Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Beberapa Istilah Online yang Sering Muncul Dengan Bahasa Asing

by Lakuuu Team 22 August 2021

istilah-online-dengan-bahasa-asing
Beberapa tahun terakhir, manusia hidup dengan tidak bisa lepas dengan beberapa istilah online yang cukup asing. Namun ternyata seseorang lebih mudah dan cepat untuk memahami beberapa istilah asing tersebut.  Meskipun hal ini cukup rumit untuk dihafal karena terlalu banyak dan asing.

Kehadiran internet dan ponsel pintar beberapa tahun terakhir telah merubah banyak sisi kehidupan manusia. Dimulai dari sistem yang manual menjadi digital, dari yang  rumit menjadi yang lebih praktis. Dengan begitu, pengguna dipaksa memahami dan mengenal berbagai istilah online yang selalu berkaitan dengan kehadiran internet dan smartphone.

Inilah Beberapa Istilah Online yang Perlu Sobat Lakuuu Ketahui

Sejak pandemi melanda negeri ini, penggunaan ponsel dan teknologi semacamnya meningkat secara drastis. Mengingat hampir semua keperluan kehidupan saat ini harus menggunakan alat ini. Sebagai contoh adalah anak sekolah, sistem daring mengharuskan orang tua untuk memiliki sebuah smartphone.

Hal ini menjadikan seseorang banyak yang kaget karena masih belum terbiasa dengan teknologi. Baik itu dalam proses pengoperasian dan mengenali beberapa nama atau istilah yang terkandung dalam ponsel. Namun tidak sedikit pula yang bisa dengan cepat beradaptasi dan mahir mengoperasikan ponsel dalam waktu singkat.

Dalam menggunakan ponsel pintar, mau tidak mau Sobat Lakuuu akan menemukan berbagai istilah yang menunjang penggunaan ponsel. Hal ini mengingat sebagian besar sistem dan produk teknologi di Indonesia merupakan hasil dari kerja sama dengan pihak luar negeri.

Selain itu, ada beberapa sektor kehidupan yang mulai menggunakan sistem digital sehingga muncul pula istilah online, seperti contoh online shop. Olshop menyumbang banyak istilah baru yang mesti dipahami para pengusaha dan pedagang. Karena omset menggunakan sistem online terbukti lebih kuat dan cepat.

Beberapa istilah dalam dunia online rata-rata merupakan sebuah singkatan dari sebuah nama barang atau sebagainya. Istilah ini cukup penting untuk dipahami bagi pengguna sistem digital modern ini. Maka Sobat Lakuuu harus bisa memahami dengan beberapa maksud istilah yang ada di internet maupun lawan bicara Sobat Lakuuu. Sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman.

Beberapa Istilah Seputar Internet

Di dalam dunia internet secara umum, ada banyak istilah baru yang saat ini mungkin sudah familiar di telinga Sobat Lakuuu. Namun, sebagian besar mereka hanya memahami kecuali hanya sedikit saja, atau mengenal hanya dari nama dan fungsi sederhananya. Diantaranya adalah sebagai berikut

Android

Merupakan sebuah sistem yang mengoperasikan berbagai perangkat seperti ponsel pintar dan komputer. Sejenis dengan Android adalah iPhone

WiFi (Wireless Fidelity)

Sebuah media yang menjadi penyambung sebuah data komunikasi tanpa kabel dengan sangat cepat. Kemudian fungsi dari wifi adalah memberikan koneksi internet pada ponsel maupun komputer dalam satu wilayah tertentu.

USB (Universal Serial Bus)

Ini merupakan sebuah media perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan baik itu isi daya maupun transfer data perangkat ini memiliki beberapa jenis yang sesuai dengan fungsi dan kemampuannya

Provider

Provider adalah perusahaan penyedia jasa untuk tersambungnya sebuah internet seperti contoh adalah Telkomsel, XL, Axis, dan lain sebagainya

Download

Ini merupakan sebuah proses untuk mengunduh sesuatu dari umum kepada simpanan pribadi. Biasanya download selalu membutuhkan internet yang stabil

Bluetooth

Ini merupakan salah satu media untuk transfer data maupun file, baik itu untuk ponsel maupun PC.

Di atas merupakan beberapa istilah yang paling sering didengar dalam konteks online atau digital dewasa ini. Selain memiliki pengertian, semuanya membawa peran dan fungsi masing-masing. Hal ini dalam dalam rangka proses berjalannya sebuah internet, sehingga bisa diakses banyak orang.

Istilah Seputar Online Shop

Salah satu sektor kehidupan yang terdampak positif dari kehadiran internet adalah sektor ekonomi dan bisnis. Saat ini semua pelaku usaha, jualan, dari yang terkecil pun sudah menggunakan cara jualan online. Mulai dengan menawarkan melalui akun sosial media maupun melalui marketplace yang resmi. Berikut adalah beberapa istilah yang sering terdengar dari mereka para pelaku online shop

COD (Cash On Delivery)

Kegiatan jual beli dengan mengadakan kesepakatan di sebuah titik temu yang pembayaranya dilakukan di tempat.

Seller

Ini merupakan sebutan bagi penjual dalam sebuah pasar maupun transaksi online.

Reseller

Kata yang mungkin paling sering dijumpai adalah reseller. Karena saat ini banyak sekali orang bisnis dengan sistem ini. Melakukan penjualan, tanpa memproduksi sebuah barang, atau menjadi tangan panjang penjual dengan harga yang khusus.

TF/Transfer

Salah satu cara sistem pembayaran dalam sebuah jual beli. Saat ini setiap jual beli online pembayarannya dipermudah dengan sistem kirim antar bank hanya dengan mobile banking atau ATM saja.

Pre Order

Pre Order adalah hal yang biasa ditawarkan oleh penjual online. Hal ini karena barang baru akan dipesan setelah ada order yang masuk.

Ada beberapa istilah online yang paling sering ditemukan ketika menggunakan smartphone. Baik itu dalam internal HP maupun istilah yang sering digunakan dalam dunia online shop.