Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Ingin Sukses Berjualan Piyama? Intip 10+ Tips Ini

by Lakuuu - 24 May 2022

ingin-sukses-berjualan-piyama-intip-10-tips-ini
Piyama bukan lagi sekedar pakaian yang dikenakan untuk tidur semalaman. Beberapa pengamat fashion kini telah mengubah baju tidur menjadi bagian dari OOTD atau Outfit of The Day yang tidak hanya trendi tapi juga menarik.

Dalam artikel ini LAKUUU akan membahas lebih dari 10 tips berbisnis baju tidur yang bisa langsung dipraktikkan. Apa saja tips dan trik tersebut? Simak informasinya berikut ini.

10+ Tips dan Trik Berjualan Baju Tidur


Mengingat berbisnis baju tidur cukup menjanjikan, simak 10+ tips dan trik berjualan baju tidur di bawah ini.

  1. Buatlah Perencanaan dan Tujuan Bisnis yang Matang

Berbisnis piyama membutuhkan perencanaan yang jelas. Seperti apa bisnis ini di masa depan. Apa saja hal-hal yang harus dilakukan, dan apa goal atau target yang diinginkan.

Memulai bisnis tidak bisa sekedar hanya karena ikut-ikutan. Seseorang yang memulai bisnis tidak boleh latah.

Sebagian besar bisnis yang gulung tikar disebabkan karena mereka tidak memiliki rencana yang matang, atau sekedar ikut-ikutan. Sehingga dana dan waktu menjadi terbuang sia-sia.

Selain itu, Sobat Lakuuu sebagai pemilik bisnis juga wajib untuk menyiapkan diri secara mental, mengingat akan ada saja tantangan sulit yang harus dilalui ke depannya.

2. Perhitungankan Modal Usaha yang Dikeluarkan

Merencanakan modal bisnis harus diperhitungkan secara seksama. Jika Sobat Lakuuu memiliki kenalan yang menjalankan bisnis serupa, Sobat Lakuuu boleh menanyakan kisaran modal yang mereka keluarkan untuk menyetok produk.

Tapi, jika Sobat Lakuuu tidak memiliki budget yang cukup untuk menyetok barang, opsi menjadi seorang dropshipper bisa dipertimbangkan.

3. Cari dan Kerjasama dengan Suplier

Ada banyak supplier di luar sana yang bisa Sobat Lakuuu ajak kerjasama. Carilah supplier yang tidak hanya menawarkan harga khusus kerjasama, tapi juga supplier yang memiliki kualitas produk baju tidur yang baik.

4. Perhatikan Kualitas Produk


Poin ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Adapun cara untuk menguji kualitas produk baju tidur supplier adalah dengan membeli piyama dalam jumlah yang kecil. Gunakan baju itu setiap malam dan cuci piyama seperti biasa.

Lakukan testing ini untuk beberapa bulan dan lihat apakah produk tersebut masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika masih dalam keadaan baik, jalinlah kerjasama dengan vendor tersebut.

5. Perbanyak Referensi Model Piyama

Setiap pembeli menginginkan model piyama yang berbeda-beda. Beberapa ada yang ingin piyama motif, dan tak sedikit juga yang menginginkan piyama warna polos. Dengan memperbanyak referensi, Sobat Lakuuu meningkatkan peluang terjadinya transaksi.

6. Membuat Website Bisnis

Kenapa harus bikin website? Kehadiran website untuk bisnis memberikan sejumlah keuntungan. Salah satunya adalah meningkatkan kredibilitas brand. Selain itu, website juga sangat bermanfaat untuk memaksimalkan strategi digital marketing.

Untuk bisnis baru, Sobat Lakuuu bisa mencari jasa pembuat website yang mudah dioperasikan dan affordable.

7. Optimasi Media Sosial

Media sosial adalah salah satu tempat ideal untuk para pebisnis yang ingin melakukan brand dan product awareness. Sobat Lakuuu bisa membuat konten yang berhubungan dengan baju tidur, memperkenalkan brand, hingga membangun hubungan yang baik dengan audiens.

8. Buat Strategi Marketing

Salah satu strategi yang tidak boleh luput dari pandangan adalah strategi pemasaran. Bagaimana nantinya produk akan dipasarkan. Berapa budget yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran, membuat campaign, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pemasaran produk.

9. Bekerjasama atau Berkolaborasi dengan KOL/Influencer

Bekerjasama dengan KOL atau influencer bisa menjadi salah satu strategi marketing yang bisa dicoba. Sobat Lakuuu bisa mengirimkan produk baju tidur ke influencer dan mintalah mereka untuk me-review produk Sobat Lakuuu.

Tapi perlu diingat, tugas dari KOL dan influencer ini hanyalah sebatas untuk memperkenalkan brand ke jangkauan yang lebih luas lagi, dan bukan bertujuan untuk meng-convert audiens menjadi pembeli.

10. Bangun Komunitas

Banyak pebisnis yang hanya berfokus untuk mencari keuntungan dan tidak memperlakukan audiens atau marketnya sebagai “manusia” Istilahnya, tidak memanusiakan manusia.

Bangun hubungan yang baik dengan market. Sapalah mereka dan jangan sungkan untuk memberikan produk piyama secara cuma-cuma. Jika ada konsumen yang berulang tahun, ucapkan selamat dan jangan pelit untuk memberikan gift voucher atau rewards.

11. Bergabung dengan E-commerce

Walau Sobat Lakuuu Sudah memiliki website bisnis sendiri, tidak ada salahnya untuk menyelam lebih dalam dengan bergabung ke beberapa e-commerce. Tujuannya adalah untuk membuka pintu transaksi yang lebih beragam, sehingga meningkatkan transaksi penjualan.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...