Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan pada Halaman FAQ

by Lakuuu 12 December 2021

halaman-faq
Sobat Lakuuu membuat website bagi sebuah usaha saat ini sangat penting, termasuk di antaranya cara membuat halaman FAQ yang baik dan benar. Sebab halaman FAQ juga sering menjadi tujuan konsumen, terutama saat ingin menanyakan sesuatu.

Di era digital saat ini sebuah usaha memang harus didukung promosi secara digital, salah satunya dengan memiliki website. Dengan memiliki sebuah situs resmi, konsumen akan mudah untuk menghubungi serta mencari tahu tentang usaha maupun produk.

Memiliki sebuah situs resmi bukan sekadar untuk memberikan melakukan promosi produk saja, tapi juga menyediakan tempat berinteraksi dengan konsumen. Salah satunya dengan media tanya jawab pada halaman FAQ.

Seberapa penting laman tersebut serta bagaimana cara membuatnya, Sobat Lakuuu tidak perlu bingung lagi, sebab kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu Halaman FAQ Website Perusahaan?

Sebelum lanjut ke cara membuat halaman FAQ, Sobat Lakuuu perlu tahu dahulu apa itu laman FAQ ini. Laman FAQ atau Frequently Asked Question merupakan sebuah laman website yang berisi daftar pertanyaan sering diajukan konsumen.

Dalam page ini akan dimuat hingga puluhan pertanyaan paling sering muncul beserta jawaban dari pihak pengelola usaha atau bisnis. Biasanya pertanyaan-pertanyaan berupa hal-hal umum serta khusus mengenai sebuah produk atau brand.

Pertanyaan-pertanyaan umum di dalam laman ini akan langsung memiliki jawaban, jadi pengunjung hanya tinggal klik untuk mengetahui jawaban pertanyaan mereka. Apabila tidak menemukan pertanyaan sesuai dapat menggunakan kolom tanya.

Di kolom tanya pengunjung dapat mengajukan pertanyaan belum ada didaftar dan nantinya akan dijawab oleh pihak admin. Jawaban dapat melalui pesan singkat, email, atau berbagai cara lainnya.

Manfaat Memiliki Halaman FAQ di Website Usaha

Bagi Sobat Lakuuu yang sedang atau ingin membuat website resmi untuk usaha, harus tahu cara membuat halaman FAQ agar bisa membuat sebaik mungkin. Selain itu, keberadaan laman ini juga akan sangat membantu mempromosikan usaha dan bermanfaat sebagai:

1.  Mendidik pembeli sehingga pelanggan dapat bekerja lebih cepat dan efisien dalam langkah perjalanan pembelian.

2.  Halaman FAQ menjadi aset SEO dan PPC sehingga meningkatkan relevansi situs Sobat Lakuuu. Jadi, jangan heran jika nanti situs tersebut akan banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

3.  Membangun otoritas sebagai pemimpin karena menampilkan pengetahuan Sobat Lakuuu terhadap masalah pelanggan.

4.  Membuat pelanggan merasa nyaman karena laman FAQ merupakan layanan pelanggan proaktif yang mengantisipasi kebutuhan pelanggan sebelum diminta.

5.  Membuat pelanggan tidak repot dan dapat menghemat waktu mereka.

Jadi, kalau website Sobat Lakuuu masih belum punya halaman tanya jawab ini harus segera membuatnya. Sebab akan sangat bagus untuk promosi dan meningkatkan penjualan serta membuat brand semakin dikenal.

Cara Membuat Halaman FAQ yang Baik

Karena pentingnya membuat laman tanya jawab di situs usaha, maka Sobat Lakuuu harus tahu bagaimana cara pembuatannya yang baik dan benar. Jika mengikuti langkah berikut, maka dijamin laman tanya jawab Sobat Lakuuu menjadi layanan yang benar-benar proaktif:

1.
  Cari Tahu Pertanyaan yang Sering Diajukan Konsumen

Langkah awal pembuatan adalah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan dimasukkan pada page FAQ. Pertanyaan-pertanyaan tersebut haruslah fokus kepada kebutuhan konsumen.

Sobat Lakuuu harus cari tahu apa masalah yang bersifat umum dan berkaitan dengan produk, kemudian mengumpulkan pertanyaan dari konsumen produk tersebut. Misalnya, produk gadget, maka cari hal-hal yang berkaitan.

Contoh pertanyaannya; Bagaimana cara klaim garansi sebuah produk, di mana saja bisa melakukan klaim garansi, atau bagaimana cara perbaikan kecil jika terjadi error. Pastikan Sobat Lakuuu juga menyertakan jawaban singkat, padat, dan jelas.

2.  Buat Tampilan yang Menarik

Langkah selanjutnya dalam cara membuat halaman FAQ adalah memastikan tampilan laman menarik. Sobat Lakuuu bisa membuat tampilan yang unik dan bisa menarik pelanggan, misalnya dengan bermain pada warna atau font.

Sebab tampilan membosankan akan membuat pelanggan enggan dan tidak mau berkunjung. Namun, juga tidak boleh berlebihan sehingga membuat sakit mata pelanggan yang berkunjung.

3.
  Pakai Bahasa yang Mudah Dipahami

Pemilihan bahasa juga harus diperhatikan, gunakan bahasa yang kurang dipahami. Untuk menentukannya, Sobat Lakuuu harus tahu dahulu segmentasi pasar dituju, apabila kalangan menengah ke atas bisa gunakan bahasa bisnis dan lebih baku.

Namun, jika konsumennya adalah anak mudah ganti bahasa dengan yang lebih santai dan gunakan istilah kekinian. Dengan begitu konsumen akan lebih nyaman dan mudah dalam mencari informasi.

4.  Perhatikan Cara dan Kecepatan Menjawab Pertanyaan

Sobat Lakuuu juga harus memperhatikan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan diajukan, sebaiknya gunakan penjelasan singkat dan jelas. Selain itu, jangan menunda-nunda menjawab pertanyaan, paling lama 2x24 jam pelanggan sudah dapat jawaban.

5.  Lakukan Update Secara Berkala

Langkah terakhir yang juga tidak kalah penting adalah selalu melakukan pembaharuan, Sobat Lakuuu bisa menambahkan pertanyaan-pertanyaan baru secara berkala dan membuat pertanyaan kurang membantu.

Buatlah catatan pertanyaan baru sering muncul dan kelompokkan pada kategori-kategori tertentu agar pelanggan mudah mencarinya. Semakin mudah, maka pelanggan akan makin betah.

Membuat sebuah laman tanya jawab ternyata tidak sesulit yang Sobat Lakuuu kira sebelumnya, bahkan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Jadi, mulailah langkah awal cara membuat halaman FAQ dan tingkatkan promosi usaha untuk raih keuntungan maksimal.