Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Ketahui Strategi Luxury Brand sehingga Banyak Diminati

by Lakuuu - 7 March 2022

ketahui-strategi-luxury-brand-sehingga-banyak-diminati

Strategi luxury brand menjadi salah satu cara untuk memasarkan produk tertentu. Mendirikan usaha menjadi sebuah ide yang dapat menggiurkan banyak orang sehingga banyak pengusaha yang bermunculan.

Dalam sebuah usaha, bagian marketing sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan. Strategi marketing yang digunakan akan mampu menghasilkan keuntungan jika berhasil dilakukan dalam sebuah usaha apapun.

Sobat Lakuuu juga perlu memperhatikan budget yang dimiliki untuk melakukan marketing. Memiliki modal kecil bukan berarti penjualan yang dilakukan juga terbatas karena banyak bisnis yang dijalankan dengan modal sedikit.

Bahkan, saat ini strategi pemasaran digital paling mudah untuk dilakukan melalui sosial media tanpa harus membuka toko. Cara ini bisa membuat Sobat Lakuuu mengurangi pengeluaran biaya untuk promosi.

Strategi luxury brand menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan, banyak perusahaan besar yang telah menerapkan strategi ini dalam memasarkan produknya secara lebih luas.

Mengenal Strategi dari Luxury Brand


Sebelum memahami cara membangun luxury brand, Sobat Lakuuu perlu mengenal tentang strategi ini. Luxury brand merupakan kondisi dimana barang yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Beberapa contohnya adalah barang dan pakaian mewah menjadi bagian dari luxury brand. Hal yang membuat produk seperti ini bisa bertahan adalah kebutuhan emosional terhadap penghargaan dan aktualisasi diri.

Kondisi pandemi akan membuat peminat luxury brand mengutamakan kebutuhan dasar mereka. Keberadaan luxury brand akan terlihat tidak relevan jika konsumen memesan dengan komunikasi aktualisasi diri.

Dalam kondisi seperti ini, para pemilik luxury brand mulai memprioritaskan pelanggan bernilai tinggi. Hal yang paling diperhatikan adalah target audience dan channel komunikasi yang prioritasnya sesuai.

Ketika ingin mempertahankan pelanggan, maka luxury brand sudah tidak ada tandingnya dengan strategi lainnya. Tantangan utamanya adalah untuk benar-benar memperhatikan konsumen yang bernilai tinggi di masa depan.

Memperhatikan brand purpose juga bagian dari luxury brand dibarengi dengan brand empathy. Setidaknya, adanya brand purpose dari luxury brand mampu menjadi sumber inspirasi yang relevan.

Keberadaan brand luxury memberikan kenyamanan bagi konsumennya yang sudah biasa menggunakan barang branded. Hal ini menjadi kesempatan bagi pengusaha bang mewah untuk memasarkannya secara lebih luas.


Strategi Harga Mahal Laku di Pasaran


Berbagai perusahan dengan produk besar telah menerapkan strategi luxury brand meskipun terlihat mahal tetapi tetap laku di pasaran. Berikut strategi agar barang mahal masih bisa laku di pasaran.

1.  Kualitas produk

Kualitas produk yang ditawarkan brand besar sudah tidak meragukan lagi. Mereka menawarkan produk dengan kualitas premium dan terlihat mewah sehingga kenyamanan bagi penggunanya diutamakan oleh pemiliknya.

2.  Pemasaran yang tidak biasa

Setiap perusahaan atau brand memiliki cara pemasaran berbeda-beda sesuai dengan nilai produknya. Mengutamakan kenyamanan pelanggan menjadi satu hal yang paling sering dilakukan oleh brand besar.

3.  Iklan yang luar biasa

Brand terkenal biasanya melakukan pemasaran secara konvensional dan mulai merambah ke dunia digital. Memanfaatkan berbagai sosial media menjadi cara paling mudah mereka lakukan untuk promosi.

4.  Gimmick yang positif

Gimmick tentunya tidak asing lagi jika di dunia pertelevisian. Hal ini juga dilakukan oleh brand mewah untuk mengenalkan produknya dengan secara lebih luas melalui gimmick yang mengarah ke hal positif.


5.  Iklan gratis

Beberapa brand bekerjasama dengan kemajuan teknologi seperti game online. Mereka dapat mengiklankan produknya secara gratis melalui game yang sedang bekerjasama dengan perusahaan brand mewah tertentu.


Membangun Luxury Brand dengan Mudah


Membangun luxury brand bisa Sobat Lakuuu lakukan dengan beberapa cara mudah. Berikut ini beberapa strategi luxury brand yang dapat diterapkan untuk membangun produk merek mewah yang digemari.

1.  Mengidentifikasi segmen niche

Prinsip dasar yang diterapkan branding efektif adalah memperhatikan dan memilih segmen yang tepat. Luxury brand dibangun berdasarkan nilai simbolis yang tinddi sehingga konsumen fokus pada harga yang tercantum.

2.  Positioning sesuai diferensiasi tingkat tinggi

Merek mewah dan terkenal biasanya melakukan strategi yang kompetitif. Luxury brand cenderung mengikuti strategi diferensiasi untuk membuat brand menjadi lebih agresif dan dikenal masyarakat luas.

3.  Menekankan nilai simbolis

Merek yang berhasil mengkomunikasikan nilai simbolis mereka akan mendapatkan tempat khusus bagi pengguna. Nilai simbolis akan memberikan gambaran barang mewah yang ditawarkan perusahaan tertentu kepada konsumen.

4.  Menciptakan persepsi eksklusivitas

Setiap brand luxury berusaha membuat rasa eksklusivitas yang berasal dari harga tidak terjangkau. Hal ini mampu memberikan kesan barang mewah terhadap produk yang Sobat Lakuuu jual.

5.  Penyampaian tanpa kompromi

Brand luxury juga perlu menyampaikan produknya melalui brand promise secara konsisten. Hal ini mampu menciptakan kesan baik bagi konsumen terhadap pandangan produk mewah yang ditawarkan.

Berbagai produk mewah pastinya membutuhkan strategi khusus dalam pemasaran agar ada yang membelinya. Banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya dengan menerapkan strategi luxury brand.


Bagikan artikel

Artikel Terkait

belajar-bisnis-dari-film-indonesia
Inspirasi
Belajar Bisnis dari 5 Film Garapan Indonesia
Menjalankan suatu bisnis bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang perlu diurus, mulai dari kerjasama dengan ...
rekomendasi-game-tentang-bisnis
Inspirasi
5 Rekomendasi Game Tentang Bisnis yang Mudah Dimainkan
5 rekomendasi game tentang bisnis yang bisa dimainkan hanya menggunakan smartphone android dan ios secara mudah untuk membuat ilmu bertambah.
bisnis-healthy-food
Inspirasi
Potensi Bisnis Healthy Food yang Akan Bersinar di Tahun 2022
Mengenal berbagai tren dan potensi bisnis healthy food di tahun 2022 yang paling diminati dan memberikan peluang besar bagi banyak pebisnis.
perbedaan-marketing-dengan-advertising-yang-lebih-efektif
Insight
Perbedaan Marketing dengan Advertising yang Lebih Efektif
mengenal beberapa perbedaan marketing dengan advertising serta beberapa jenis dari marketing dan advertising yang dapat dilakukan secara online.