Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Manfaat dan Cara Mengaktifkan Email Blast yang Tepat untuk Bisnismu

by Patricia 15 August 2021

manfaat-dan-cara-mengaktifkan-email-blast
Kalau Sobat Lakuuu rajin mengecek email, pasti Sobat Lakuuu sudah nggak asing lagi dengan email newsletter. Newsletter adalah email yang berisi pemberitahuan atau update terbaru dari perusahaan untuk para pelanggannya. Dari email flash sale, hingga email yang mengucapkan selamat ulang tahun, semuanya bisa disampaikan melalui email newsletter. Sebelum kita bahas mengenai cara mengaktifkan newsletter, simak beberapa manfaat dari newsletter bagi perusahaan atau pemilik bisnis berikut.
  • Membantu bisnis agar terhubung dengan lebih banyak pelanggan.
  • Meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis.
  • Meningkatkan strategi pemasaran konten.
  • Meningkatkan traffic website.
  • Mendorong penjualan.
  • Memperluas komunitas media sosial bisnis.
Nah, sebagai pemilik bisnis atau toko online, pasti Sobat Lakuuu ingin dong mendapatkan manfaat-manfaat di atas? Apalagi, fitur newsletter bisa dinikmati secara gratis menggunakan Mailchimp. Sobat Lakuuu juga bisa menarik pengunjung website atau calon pelanggan untuk subscribe ke newsletter melalui homepage website Sobat Lakuuu. Berikut langkah-langkah mengaktifkan newsletter menggunakan Mailchimp dan website Lakuuu Indonesia.

1. Daftar atau masuk ke akun Mailchimp
Untuk mengaktifkan newsletter pada website, Sobat Lakuuu perlu memiliki akun Mailchimp. Untuk membuat akun, Sobat Lakuuu bisa Sign Up/Login disini.

2. Buat API Keys Mailchimp
Untuk melakukan integrasi Mailchimp dengan website, Sobat Lakuuu memerlukan API Keys dan List ID Mailchimp. Dapatkan API Key Mailchimp melalui Dashboard Mailchimp, pada menu sebelah kiri pilih Integrations, lalu klik API Keys. Pada kolom API Keys, klik Create a Key. Setelah Sobat Lakuuu mendapatkan API Key, salin API Key tersebut.

3. Masukan API Keys Mailchimp ke Dashboard Admin Website
Di tab berbeda, buka Dashboard Admin Lakuuu, dengan menambahkan /admin pada URL website. Lalu pilih menu Settings>General Settings>Newsletter. Centang bagian Allow customers to subscribe to your newsletter, lalu paste API Key ke dalam kolom Mailchimp API Key.

4. Dapatkan List ID Mailchimp
Untuk mendapatkan List ID, buka Dashboard Mailchimp, pada menu sebelah kiri pilih Audience, lalu klik All contacts. Pilih menu dropdown Settings, lalu pilih Audience name and defaults. Salin Audience ID pada kolom sebelah kanan.

5. Masukan List ID Mailchimp ke Dashboard Admin Website
Paste Audience ID ke dalam kolom Mailchimp List ID, lalu klik Save. Newsletter telah aktif di website Sobat Lakuuu dan pengunjung akan mendapatkan pop-up untuk subscribe pada homepage!
Itu dia cara mengaktifkan newsletter pada website Sobat Lakuuu. Gimana, gampang kan? Sobat Lakuuu juga bisa mengatur tampilan atau wording pada pop-up melalui Mailchimp loh! Pengaturan bisa dilakukan melalui Dashboard Mailchimp, pilih Audience. Pada Audience Dashboard, klik Create Form pada kolom Create a signup form. Sobat Lakuuu bebas berkreasi sesuka hati, selamat mencoba!