Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Berbagai Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang

by Lakuuu Team 6 October 2021

hobi-untuk-mengisi-waktu-luang
Saat waktu luang mungkin Sobat Lakuuu akan menghabiskannya untuk bersantai sembari membuka media sosial. Lalu jika sudah bosan, hal apa lagi yang ingin Sobat Lakuuu lakukan? Inilah saatnya Sobat Lakuuu menemukan hobi yang lebih bermanfaat agar waktu luang menjadi lebih produktif. 

Dengan melakukan hobi yang bermanfaat, maka akan membuat waktu luang Sobat Lakuuu tidak terbuang sia-sia. Terlebih lagi jika hobi yang Sobat Lakuuu lakukan berkaitan dengan hal-hal yang berbau positif.

5 Hobi Yang Bermanfaat Untuk Dilakukan Untuk Mengisi Waktu Luang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of California tahun 2015 menyebutkan. Bahwa orang-orang yang mengisi waktu luang mereka dengan berbagai kegiatan positif terbukti lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Berikut ini beberapa kegiatan produktif yang bisa Sobat Lakuuu jadikan hobi untuk mengisi waktu luang.

  • Membaca

Selain bisa memberikan hiburan, membaca juga dapat menambah wawasan yang Sobat Lakuuu miliki. Jika Sobat Lakuuu memiliki beberapa koleksi buku yang belum sebelumnya belum sempat dibaca, maka inilah saatnya untuk menyelesaikannya. 

Sobat Lakuuu juga tidak harus selalu membeli buku baru, karena saat ini Sobat Lakuuu dapat mendownload kumpulan buku di ebook. Sobat Lakuuu juga dapat meminjam buku versi digital melalui perpustakaan online.

  • Memasak

Memasak juga menjadi salah satu pilihan hobi yang murah  serta menyenangkan loh, apalagi jika hasil masakan bisa dinikmati bersama dengan orang-orang terkasih. Jika Sobat Lakuuu sebelumnya belum terbiasa memasak, maka mulailah dengan membuat menu-menu masakan sederhana.

Saat ini untuk belajar memasak tidaklah serumit dahulu dimana Sobat Lakuuu harus mencari resep di majalah atau koran. Sobat Lakuuu tinggal mencari menu yang akan dimasak melalui google atau dengan mencari videonya melalui Youtube. Sobat Lakuuu bisa mencari resep menu-menu makanan dari yang mudah hingga yang paling kompleks.

  • Olahraga

Meskipun olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan secara rutin, nyatanya masih banyak orang belum melakukannya. Tetapi semenjak adanya pandemic ini, banyak masyarakat lebih terdorong untuk menjalankan pola hidup sehat seperti dengan melakukan hobi yang bermanfaat ini.

Beberapa olahraga yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk mengisi waktu luang adalah fitness, bersepeda, futsal bersepeda dan masih banyak lagi. Disamping bermanfaat, kegiatan ini juga membuat tubuh Sobat Lakuuu menjadi lebih sehat.

  • Menulis

Seperti halnya dengan membaca, menulis merupakan kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain dapat mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi, hobi yang murah ini juga dapat meningkatkan mood hingga mengurangi stress dan depresi serta membuat tekanan darah menjadi stabil.

Sobat Lakuuu bisa menulis apa saja baik cerpen, novel, puisi dan lainnya sesuai dengan keinginan. Cobalah memulainya dengan mengekspresikan apa yang saat ini sedang Sobat Lakuuu rasakan. Kemampuan bahasa yang dimiliki juga semakin terasah dengan kebiasaan menulis.

  • Berkebun

Meskipun tidak banyak orang yang menyukai kegiatan ini, nyatanya berkebun bisa meningkatkan rasa percaya diri Sobat Lakuuu dan mengurangi stress. Dari segi kesehatan berkebun juga menjadi kegiatan yang bermanfaat, mulai dari jantung menjadi lebih sehat, mengurangi tekanan darah tinggi, daya tahan tubuh meningkat dan masih banyak lagi.

Dengan berkebun, juga dapat melatih tangan Sobat Lakuuu menjadi lebih cekatan. Sobat Lakuuu bisa menanam Bunga, buah-buahan ataupun sayur-sayuran.

Itulah beberapa hobi yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk mengisi waktu luang. Tentunya dengan melakukan berbagai kegiatan positif menjadi sebuah me time yang baik untuk kesehatan mental dan fisik Sobat Lakuuu. Sobat Lakuuu bisa memilih apa saja hobi yang murah dan memang disukai untuk dilakukan secara konsisten.