Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Ini Dia Makna Sumpah pemuda yang Harus Diketahui Kaum Milenial!

by Lakuuu 28 October 2021

makna-sumpah-pemuda
Sumpah Pemuda merupakan sejarah pergerakan kemerdekaan yang berisi janji para pemuda Indonesia untuk membangkitkan semangat para rakyat Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan Indonesia. Janji para pemuda ini dicetuskan tanggal 28 Oktober 1928, sehingga tanggal tersebut menjadi tanggal peringatan sumpah pemuda untuk bangsa Indonesia. 

Isi perjanjian Sumpah Pemuda ini dirumuskan serta ditulis langsung oleh Mr. Prof. Mohammad Yamin, S.H yang kemudian dalam kongres pemuda II dihasilkan 3 keputusan penting, yang berisi: Ketiga keputusan tersebut diresmikan di Gedung yang terletak pada Jl. Kramat Raya 106 Jakarta Pusat, yang kemudian sampai saat ini dikenal dengan Museum Sumpah Pemuda. 

Selama kongres berlangsung juga dihadiri oleh Wage Rudolf Supratman, beliau memainkan lagu Indonesia Raya dengan alunan musik biolanya. Selain itu, kongres ini juga dihadiri oleh perwakilan pemuda kaum Tionghoa, namun belum diketahui asal organisasinya. 

Tujuan diadakannya kongres pemuda II ini antara lain:
  1. Membicarakan permasalahan mengenai gerakan pemuda Indonesia.
  2. Mengumpulkan para pemuda Indonesia.
  3. Memperkuat persatuan Indonesia. 

Namun, Sobat Lakuuu sudah memahami belum sih apa saja makna Sumpah Pemuda? Nah, supaya Sobat Lakuuu lebih memahami makna dan isi Sumpah Pemuda, yuk kita bahas dulu apa saja tujuan dicetuskannya sumpah pemuda!

Tujuan Sumpah Pemuda
  1. Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  2. Mewujudkan cita – cita dalam mengumpulkan pemuda – pemudi Indonesia.
  3. Membangun jiwa nasionalisme seluruh rakyat Indonesia, terutama para pemuda Indonesia untuk melawan para penjajah.
  4. Memperluas usaha supaya tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Bukan hanya sekedar diingat, makna sumpah pemuda ini juga dapat dijadikan implementasi para masyarakat Indonesia terutama generasi milenial untuk menumbuhkan semangat serta cinta terhadap tanah air. Berikut adalah makna sumpah pemuda yang harus dipahami!

1. Mendorong Semangat Pemuda untuk Berjuang

Makna sumpah pemuda yang pertama adalah mendorong para pemuda Indonesia untuk semangat berjuang. Dengan dicetuskannya sumpah pemuda oleh para pemuda Indonesia dapat mendorong para generasi muda selanjutnya untuk tetap semangat dalam meraih tujuan bangsa Indonesia meskipun banyak rintangan yang dilewati. Sumpah pemuda juga membuat para generasi milenial untuk melakukan sesuatu dan mengambil langkah demi bangsa Indonesia. 

2. Menumbuhkan Rasa Bangga terhadap Bahasa Indonesia

Arti makna sumpah pemuda yang kedua yaitu adanya rasa bangga terhadap bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Sebagaimana telah dicantumkan di UUD 1945 Pasal 36 bahwa bahasa resmi bangsa Indonesia yaitu bahasa Indonesia. Dengan adanya transformasi bahasa, membuat bangsa Indonesia perlu mempertahankan rasa bangga akan bahasa Indonesia. Karena, tanpa adanya pemahaman bahasa yang baik akan menyulitkan rakyat Indonesia dalam mengungkapkan pendapat atau ide. 

Ketika sumpah pemuda diikrarkan oleh para pemuda Indonesia, sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia terutama generasi muda memiliki kebanggaan telah menjadi warga negara Indonesia. Indonesia yang lebih dikenal kaya akan budaya dan sumber daya alam, membuat bangsa Indonesia harus melestarikan berbagai macam keberagaman tersebut. 

3. Mewujudkan Rasa Cinta terhadap Tanah Air

Sumpah pemuda merupakan salah satu bukti persatuan generasi muda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seluruh perjuangan yang telah melibatkan nyawa dan harta benda rakyat juga merupakan salah satu wujud rasa cinta bangsa Indonesia terhadap Republik Indonesia. Dengan adanya keragaman suku, budaya serta agama di Indonesia, membuat kita harus saling menghargai dan mencintai keberagaman satu sama lain. 

4. Seruan untuk Melindungi Keutuhan Bangsa Indonesia

Berkembangnya teknologi yang semakin canggih, seringkali mempengaruhi pola pikir pemuda – pemudi Indonesia. Dengan dicetuskannya sumpah pemuda, menjadi ajakan untuk para bangsa Indonesia agar tetap menjaga keutuhan satu sama lain. Teknologi harus digunakan dengan bijak, agar para generasi mudah lebih memahami kondisi negara Indonesia. 

5. Menyatukan Perjuangan para Bangsa Indonesia

Makna sumpah pemuda yang terakhir ialah menyatukan perjuangan para bangsa Indonesia. Sumpah pemuda merupakan titik awal para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tanpa adanya perjuangan para pemuda dan pemudi Indonesia, Indonesia tidak akan mampu melawan para penjajah. Namun kenyataannya, para anak muda Indonesia berhasil menyatukan bangsa Indonesia hingga saat ini. 

Arti sumpah pemuda tidak harus selalu turun ke jalan melakukan aksi demo, tetapi para generasi muda harus selalu mengimplementasikan sumpah pemuda di era yang tantangannya semakin besar ini. Jika para anak muda sudah mampu memahami arti cinta tanah air, maka seluruh bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan persatuan serta menjunjung demokrasi. 

Itulah pembahasan mengenai makna sumpah pemuda yang harus diketahui oleh Sobat Lakuuu. Kita sebagai generasi milenial, harus selalu menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan menjunjung tinggi nilai – nilai nasionalisme. Dengan dilahirkannya sumpah pemuda membawa harapan kepada bangsa Indonesia untuk tetap mencintai tanah air Indonesia.