Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Istilah Istilah Online Shop

by Lakuuu Team 15 September 2021

istilah-online-shop
Jual beli online saat ini sudah sangat lumrah dilakukan di Indonesia. Metodenya juga beragam, ada yang melalui media sosial, forum jual beli, dan yang paling sering adalah melalui e-commerce. Hal ini banyak dipilih karena online shop dirasa lebih efektif dan harga produk bisa lebih murah dibandingkan dengan membelinya di toko fisik. 

Selain murah, jual beli online juga banyak dipilih lantaran kemudahan yang diberikan. Hanya dengan bermodalkan perangkat smartphone, memilih barang yang diinginkan, dan tinggal memilih metode pembayaran, tentu merupakan cara yang praktis dalam berbelanja. 

Bagi yang sudah sering melakukannya, mungkin sudah familiar dengan berbagai istilah yang ada dalam jual beli online. Akan tetapi, mungkin masih ada yang awam dengan berbagai istilahnya. 

Jika Sobat Lakuuu belum mengetahuinya, berikut ini ulasan lengkap mengenai istilah-istilah yang sering digunakan dalam online shop. 

Istilah-istilah Online Shop

Berikut ini adalah beberapa istilah-istilah yang seringkali digunakan dalam online shop.

1. COD

COD adalah kepanjangan dari cash on delivery. Di awal kemunculan istilah ini, COD merupakan transaksi dengan cara bertemu langsung antara penjual dan juga pembeli sesuai dengan waktu dan juga tempat yang disepakati. 

Akan tetapi, sekarang pengertian dari COD sudah berubah menjadi suatu metode pembayaran langsung di tempat penerima pesanan setelah kurir mengantarkannya. 

2. Pre Order (PO)

Istilah yang biasa digunakan dalam online shop lainnya adalah Pre Order atau PO. Sistem ini mengharuskan pembeli untuk membayar lebih dahulu sebelum barang bisa dikirim beberapa hari kemudian. 

3. Testi

Testi merupakan singkatan dari testimoni yang biasanya merujuk pada respon berupa review yang menjelaskan kepuasan pelanggan saat menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. 

Untuk reviewnya bisa berupa respon positif dan juga respon negatif. Jika pelanggan yang memberikan testimoni yang baik, maka produk Sobat Lakuuu akan lebih dipercaya oleh pelanggan lainnya. Jika yang banyak yang negatif, maka yang terjadi adalah sebaliknya. 

4. Ready Stock

Ready stock biasanya digunakan oleh penjual barang ataupun jasa yang menjelaskan atau menginformasikan bahwa barang yang ditawarkan masih tersedia atau kuantitas dari barang tersebut masih mencukupi. 

5. PM atau DM

PM merupakan singkatan dari Private Message atau pesan pribadi. Artinya, Sobat Lakuuu harus mengirimkan pesan secara personal kepada penjual barang atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan DM merupakan singkatan dari Direct Message yang memiliki arti sejenis dengan PM. 

Melalui PM atau DM, Sobat Lakuuu bisa bertanya perihal informasi produk secara lengkap dan rinci mulai dari kualitas, diskon, promo, testimoni, sampai pada metode pengiriman ataupun metode pembayarannya. 

6. Slow respon

Slow respon biasa digunakan oleh seller atau penjual produk atau jasa yang menginformasikan pada para pelanggan dan konsumen barunya bahwa belum bisa membalas DM maupun PM dengan respon yang cepat. Sederhananya, pesan yang Sobat Lakuuu kirimkan tidak bisa dibalas dalam waktu singkat. 

7. WTS dan WTB

Kedua istilah ini biasanya digunakan di forum jual beli online media sosial. WTS merupakan singkatan dari Want To Sell yang artinya ingin menjual barang maupun jasa. Sedangkankan WTB merupakan singkatan dari Want To Buy atau ia sedang membutuhkan dan mencari barang dan jasa. 

8. DP

Untuk istilah DP sepertinya sudah banyak yang tahu. DP merupakan singkatan dari Down  Payment atau yang biasa dikenal dengan uang muka yang tujuannya adalah untuk bukti komitmen antara penjual dan pembeli. 

9. Net

Net bisa juga diartikan sebagai harga pas suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan. Jika seller menggunakan Net di postingannya, artinya dia tidak akan menerima atau langsung menolak pembeli yang mencoba menawar barang dagangannya. 

Itulah beberapa istilah yang pada umumnya digunakan dalam online shop.