Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Jenis-Jenis Diskon Yang Bisa Anda Tawarkan Di Toko Online Anda

by Lakuuu Editorial Updated at 9 December 2022

jenis-jenis-diskon

Jenis diskon yang paling sering digunakan oleh penjual online, biasanya adalah diskon berdasarkan persentasi. Misalnya, diskon 30% atau 50%. 

 

Sebenarnya, ada banyak tipe diskon selain berdasarkan persentase yang bisa ditawarkan kepada calon pelanggan atau kepada pelanggan dari toko online Anda.

 

Dengan menawarkan jenis diskon yang bervariasi, ini akan membantu pemilik toko online untuk pada akhirnya mengetahui dengan pasti jenis diskon mana yang paling tokcer untuk ditawarkan. 

 

Selain itu, pemilik toko online juga akan mengetahui berdasarkan fakta bahwa pada momen-momen tertentu atau waktu tertentu, tipe diskon mana yang jika ditawarkan akan membawa hasil yang terbaik. 


Khususnya jika Anda baru saja mulai bisnis online, jangan pelit memberikan diskon karena orang-orang yang browsing barang, produk atau jasa biasanya sangat suka dengan diskon yang ditawarkan. Jadi sebenarnya memberi diskon adalah salah satu cara jualan online untuk pemula yang ingin mendapatkan pembeli namun belum punya banyak pengalaman.

 

Berikut ini beberapa jenis diskon yang ampuh untuk ditawarkan:

 

1. Beli Dua Gratis Satu

 

Diskon semacam ini akan mendorong orang untuk membeli lebih dari satu item di toko online Anda. Dengan iming-iming mendapatkan gratis satu item, orang akan merasa beruntung bisa mendapatkan penawaran semacam itu. 

 

Tentu saja, Anda harus meng-cover biaya untuk item ke-3 tersebut dengan 2 item yang dijual dengan harga penuh. Dengan perhitungan dan perencanaan yang tepat, diskon semacam ini akan memberi kesempatan pada Anda untuk mendapatkan profit yang lebih.

 

2. Diskon Sebelum Produk Diluncurkan

 

Istilah lain untuk jenis diskon ini adalah 'early bird price'. Dengan model diskon ini, pemilik toko yang sedang ingin meluncurkan produk terbaru mereka, dapat menawarkan harga khusus yang jauh lebih murah dibanding ketika produk tersebut sudah diluncurkan.

 

Jenis diskon seperti ini perlu di promosikan baik ke orang-orang yang sudah menjadi pelanggan maupun mereka yang belum pernah membeli produk Anda sama sekali. Tentu saja Anda perlu beriklan untuk melakukannya. Jika Anda menggunakan layanan digital marketing dari Lakuuu ID, Anda bisa melakukan hal ini tanpa sulit.

 

Diskon semacam ini sangat diminati karena bagaimanapun secara psikologis, orang selalu suka dengan harga yang miring, meskipun mereka punya uang sekalipun, terlebih lagi orang yang punya dana pas-pasan tapi sangat menginginkan produk Anda.


jenis-jenis diskon

 

3. Diskon Jika Ada Stok Berlebih

 

Diskon semacam ini akan ditempuh oleh pemilik toko online jika ternyata stok produk mereka tidak habis pada waktunya atau tidak sesuai dengan rencana.

 

Memberi diskon terhadap produk semacam itu sebenarnya adalah langkah yang efisien, meskipun pada hasil akhirnya bisa saja Anda akan break-even atau hanya mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu banyak.

 

Tapi lebih baik kembali modal daripada rugi sama sekali bukan? 

 

Jadi jika ini yang sedang Anda alami, segera pasang banner di toko online Anda untuk memberitahu semua pengunjung toko Anda bawah Anda sedang menyediakan diskon untuk produk-produk tertentu.

 

Pada penerapannya, Anda bisa memberi diskon untuk produk-produk ini baik dalam bentuk diskon persentase, beli satu gratis satu atau lainnya.

 

4. Diskon Gratis Ongkos Kirim

 

Dengan model seperti ini, sebenarnya biaya ongkos kirim harus ditanggung oleh pemilik toko online, atau paling tidak sudah termasuk dalam harga jual produk, sehingga selisihnya akan menjadi profit bagi Anda.

 

Meski diskon ongkos kirim ini sangat umum, namun jika Anda adalah pemilik toko online, memberi diskon ongkos kirim sering kali bisa menjadi dilema karena margin profit menjadi semakin kecil.

 

Jika Anda beriklan misalnya menggunakan Facebook Ads atau Google Ads, maka biaya iklan-iklan ini juga harus diperhitungkan.

 

Bisa saja pada akhirnya hasil penjualan tidak menutupi biaya-biaya operasional.

 

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal ini, hal yang terbaik adalah hanya menawarkan diskon ongkir ini kepada orang-orang yang sudah menjadi pelanggan Anda, misalnya dengan cara mengirimkan email atau WhatsApp kepada mereka.


 Biaya untuk mengirim pesan kepada pelanggan Anda ini boleh dibilang gratis atau malah sangat kecil, sehingga harga produk Anda sudah cukup untuk menutupi biaya ongkos kirimnya.

 

5. Diskon Harga Member

 

Anda bisa melakukan ini dengan cara menjaring sebanyak mungkin orang yang datang ke toko online Anda untuk menjadi member.

 

Menjadi member toko online bisa ditawarkan secara gratis karena ini akan mempermudah langkah Anda untuk mendapatkan data konsumen.

 

Kemudian, setelah banyak yang menjadi member, pemilik toko bisa mengirimkan pesan channel komunikasi mereka dengan pelanggan, dan menawarkan harga diskon khusus member.

 

Untuk memberi diskonnya, Anda bisa menyediakan kupon yang berlaku untuk beberapa waktu kedepan sebelum pada akhirnya expired.

 

Dengan cara ini, harga yang terpampang di toko online tetap sama, sehingga pengunjung yang datang, yang bukan member, mereka tahunya bahwa harga produk-nya memang sedang tidak diskon, sedangkan member bisa mendapatkan diskon dengan memasukkan kode diskon pada waktu mereka melakukan pembayaran.

 

Pembuatan kupon demikian agak rumit jika toko online Anda tidak punya fasilitasnya. Sebaliknya, jika toko online Anda dibuat di Lakuuu ID, maka Anda dengan sangat mudah bisa menyediakan kupon diskon bagi siapapun yang Anda mau, dalam hal ini member Anda.


 

Coba Layanan Toko Online Dari Lakuuu ID

 

Lakuuu ID adalah website yang membantu setiap orang untuk membuat toko online dengan cepat dan efektif. Toko online yang dibuat bersama Lakuuu ID bisa didapat mulai dengan biaya gratis sampai berbayar.

 

Harga berbayarnya pun sangat terjangkau. Setiap toko online yang dibuat di Lakuuu ID telah dilengkapi dengan berbagai fitur premium yang akan memudahkan Anda menawarkan aneka macam jenis diskon.

 

Jika Anda sedang ingin membuat toko online, silakan lihat layanan kami disini, atau silakan chat dengan tim marketing kami disini.