Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Jitu Halaman Website Masuk Ranking Pertama di Google

by Lakuuu 25 January 2022

halaman-website-masuk-ranking-pertama-di-google
Maaf harus mengatakan ini, tapi fakta yang dilansir smallbizgenius.net mengatakan bahwa sebanyak 75% pengguna internet dunia hanya memerhatikan hasil pencarian pada halaman Pertama mesin pencarian, dalam hal ini adalah Google.

Untuk memasukkan halaman website ke halaman utama mesin pencari gampang-gampang sulit. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan, dan ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tapi, bukannya tidak mustahil, ya.

Bagi Sobat Lakuuu yang ingin memasukkan halaman websitenya ke halaman utama mesin pencari, simak terus artikel ini ya.

5+ Cara Agar Website Masuk ke Halaman Utama Mesin Pencari

Ada banyak keuntungan jika halaman website Masuk ke dalam halaman utama mesin pencari. Salah satunya adalah mendatangkan lebih banyak leads dari pengguna internet yang menciptakan peluang untuk mengadakan transaksi.

Selain itu, semakin banyak pengguna yang meng-klik halaman website Sobat Lakuuu, besar potensinya website tersebut untuk direkomendasikan ke para pengguna lainnya yang mencari kata kunci yang serupa. Berikut 5+ tips yang bisa dilakukan,

1.    Melakukan tes kecepatan website

Sadar atau tidak, kecepatan website sangat mempengaruhi website agar masuk ke halaman Pertama mesin pencarian, loh! Dengan demikian, penting untuk meningkatkan kecepatan loading di dalam website, agar muncul di tampilan awal Google.

Adapun hal yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan keseluruhan file yang terdapat di dalam website, tidak memengaruhi kecepatan loading website. Lalu, sangat disarankan untuk mengkompres file gambar yang digunakan di dalam website.

2.    Buat website menjadi mobile-friendly

Kenapa website haruslah mobile-friendly? Dilansir Statista, pada tahun 2019 sebanyak 51% traffic website dunia diakses melalui perangkat mobile. Itu artinya, semakin banyak orang yang lebih memilih mengakses suatu website dengan menggunakan smartphone mereka.

Dengan demikian, penting untuk memerhtikan kecepatan website melalui perangkat smartphone juga.

Hal di atas didukung juga oleh pihak Google menetapkan keepatan loading website sebagai salah satu faktor penting ranking website.

3.    Usahakan untuk memasang SSL Certificate

Bagi Sobat Lakuuu yang Masih awam dengan SSL Certificate, SSL Certificate merupakan komponen yang dibutuhkan untuk mengenkripsi transfer data dalam website.

Tidak hanya sebagai pelindung keamanan website, SSL Certificate juga menjadi salah satu indikator ranking website di Google.

Sobat Lakuuu pasti sering menjumpai beberapa website yang bertuliskan “not secure” atau “website tidak aman untuk diakses”, ya kan? Tulisan itu muncul karena pemilik wesbite tidak memasukkan dan menggunakan SSL Certificate.

Dengan demikan, kehadiran SSL Certificate ini sangat penting jika Sobat Lakuuu ingin halaman website Masuk ke halaman Pertama teratas mesin pencari.

4.    Integrasikan website dengan Analisis Google

SEO tidak akan lengkap tanpa kehadiran Google Analytics. Google Analytics memungkinkan para pengelola website untuk mengetahui performa pada masing-masing halaman.

Selain itu, Google Analytics juga berfungsi untuk mendapatkan database dari pengguna yang mengakses website.

Jika dilihat, mungkin Google Analytics tidak langsung mempengaruhi kinerja atau performa website untuk Masuk ke dalam mesin pencarian teratas. Tapi, dengan memanfaatkan Google Analytics, Sobat Lakuuu menjadi tahu konten apa yang diminati oleh pengguna internet.

Tidak hanya itu, Sobat Lakuuu bisa menarik data dan membuat database, sehingga dapat digunakan untuk mengadakan evaluasi konten, further campaign, dan hal lain yang berhubungan dengan marketing dan brand awareness.

5.    Melakukan riset keyword

Kenapa ya website Sobat Lakuuu tidak masuk ke dalam halaman Pertama mesin pencari? Salah satu alasannya adalah kurangnya melakukan riset keyword atau kata kunci pada konten atau halaman website.

Ada tiga faktor utama dalam menentukan keyword yang tepat, yaitu volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, dan yang ketiga adalah SERP.

Volume pencarian dan tingkat kesulitan merupakan tingkat volume dari satu kata kunci yang digunakan dalam mesin pencari.

Semakin tinggi volume pencariannya, maka semakin tinggi juga kompetisi yang akan Sobat Lakuuu hadapi untuk memunculkan halaman website di dalam Daftar utama mesin pencari.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan riset terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk memiliki kata kunci yang sesuai.

Search Engine Result Page (SERP) merupakan istilah untuk menyebutkan 10 halaman website teratas pertama di dalam hasil mesin pencarian untuk kata kunci tertentu.

Dengan cara ini, Sobat Lakuuu bisa mempelajari konten dari website lain dan mengadaptasinya ke dalam website Sobat Lakuuu.

6.    Buat konten yang informatif dan evergreen

Jangan lupa, walaupun Sobat Lakuuu sudah melakukan berbagai task di atas, konten adalah yang Nomor satu.

Jika konten yang disuguhkan tidaklah menarik, dan para pengguna tidak mendapatkan jawaban atas permasalahan atau pertanyaan yang ia hadapi, maka besar kemungkinan website untuk jarang ditampilkan di mesin pencari.

Dengan demikian, membuat konten yang informatif dan evergreen—informasinya bisa digunakan dalam waktu jangka panjang—menjadi poin Penting untuk dilakukan.