Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Selamat Hari Guru! Yuk Rayakan dengan 7 Cara Ini

by Lakuuu - 25 November 2021

hari-guru
Setiap tanggal 25 November ucapan selamat hari guru selalu menjadi topik utama di semua media baik analog maupun digital. Memang tanggal tersebut berbeda dengan peringatan internasional yang jatuh pada 5 oktober.

25 November dijadikan hari guru di Indonesia karena bertepatan dengan hari lahirnya organisasi persatuan guru republik Indonesia. Jadi ini sudah sesuai dengan keppres no 78 tahun 1994.

Peringatan hari penting ini juga dilakukan secara berbeda dari satu daerah dengan lainnya. Selalu saja ada keunikan tersendiri yang membuatnya selalu ditunggu tidak hanya bagi guru namun juga insan pendidikan nasional.

Bagi seorang insan pendidikan tentu saja mengucapkan selamat saja bisa terasa membosankan dan kurang memberikan impact. Jadi ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar lebih bermakna.

Tentu saja kita perlu melihat situasi new normal karena sekarang tidak bisa disamakan dengan kondisi sebelum pandemi. Tidak boleh melanggar protokol demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

Memang sepertinya semakin terbatas namun sebenarnya tidak juga karena sudah ada media digital. Ini dapat menjadi salah satu platform kreatif agar Sobat Lakuuu bisa merayakan dengan cara unik.

Apa saja yang bisa dilakukan agar peringatan hari penting ini tidak membosankan. Perhatikan ulasan berikut ini sehingga dapat menjadi salah satu inspirasi dan memberikan dampak besar.

Bosan Hanya Ucapkan Selamat Hari Guru, Lakukan Ini

Ada empat hal yang mampu memberikan dampak nyata ketika peringatan ini dilakukan. Semoga beberapa referensi ini dapat diimplementasikan dan menjadi pilihan tepat bagi Sobat Lakuuu.

1. Galang Donasi

Ternyata tidak semua tenaga pendidik di Indonesia sudah sejahtera terutama ketika dilihat dari aspek ekonomi. Masih banyak guru honorer yang sampai sampai sekarang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Jika melihat data statistik jumlahnya tentu bisa membuat hati merasa cukup miris. Oleh karena itu adanya penggalangan dana untuk tenaga pendidik dengan kondisi ekonomi lemah perlu dilakukan.

Meskipun hanya satu kali dalam satu tahun namun setidaknya bantuan ini akan berdampak lebih besar. Jika ucapan selamat hari guru hanya di mulut saja namun bantuan dana bisa mencukupi perut.

2. Melakukan Orasi

Hak untuk menyampaikan pendapat secara publik dilindungi oleh hukum negara. Oleh karena itu menyampaikan orasi damai pada pemerintah boleh dilakukan untuk memperingati hari ini.

Karena suasana sedang dalam pandemi tentu saja orasi tidak harus dilakukan secara langsung. Sobat Lakuuu bisa membuat forum daring terbuka dan melakukan tag pada pemerintah.

3. Membuat Petisi

Masih terkait dengan kesejahteraan guru honorer yang membuat hati menjerit. Sobat Lakuuu bisa membuat sebuah petisi sebagai langkah untuk membantu meningkatkan kemakmuran pahlawan kita.

Guru sudah bukan lagi pahlawan tanda jasa, karena mereka juga memiliki keluarga yang perlu dicukupi kebutuhannya. Tidak hanya guru honorer saja namun di lapangan masih banyak terjadi ketimpangan kesejahteraan.

4. Mendirikan Organisasi Charity

Mendirikan organisasi charity yang khusus membantu tenaga pendidik kurang mampu adalah langkah dengan dampak masif. Ini tidak hanya membantu kawasan lokal saja namun seluruh Indonesia.

Dengan empat langkah tersebut hari guru tidak hanya menjadi ritual tahunan yang dilupakan esok harinya. Ada dampak nyata yang bisa dibuat dengan langkah kongkrit sehingga mampu mengangkat derajat mereka.

Ganti Ucapan Selamat Hari Guru dengan Karya Nyata

Membuat karya sebagai bentuk simpati dan kepedulian pada tenaga pendidik adalah tindakan terpuji. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sehingga karya tersebut tidak lekang dimakan waktu.

1. Film Pendek

Membuat film pendek dapat menjadi salah satu bentuk penyampaian aspirasi paling berkesan. Selain dapat dinikmati kalangan luas karya seperti ini juga tidak akan hilang jejaknya.

Semakin sering menyampaikan aspirasi seperti ini pasti akhirnya akan didengar oleh pemerintah. Akhirnya guru tidak lagi harus menjadi seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

2. Lagu

Ini adalah salah satu bentuk karya seni yang paling banyak diminati oleh manusia. Cara menikmatinya mudah dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengapresiasinya.

Lagu dapat menjadi bentuk penyampaian pesan baik itu rasa terimakasih, empati, maupun dukungan pada tenaga pendidik. Jadi ini dapat menjadi salah satu referensi menggantikan ucapan selamat hari guru.

3. Puisi

Membuat puisi bisa menjadi salah satu alternatif apabila karya seni sebelumnya dirasa terlalu sulit dibuat. Jadi Sobat Lakuuu bisa mencurahkan perasaannya dari untaian kata indah.

Proses pembuatannya juga relatif lebih mudah dibandingkan karya lainnya. Jadi bentuk terima kasih tetap dapat tersampaikan tanpa harus terhalang kemampuan berkarya.

Ketiga bentuk karya tersebut tentu bisa menjadi referensi untuk memperingati hari pahlawan yang sampai sekarang terus beregenerasi. Selalu ingat jasa mereka karena bagaimanapun seseorang tidak akan berhasil tanpa seorang pendidik.

Selamat Hari Guru, Pembangun Insan Cendekia

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa lirik pahlawan tanpa tanda jasa sudah diubah pada tahun 2007. Kalimat tersebut diganti menjadi pembangun insan cendekia berdasarkan surat edaran PGRI No:447/Um/PB/XIX/2007.

Jadi menghilangkan kalimat pahlawan tanpa tanda jasa memiliki tujuan tersendiri. Sangat sering arti pahlawan tanpa tanda jasa diartikan bahwa guru tidak membutuhkan imbalan atas jasanya.

Padahal sebagai seorang manusia mereka juga memiliki keluarga yang butuh dinafkahi setiap hari. Tanpa tanda jasa seolah-olah membuat para tenaga pendidik memiliki profesi sebelah mata saja.

Dengan mengganti menjadi pembangun insan cendekia artinya jasa dari tenaga pendidik dapat lebih dihargai. Tanpa mereka kita tidak bisa menulis dan membaca, tidak tahu bagaimana cara mengembangkan ilmu.

Ini adalah salah satu bentuk nyata untuk para guru di seluruh Indonesia. Tentu dampaknya tidak hanya sekedar dukungan moral saja. Berbagai pihak kemudian membuka mata pada potret guru terutama honorer.

Sekarang giliran Sobat Lakuuu untuk melakukan aksi nyata mendukung pahlawan kita. Buatlah sesuatu agar bisa menjadi ucapan selamat hari guru yang dikenang dan bermanfaat selamanya.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...