang bisa melihatnya melalui tombol privacy.

2. Ambil Topik Bahasan yang Menarik

Bahasan yang menarik adalah bahasan yang sedang ramai diperbincangkan, Sobat Lakuuu dapat menghadirkan narasumber yang ahli di bidang tersebut. Sehingga pembicaraan mengalir dengan berbobot dan bermanfaat.

3. Buat Persiapan dengan Matang

Bila platform dan topik bahasan sudah ditentukan, saatnya langsung eksekusi dengan melakukan persiapan matang. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan fitur live streaming adalah:

  • Atur Jadwal

Sebisa mungkin pilih jadwal untuk live streaming ketika audience sedang longgar, biasanya sore atau malam hari ketika pulang kerja. Sebaiknya konten bahasan tidak terlalu berat karena audience sudah lelah aktivitas seharian.

Bila durasi tidak lama, dapat memanfaatkan waktu istirahat makan siang. Sebaiknya live streaming dimulai tepat waktu, walaupun audience di awal masih sedikit. Karena audience bisa kecewa bila acara molor,

  • Siapkan Peralatan Cadangan

Karena siaran dilakukan secara langsung, penting bagi Sobat Lakuuu untuk menyiapkan peralatan cadangan seperti mikrofon, lighting dan kamera. Bila sewaktu – waktu ada kerusakan, tim sudah sigap mengganti.

Sebab peralatan yang kurang berfungsi ketika siaran langsung sedang terjadi membuat penilaian buruk dan terkesan tidak profesional.

  • Perhatikan Tampilan Konten

Tampilan meliputi pakaian yang dikenakan, tempat dan dekorasi, pencahayaan serta kualitas suara. Topik yang menarik harus didukung dengan tampilan dan penyajian yang baik agar audiens merasa senang.

  • Siapkan Sesi Tanya Jawab

Audience akan merasa diperhatikan bila Sobat Lakuuu membuka sesi tanya jawab. Sehingga terjadi komunikasi dua arah, membuat audience merasa diikutsertakan.

4. Promosikan Acara Live Streaming

Acara yang sudah dibuat menarik, harus disebarluaskan informasinya. Agar audience yang belum tau menjadi tertarik. Informasikan topik yang dibahas, narasumber yang membahas, jadwal acara dan hadiah apabila ada.

Komunikasi yang intens dengan audience dapat meningkatkan brand awareness. Brand yang selalu teringat di pikiran konsumen dapat memiliki tingkat penjualan lebih baik. Hal tersebut bisa diusahakan, salah satunya menggunakan fitur live streaming.