Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

7 Tips Memilih Google Fonts yang Pas Dengan Merek Bisnis

by Lakuuu 15 November 2021

google-fonts
Banyak orang yang tidak memedulikan sebuah font dari suatu website. Font dibuat ala kadarnya, sehingga website terlihat kurang menarik untuk dikunjungi.

Padahal, pemilihan font sangatlah penting, agar website memiliki layout yang menarik, dan hal ini secara langsung berdampak pada rasio konversi situs yang membuat para pengunjung betah berdiam lama-lama di website Sobat Lakuuu.

Dari 1051 Google Font yang siap untuk digunakan, pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menentukan jenis Google Fonts terbaik demi keperluan bisnis Sobat Lakuuu. Berikut 7 tipsnya!

1. Periksa level readability-nya

Tingkat readability merupakan tingkat kemudahan atau kenyamanan suatu huruf saat seseorang membacanya. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran hingga jenis fonts yang digunakan.

Memang, menggunakan fonts yang meninggalkan kesan aesthetics dapat membuat tampilan website jauh terlihat lebih apik untuk dilihat, namun letakkan posisi Sobat Lakuuu sebagai pengunjung. Apakah fonts yang digunakan dapat terbaca dengan lancar atau tidak?

Dilansir Design bombs, audiens tidak akan segan untuk meninggalkan suatu situs jika dirasa mereka tidak mampu membaca dengan jelas. Maka dari itu, memilih fonts yang dapat dibaca dengan jelas oleh visitors harus menjadi prioritas.   

2. Apa yang menjadi tujuan brand

Sobat Lakuuu, selain logo perusahaan atau bisnis, font termasuk salah satu brand personality yang kehadirannya sangat krusial. Itulah sebabnya, mengapa ada perusahaan-perusahaan besar dunia yang membuat fonts mereka sendiri, dan menamainya dengan nama perusahaan.

Memilih fonts sama seperti melihat apa tujuan dari brand Sobat Lakuuu.

Cobalah untuk memilih fonts yang sesuai dengan visi misi bisnis, serta fonts yang tidak termakan oleh zaman, serta dapat disesuaikan di berbagai macam media platform, seperti website dan aplikasi gadget.

3. Gunakan fonts yang mudah dikombinasikan

Usahakan untuk selalu menghindari Google Fonts yang sukar untuk dikombinasikan. Hal itu akan mempersulit Sobat Lakuuu.

Dilansir Oberlo, saat hendak memilih jenis fonts, Sobat Lakuuu wajib untuk mempertimbangkan kesesuaiannya dengan fonts lainnya, agar dapat berpadu secara sempurna. Membuat tulisan jauh lebih menarik dan tentu saja mudah dibaca.

4. Memanfaatkan kepopuleran suatu fonts tertentu

Tidak masalah jika Sobat Lakuuu menggunakan fonts yang sedang populer. Tapi selalu ingat untuk meninjau kembali keselarasan antara fonts yang dipilih dengan tujuan brand.

Memilih jenis fonts yang populer, berarti akan banyak bisnis yang menggunakan fonts yang serupa, sehingga Sobat Lakuuu tidak memiliki ciri khasnya sendiri.

Ada baiknya untuk meninjau ulang kembali jika ingin menggunakan fonts populer, agar bisnis memiliki karakteristik atau warna nya sendiri, sehingga standout dari bisnis lainnya.

5. Lihat suasana hati yang dihasilkan fonts

Tidak hanya warna, fonts juga mampu memberikan suasana hati nya sendiri. Fonts mampu menciptakan persepsi dan merubah mood seseorang. Itulah sebabnya, mengapa sebelum memilih fonts, Sobat Lakuuu haruslah mengadakan riset kecil-kecilan, sebelum akhirnya menentukan fonts untuk perusahaan.

Bagaimana caranya Sobat Lakuuu dapat mengetahui mood yang dihasilkan oleh suatu fonts?

Tenang saja, kini Google Fonts hadir dengan catatan kecil di sebagian besar jenis fonts yang menginformasikan mood apa yang dihasilkan dari suatu jenis fonts tersebut. Ini akan memudahkan Sobat Lakuuu untuk menyesuaikannya dengan brand personality perusahaan.

6. Pahami klasifikasi font

Memahami klasifikasi fonts sebelum memilih salah satu di antaranya merupakan langkah yang tepat dan bertujuan untuk memberikan titik awal yang lebih baik dalam proses pencarian font.

Memang, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari klasifikasi font, mengingat ada ratusan klasifikasi fonts yang ada. Namun, Sobat Lakuuu cukup mengingat lima klasifikasi fonts saja: serif, sans-serif, skrip, monospace, dan dekoratif.

7.  Ketahui audiens

Secara tidak langsung, siapa target market Sobat Lakuuu akan berdampak pada pemilihan jenis fonts. Selalu ingat, bahwa kemungkinan besar aplikasi atau website Sobat Lakuuu tidak hanya akan dibaca oleh satu wilayah atau negara saja, tetapi berpeluang besar dibaca oleh negara lainnya.

Di sinilah letak tricky-nya. Di mana, Sobat Lakuuu dipersilahkan untuk menggunakan fonts yang populer, dengan tetap berpatokan pada tujuan dan voice dari brand