Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Trik Menggunakan Instagram Reels untuk Promosi

by Lakuuu Team - 2 September 2021

instagram-reels
Beberapa waktu yang lalu, Instagram telah merilis fitur terbaru bernama Instagram Reels. Fitur yang satu ini merupakan fitur video pendek dengan durasi selama 30 detik yang dimana Sobat Lakuuu dapat mengedit video lalu bisa ditambahi dengan teks stiker, musik, serta efek lainnya. Cara memakai IG Reels boleh dibilang cukup mudah dilakukan.

Dan fitur inilah yang memiliki peluang besar untuk dijadikan wadah mengembangkan bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan, seperti jualan online, beternak, dan lain sebagainya. Selain itu juga, fitur IG Reels sudah hadir di sebanyak 80 negara. Oleh sebab itu, para pebisnis tak hanya dapat mempromosi usahanya di jangkauan lokal saja, namun juga go internasional.

Beberapa Fitur Instagram Reels

IG Reels memberikan sejumlah fitur yang bisa Sobat Lakuuu gunakan untuk membuat video pendek kreatif. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Voiceover

Fitur satu ini memungkinkan Sobat Lakuuu menambahkan suaramu sendiri ke dalam video. Selain itu juga, terdapat Mixer Audio yang bisa membuatmu menambahkan suara lalu ditambah lagi musik di latar belakang.

  • Remix

Remix yang dapat dimanfaatkan para pengguna agar bisa membuat video Reel kemudian digabungkan dengan video Reel yang sebelumnya sudah tersedia.

  • Efek AR

Ada juga efek yang sanggup membantu Sobat Lakuuu mempercantik sebuah konten. Sobat Lakuuu dapat memilih memakai filter ini lewat Instagram ataupun mencari filter kesukaanmu. Kemudian, pakai efek ini pada konten IG Reels supaya lebih menarik untuk penonton.

Selain ketiga hal tersebut, ada pula pengaturan waktu sampai 10 detik serta ada fitur untuk mengedit atau memotong klip video. Reels ini juga bisa memakai pengaturan akun private ataupun Close Friends, sehingga privasi dan keamanan selalu terjaga.

Sobat Lakuuu dapat membuat Reel lewat satu atau beberapa rekaman video atau yang sebelumnya Sobat Lakuuu upload. Berikut adalah spesifikasinya:

  1. Video Reels memiliki durasi sampai 30 detik.
  2. Video berbentuk portrait [dengan ukuran 9:16]
  3. Reels hanya di versi mobile, artinya bahwa Sobat Lakuuu hanya dapat mengunggah serta mempublish Reels ini lewat perangkat mobile saja atau lewat tool khusus yang memperbolehkan Sobat Lakuuu melakukannya.

Memanfaatkan IG Reels untuk Media Promosi

IG Reels mempunyai potensi besar supaya bisa dijadikan sebagai wadah promosi usaha, khususnya usaha online. Bahkan, untuk Sobat Lakuuu yang pemula pun bisa Sobat Lakuuu gunakan.

Berikut ini adalah manfaat IG Reels bagi bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan:

  • Boost Follower

Karena mendapat penempatan di dalam explorer, konten Sobat Lakuuu secara otomatis dapat dilihat banyak pengguna. Dan saat konten yang sudah Sobat Lakuuu buat itu dinilai bermanfaat ataupun menghibur, mereka tak akan ragu untuk memfollow akun Sobat Lakuuu.

Semakin banyak followers, berarti usaha Sobat Lakuuu akan lebih dikenal banyak pengguna. Kalau followers Sobat Lakuuu ialah target dari usahamu, maka kepercayaan akan langsung tumbuh seiring dengan kontenmu tersebut.

  • Boost Posting Instagram

Postingan di Instagram Reels akan masuk kedalam Explore Instagram dan halaman Feed. Pasalnya Fitur ini masih tergolong baru, memakai tagar yang relevan dapat membuat konten masuk pada konten yang ditonton paling banyak.

Konten yang keren akan membuat orang semakin suka lalu ingin tahu lebih rinci mengenai bisnis atau jualan online yang Sobat Lakuuu jalankan. Hasilnya adalah, pengguna Instagram bakal berkunjung ke profil Sobat Lakuuu agar bisa melihat konten Reels lainnya. Nah, darisini Sobat Lakuuu akan mendapat insight dari pihak Instagram.

  • Wadah Kolaborasi Usaha

Yang paling menarik ialah Sobat Lakuuu dapat berkolaborasi dengan konten kreator atau partner yang mempunyai target market yang cocok dengan bisnismu. Misalnya, kalau usaha Sobat Lakuuu sedang menjual makanan maka Sobat Lakuuu dapat berkolaborasi dengan Youtuber kenamaan seperti ‘Next Carlos’ yang dimana ia adalah konten kreator yang senang mereview makanan.

Atau bila Sobat Lakuuu pelukis, maka Sobat Lakuuu dapat melukis wajah artis kenamaan yang mempunyai banyak followers. Hal ini akan menguntungkan untuk usaha online yang Sobat Lakuuu jalankan. Biasanya, saat konten yang dibuat menghibur banyak orang, followersmu akan membagikan postingan tersebut ke beranda aku mereka atau biasa disebut repost.

Media sosial akan selalu berubah, namun satu yang konsisten, yakni medsos akan selalu populer. Tiap pengulangan Instagram dan media sosial lainnya adalah peluang baru untuk brand Sobat Lakuuu agar bisa memenangkan hati calon konsumen. Maka dari itu, coba untuk menggunakan Instagram Reels.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...