Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

15 Inspirasi Desain Cafe Kekinian

by Lakuuu 8 December 2021

inspirasi-desain-cafe-kekinian
Memilih desain cafe kekinian tidak hanya untuk para influencer instagram saja. Memang memiliki tempat nongkrong yang sering dikunjungi para influencer itu baik namun mereka bukanlah target pasar utama.

Seorang pemilik cafe tentunya harus membagi siapa saja kalangan yang nantinya diinginkan ada disitu. Jadi dengan menentukan target pasar proses desain interior bisa dilakukan secara optimal.

Karena perlu diketahui para calon konsumen terutama kaum muda tidak melihat dari apa menu dan layanannya. Justru tampilan luar dan bagaimana suasananya menjadi ujung tombak agar ramai dikunjungi.

Jadi para target pengunjung tersebut bisa terpukau dengan desain sehingga ada potensi mereka mencoba. Baru setelah mereka mencoba pemilik harus memperhatikan bagaimana kualitas menu dan pelayanannya.

Perlu diketahui juga bahwa target tertentu cukup nitpicking pada harga menu yang ada. Sehingga perlu dipertimbangkan berdasarkan siapa saja nantinya para konsumen dari cafe bersangkutan.

Jika hal seperti ini tidak diperhitungkan maka nantinya bisnis akan cepat gulung tikar. Karena menjadi sensasi semalam itu cepat, namun mempertahankan volume konsumen bisa membuat gatal kepala.

Kami akan memberikan 15 inspirasi berdasarkan tiga target pasar spesifik. Karena di Indonesia rata-rata pengunjung cafe hanya kalangan tertentu dan memiliki tujuan spesifik ketika mengunjunginya.

Desain Cafe Kekinian untuk Para Pemain Moba

Ini adalah kalangan pertama yang perlu diwaspadai, para pemburu wifi dengan kemampuan spending minimal. Mereka akan menghabiskan waktu cukup panjang namun sayangnya kapasitas konsumsinya kurang.

1. Industrial

Ini adalah salah satu tema paling cocok karena tidak membutuhkan terlalu banyak biaya membuatnya. Perlengkapan seperti meja kursi bisa terbuat dari besi tergantung bagaimana menatanya.

2. Gaming

Cafe dengan tema gaming sekarang sudah mulai banyak didirikan di Indonesia. Mengedepankan kenyamanan dan meja dibuat berkelompok karena gamer memang datang dalam jumlah cukup banyak.

3. Outdoor

Konsep outdoor saat ini menjadi pilihan paling tepat dan disukai para gamer. Mereka bisa lebih leluasa bertingkah tanpa perlu khawatir takut mengganggu pengunjung lainnya.

1. DNS

Ini adalah salah satu desain cafe kekinian paling profitable untuk target pasar gamer. Desain cafe dengan tema drink and snack bisa memberikan boosting pemasukan sehingga gamer tidak hanya memburu wifi saja.

2. Minimalis

Desain minimalis dapat menjadi pilihan karena proses pembuatan dan penataan sederhana. Ini juga cocok bagi konsumen yang suka datang berkelompok karena space terasa luas.

Kelima konsep tersebut tentunya bisa menginspirasi Sobat Lakuuu yang ingin membuka kedai dengan target pasar gamer. Jadi mereka bisa betah berlama-lama dan mau datang lagi kedua kalinya.

Desain Cafe Kekinian Cocok untuk Pacaran

Ini adalah salah satu target pasar yang cukup menguntungkan karena potensi spendingnya besar. Jadi buat cafe senyaman mungkin agar mereka mau datang berkali-kali ditempat Sobat Lakuuu.

1. Garden

Ini adalah desain paling sering digunakan dengan memadukan tempat nongkrong sekaligus taman. Untuk posting instagram juga bagus sehingga mampu memikat pelanggan lainnya.

2. Doll House

Biasanya cafe bertema doll house akan menjadi tujuan mereka yang sedang dimabuk asmara. Optimalkan hiasan berupa boneka yang sesuai dengan warna dan penataan ruangan.

3. Kontemporer

Beberapa pasangan juga menyukai desain cafe kekinian bertema indie. Sehingga barang unik wajib dijadikan pajangan sebagai pemikat mata agar target pasar tersebut tertarik mengunjunginya.

4. Classic

Jika ingin sedikit berbeda maka penggunaan tema clasic bisa menjadi pilihan. Dengan penataan ruangan bergaya eropa para pengunjung tentunya betah berlama-lama dan datang kembali.

5. Warm

Tonjolkan kesan hangat dalam ruangan agar suasananya bisa lebih romantis. Ini adalah salah satu cara agar para pasangan yang datang bisa merasa nyaman dalam ruangan.

Kelima desain tersebut tentu saja dapat menjadi solusi bagi Sobat Lakuuu yang hendak membuat cafe romantis. Jadi selain banyak dikunjungi juga bisa sering diposting di halaman media sosial.

Desain Cafe Kekinian untuk Salaryman

Ini adalah target pasar unik karena mereka bisa melakukan spending cukup tinggi. Selain itu durasi kunjungannya juga relatif singkat, namun ada juga beberapa yang bahkan “numpang” untuk bekerja.

Untuk para salaryman sebenarnya suasana ruangan adalah hal pertama yang diperhatikan. Karena rata-rata mereka menginginkan ketenangan dan situasi kondusif di dalamnya sehingga bisa membuat relaks.

1. Semi Bar

Ini adalah desain yang sekarang sedang banyak digunakan ketika waktu bukanya malam hari. Meletakkan bar stool di dekat counter membuat pelanggan bisa nyaman menikmati secangkir kopi.

2. Urban

Ini adalah salah satu konsep baru yang masih jarang diterapkan di dalam negeri. Meskipun baru tempat ngopi bergaya urban langsung menjadi primadona para pekerja kantoran.

3. Elegan

Bagi para pekerja kantoran yang lelah setelah seharian tentu tempat berteduh dengan tema elegan menjadi pilihan tepat. Ini adalah salah satu tema yang dapat digunakan untuk mendesain interior ruangan.

4. Traditional

Kadang mendesain ruangan dengan sentuhan tema tradisional justru memberikan nuansa berbeda. Ini adalah salah satu cara memikat target pasar seperti para pekerja kantoran dan paruh baya.

5. Panorama

Desain panorama tidak selamanya identik dengan taman dan keindahan alam. Bisa saja dengan memasang barang seni yang bisa menjadi salah satu sarana relaksasi otak para pekerja kantoran.

Menentukan tema dan desain dari sebuah cafe memang perlu disesuaikan dengan target pasar. Apabila sudah memahami bahwa konsumen potensial di sebuah lokasi adalah salaryman namun desainnya doll house tentu aneh.

Oleh karena itu Sobat Lakuuu sebagai business owner harus menentukan pilihan yang tepat. Agar nantinya desain cafe kekinian tidak hanya populer saja namun memberikan keuntungan maksimal.