Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Hati-Hati! Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beli Barang Bekas

by Lakuuu - 25 May 2022

hati-hati-perhatikan-5-hal-ini-sebelum-beli-barang-bekas
Membeli barang tidak harus selalu baru, ya kan? Sobat Lakuuu bisa memilih untuk membeli produk barang bekas dengan kualitas yang masih baik dan harga yang sangat terjangkau.

Bagi Sobat Lakuuu yang ingin membeli produk barang bekas untuk pertama kalinya, simak informasi berikut ini. 

Alasan Kenapa Banyak Orang Membeli Barang Bekas


Ada berbagai alasan kenapa sebagian orang memilih untuk membeli barang bekas daripada membeli produk baru.

Alasan pertama biasanya karena on-budget dan urgency yang tinggi. Misalnya, Sobat Lakuuu sangat membutuhkan laptop A karena spesifikasinya yang cocok untuk menunjang kelancaran produktivitas kerja. Namun sayangnya, karena harga produk barunya yang tinggi, Sobat Lakuuu mencari alternatif dengan membeli laptop A second-hand.

Alasan lain kenapa orang lebih membeli barang bekas adalah karena adanya penurunan nilai jual setelah digunakan. Misalnya saja mobil. Saat Sobat Lakuuu membeli mobil baru, mungkin harganya akan sangat mahal. Namun, saat mobil tersebut hendak dijual, harga pasar mobil pasti akan mengalami penurunan. Tentu saja Sobat Lakuuu akan rugi besar.

Itulah sebabnya, kenapa banyak orang memilih untuk membeli barang bekas dengan harga yang sangat terjangkau, tapi dengan kualitas yang baik.


5 Tips Membeli Barang Bekas


Saat membeli produk bekas, Sobat Lakuuu tidak bisa asal memilih. Ada banyak kejadian dimana produk bekas seperti otomotif dan smartphone yang mesin utamanya (mesin originalnya) diganti dengan mesin abal-abalan (kualitas KW).

Supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan di atas, berikut 5 tips yang bisa Sobat Lakuuu lakukan sebelum membeli barang bekas.

  1. Beli Dari Toko atau Orang Terpercaya

Sobat Lakuuu bisa meminta referensi ke teman atau keluarga untuk merekomendasikan penjual atau toko yang menjual produk barang bekas dengan kondisi baik dan harga yang terjangkau.

Biasanya orang-orang yang memberikan referensi, sudah membuktikan sendiri kredibilitas dan kualitas dari sang penjual. Sehingga, mereka tidak ragu untuk memberikan rekomendasi,

Adapun cara lain yang bisa dicoba adalah dengan membeli dari kerabat dekat yang kebetulan menjual produk yang Sobat Lakuuu inginkan.

2. Perhatikan Tahun Produksi Barang Bekas

Memerhatikan tahun produksi atau tahun pembuatan juga sangat perlu dilakukan sebelum membeli barang bekas, khususnya bagi Sobat Lakuuu yang hendak membeli mobil atau sepeda motor.

Sebelum membeli, pastikan Sobat Lakuuu sudah tahu kapan produk itu diproduksi. Ini akan membantu Sobat Lakuuu dalam menawar harga, sekaligus mengetahui usia dan kelayakan mobil untuk dikendarai di jalanan.

3. Selalu Bandingkan Harga Pasar

Tidak sedikit orang yang menjual barang bekas dengan harga produk baru. Ini tentu saja salah. Maka dari itu, Sobat Lakuuu harus pintar-pintar dalam memperhatikan harga di pasaran.

Cobalah untuk membandingkan harga di pasaran dengan produk dan kondisi yang sejenis. Jika terlalu mahal dari harga pasar, Sobat Lakuuu berhak untuk menawar nya menyesuaikan dengan harga pasar.

Di samping itu, jangan berpatokan hanya pada satu penjual saja. Siapa tahu, ada harga ideal dengan kondisi yang bagus yang siap untuk dipindah tangankan.

4. Gunakan Metode COD

Sobat Lakuuu, jangan pernah menyetujui untuk menggunakan transfer bank sebagai metode pembayaran produk barang bekas, khususnya tanpa ada perantara atau pihak penengah (di luar e-commerce).

Jika Sobat Lakuuu dan sang penjual berada di wilayah yang sama, tidak ada salahnya untuk langsung COD atau cash-on-delivery. Atau, Sobat Lakuuu bisa datang ke toko penjual dan melihat langsung kondisi barangnya.

Tapi, jika Sobat Lakuuu dan penjual berbeda daerah, Lakuuu sarankan untuk menggunakan e-commerce untuk mencegah adanya tindakan penipuan online.

5. Pastikan Juga Reputasi Penjual Baik

Poin ini berlaku khususnya bagi Sobat Lakuuu yang membeli produk barang bekas melalui online. Jangan tergiur dengan harganya nya yang jauh di bawah harga pasar. Pastikan terlebih dahulu toko memiliki ulasan dan reputasi yang baik.

Sobat Lakuuu bisa melihat beberapa ulasan dari para pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi ke toko tersebut. Lihat juga penilaian reputasi toko secara keseluruhan yang biasanya akan muncul di bagian informasi toko.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...