Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Kesalahan Sebelum Umur 50 yang Dapat Dihindari

by Lakuuu 5 March 2022

kesalahan-sebelum-umur-50-yang-dapat-dihindari

Karena masih berusia muda, kesalahan sebelum umur 50 tentu saja menjadi hal yang harus dihindari oleh Sobat Lakuuu. Ketika mendekati umur 50, Sobat Lakuuu akan semakin dekat dengan babak baru di dalam hidup.

Setelah usia ini, Sobat Lakuuu dituntut untuk sudah siap menyiapkan berbagai macam hal. Beruntung bagi Sobat Lakuuu yang masih muda dan bisa sesegera mungkin melakukan penyusunan strategi sehingga dapat mematangkan manajemen hidup.

Kesalahan Sebelum Umur 50 yang Berkaitan dengan Kesehatan


Sebelum umur 50, hal penting yang harus Sobat Lakuuu rubah adalah kebiasaan yang berkaitan dengan kesehatan, seperti:

1.      Tidak menggunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya dianggap tidak penting. Bahkan, kebanyakan orang hanya menggunakan tabir surya ketika cuaca sedang panas, padahal kulit bisa selalu terkena sinar ultraviolet dan menjadi penyebab kanker.

Penggunaan tabir surya menggunakan SPF 15 bisa menurunkan risiko kanker kulit, bahkan mencapai 50%. Sebelum umur 50 tahun, pastikan Sobat Lakuuu melakukannya dari sekarang

2.      Minum kopi sesudah bangun tidur

Kopi memang bisa membuat metabolisme pada tubuh berjalan dengan cepat serta mengurangi risiko diabetes, namun tidak disarankan mengkonsumsi kopi setelah bangun tidur karena efek negatif yang dimiliki jauh lebih banyak.

3.      Malas bergerak

Kesalahan sebelum umur 50 lainnya yang harus dihindari adalah malas bergerak. Terkadang karena berbagai kesibukan kantor, kita menjadi malas untuk sekedar bergerak. Padahal, efek dari malas bergerak bisa menyebabkan obesitas, bahkan penyakit jantung.

4.      Sering membuka ponsel

Kita mungkin bisa menghabiskan waktu hingga beberapa jam di depan layar ponsel, namun hal ini ternyata dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu bisa mulai menghindari kebiasaan ini.

Kesalahan Sebelum Umur 50 yang Berkaitan dengan Keuangan


Selain kesalahan di bidang kesehatan, berbagai kesalahan yang berkaitan dengan keuangan tidak kalah mengintai, berikut beberapa diantaranya:

1.      Tidak sempat menabung

Menabung merupakan sebuah kebutuhan dasar manusia. Pastikan Sobat Lakuuu menabung untuk hal-hal yang penting. Jangan sampai memaksakan diri untuk menabung dan akhirnya menjadi beban untuk kehidupan.

2.      Hanya fokus pada anak dan tidak memikirkan dana pension

Sebagai orangtua, anak memang menjadi hal yang paling utama. Kita akan menyiapkan berbagai kebutuhan finansial agar anak bisa tumbuh dengan baik.

Namun, salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak memikirkan dana pensiun. Sobat Lakuuu bisa fokus mendidik anak namun bukan memanjakannya sehingga Sobat Lakuuu dapat memaksimalkan keuangan untuk membiayai hal penting.

3.      Tidak membeli asuransi

Asuransi adalah sumber pertanggungan yang begiti penting di masa kini serta mudah untuk diperoleh. Asuransi menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Ketika menginjak usia 50 tahun, kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi.

Dengan memperhatikan kemungkinan tersebut, langkah paling tepat adalah membuat rencana dari sekarang. Sobat Lakuuu bisa memiliki asuransi baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan

4.      Tidak berdiskusi masalah keuangan keluarga

Mendiskusikan keuangan antara suami dan istri adalah langkah tepat untuk menyusun keuangan. Jangan sampai Sobat Lakuuu menyia-nyiakan momen pernikahan dengan tidak membicarakannya.

Sobat Lakuuu bisa menemukan resolusi baru sehingga bisa lebih meningkatkan keuangan dengan cara berdiskusi. Melakukan bersama dengan pasangan jauh lebih baik dibandingkan dengan sendirian.

Kesalahan Sebelum Umur 50 yang Berkaitan dengan Karir


Kesalahan lain yang tidak boleh dilakukan adalah masalah karir. Berikut berbagai kesalahan yang harus Sobat Lakuuu hindari, seperti:

1.      Hanya asal mencari pekerjaan

Tidak sedikit anak muda yang beranggapan jika bekerja sudah cukup agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nyatanya, Sobat Lakuuu harus memperhatikan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Jangan sampai Sobat Lakuuu salah pilih karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan ketika bekerja. Sobat Lakuuu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion serta background.

2.      Tidak memiliki tujuan yang jelas

Jangan salah, meskipun bekerja di sebuah perusahaan, Sobat Lakuuu harus memiliki tujuan yang jelas. Jangan hanya bekerja hanya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup namun harus memiliki impian yang lebih besar.

Contohnya saja dalam 4 tahun bekerja di perusahaan tersebut, Sobat Lakuuu bisa menjadi SPV di perusahaan tersebut.

3.      Tidak menyesuaikan dengan kualifikasi

Kesalahan lain yang harus Sobat Lakuuu hindari adalah tidak menyesuaikan pekerjaan dengan kualifikasi yang dimiliki. Contohnya, perusahaan meminta kandidat dengan latar belakang ekonomi, sedangkan Sobat Lakuuu memiliki latar belakang pendidikan sastra.

Meskipun akhirnya Sobat Lakuuu bisa bekerja di perusahaan tersebut, tentu saja Sobat Lakuuu harus mempelajarinya dari awal, dan bisa menjadi hambatan karir nantinya. 

4.      Minim pengalaman

Bukan hanya masalah gaji, namun juga pengalaman dan tambahan skill juga harus Sobat Lakuuu perhatikan. Jangan sampai setelah 20 tahun bekerja, Sobat Lakuuu tidak memiliki skill apapun.

Selagi masih muda, Sobat Lakuuu bukan hanya harus mengetahui kesalahan sebelum umur 50 di atas, namun juga harus menghindarinya sehingga bisa menata masa depan menjadi lebih baik lagi.