Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Mengetahui Awal Mula Hari Penyandang Cacat Sedunia

by Lakuuu 3 December 2021

hari-penyandang-cacat-sedunia
Hari penyandang cacat atau hari disabilitas Internasional telah digalakkan sejak tahun 1992 oleh PBB. Tujuan perayaan ini adalah untuk mendorong pemahaman yang lebih baik tentang orang cacat.

Peringatan ini juga bertujuan untuk membantu membuat orang lebih sadar akan hak, harkat, dan kesejahteraan para disabilitas. Diharapkan semua orang dapat meningkatkan kesadaran tentang manfaat mengintegrasikan orang dengan kebutuhan khusus ke dalam setiap aspek kehidupan.

Perayaan ini tidak hanya diperuntukan secara eksklusif untuk orang-orang cacat mental atau fisik, melainkan mencakup semua disabilitas, mulai dari Autisme, Down Syndrome, hingga Multiple Sclerosis.

Tujuan Mulia dari Peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional

Hari Disabilitas telah dibuat agar semua masyarakat dunia dapat berpikir tentang bagaimana dapat menciptakan masyarakat inklusif dan memenuhi kebutuhan semua orang. Lima belas persen dari populasi di seluruh dunia memiliki beberapa bentuk disabilitas.

Meskipun dunia telah mengambil beberapa langkah maju dalam hal aksesibilitas dan memastikan bahwa penyandang disabilitas dapat menjalani kehidupan sebaik mungkin, masih ada beberapa langkah penting.

Hari penyandang cacat memberi suatu kesempatan sempurna untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang disabilitas. Ada banyak jenis disabilitas, dapat digolongkan ke dalam 21 kategori.

Ini termasuk penyakit mental, kecacatan intelektual, gangguan pendengaran, kebutaan, dan banyak lagi. Sangat membantu untuk mempelajari tentang kondisi ini sehingga kita tahu bagaimana kita dapat membantu setiap disabilitas.

Tidak hanya memastikan bahwa penyandang disabilitas dapat bepergian dengan mudah, tetapi juga berarti aksesibilitas dalam hal dapat memiliki akses ke pekerjaan yang berbeda. Ada banyak cara agar semua masyarakat dapat membantu dan berperan dalam hal ini.

Sejarah Dikenalnya Hari Penyandang Cacat Sedunia

Semuanya dimulai pada tahun 1976, ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat keputusan bahwa 1981 harus menjadi tahun internasional bagi penyandang cacat di seluruh dunia.

Lima tahun antara pengambilan keputusan itu dan tahun penyandang cacat dan sebenarnya dihabiskan untuk merenungkan kesulitan orang berkebutuhan khusus. Bagaimana kesempatan para disabilitas dapat disamakan.

Bagaimana memastikan penyandang cacat mengambil bagian sepenuhnya dalam kehidupan masyarakat menikmati semua hak dan manfaat yang dimiliki warga non-disabilitas. Isu lainnya adalah bagaimana pemerintah dunia bisa mencegah kecacatan pada manusia.

Begitu banyak pembicaraan tentang virus dan penyakit lain yang menyebabkan berbagai jenis disabilitas. Dekade antara 1983 dan 1992 kemudian diproklamasikan sebagai Dekade Penyandang Disabilitas Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Selama waktu itu, semua konsep sebelumnya telah dibuat menjadi bagian dari satu proses panjang yang diterapkan dalam rangka meningkatkan kehidupan penyandang cacat di seluruh dunia.

Perayaan Hari Penyandang Cacat di Dunia

Sejak tahun 1992, setiap tahunnya, banyak negara mengadakan berbagai acara perayaan hari disabilitas. Perayaan ini digunakan untuk berdiskusi, forum dan kampanye yang berhubungan dengan para disabilitas. Masyarakat didorong untuk menyelenggarakan berbagai acara.

Acara tersebut dapat berkisar dari menjadi tuan rumah musikal hingga pertunjukan, dengan melibatkan orang-orang cacat. Tujuan keseluruhan adalah agar masyarakat tahu bahwa orang cacat juga dapat hidup berdampingan dengan yang lain.

Sebuah fakta yang cukup menyedihkan adalah bahwa tidak semua orang sehat memahami hal ini. Inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai diskriminasi yang bisa dialami oleh penyandang disabilitas.

Di sisi lain ada banyak manfaat acara ini bagi orang cacat. Seperti dapat menunjukkan kepada diri sendiri bahwa mampu untuk melakukan banyak hal, terlepas dari kondisi kecacatan yang dialaminya.

Peringatan hari penyandang cacat bisa sebagai sarana peningkatan harga diri dan menghindari berbagai masalah mental, contohnya seperti depresi. Sejak awal perayaan ini merupakan sebuah ide yang sangat mulia.

Secara umum, acara semacam ini bertujuan untuk menghilangkan berbagai asumsi buruk sehingga penyandang disabilitas dapat memiliki kehidupan bebas dari berbagai kesulitan dan diskriminasi.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan pada Peringatan Hari Disabilitas

Setiap tahun diperingati ada penekanan pada aspek baru, berkaitan dengan peningkatan kehidupan orang cacat. Pada tahun 2007, misalnya, tema pada tahun itu adalah “Pekerjaan yang Layak untuk Penyandang Disabilitas”.

Pada tahun 2013, hari penyandang cacat internasional diberi tema “Hilangkan Batas, Buka Pintu Untuk Masyarakat yang Inklusif”. Seruan untuk membantu orang cacat hidup dalam masyarakat inklusif di setiap negara.

Hal ini juga ditujukan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat diakses sebaik mungkin bagi penyandang disabilitas. Sobat Lakuuu dapat memastikan pada setiap bangunan dapat diakses kursi roda hingga memasang braille pada tombol lift.

Hal lainnya adalah membantu seseorang yang membutuhkan. Sobat Lakuuu dapat menyewa kendaraan mobilitas. Sebuah kendaraan mobilitas dirancang untuk membantu orang-orang dengan satu jenis kecacatan.

Tetapi ada hal-hal tertentu yang perlu Sobat Lakuuu ketahui untuk menyewa kendaraan mobilitas. Kendaraan WAV memiliki berbagai ukuran dan bentuk. Sangat penting untuk memilih sesuai dengan kebutuhan orang yang akan dibantu.

Masih banyak lagi yang dapat Sobat Lakuuu lakukan untuk membantu orang cacat. Peringatan internasional ini akan sangat membantu teman-teman berkebutuhan khusus yang membutuhkan. Hari penyandang cacat harus dilestarikan demi tujuan yang mulia.